Napis S

01 Juni 2024 12:08

Iklan

Iklan

Napis S

01 Juni 2024 12:08

Pertanyaan

Periode berburu dan meramu ,periode bercocok tanam ,dan periode perudagian merupakan pembabakan masa Praksara di Indonesia menurut pendapat.....

Periode berburu dan meramu ,periode bercocok tanam ,dan periode perudagian merupakan pembabakan masa Praksara di Indonesia menurut pendapat.....

alt

5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Lovin L

01 Juni 2024 16:01

Jawaban terverifikasi

Periode perundagian, juga dikenal sebagai zaman logam, adalah salah satu pembabakan kehidupan manusia praaksara berdasarkan teknologi yang digunakan. Periode ini ditandai dengan munculnya sekelompok orang yang memiliki keahlian tertentu dalam pembuatan gerabah, perhiasan, perahu, dan bahan-bahan dari logam. Kata "perundagian" berasal dari bahasa Bali, "undagi", yang artinya seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai keterampilan tertentu.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

20 Juni 2024 02:28

Jawaban terverifikasi

<p>Pembagian masa Prasejarah di Indonesia menurut pendapat banyak ahli sering dibagi menjadi tiga periode utama:</p><p><strong>Periode Berburu dan Meramu</strong>: Ini adalah periode awal di mana masyarakat hidup sebagai pemburu dan pengumpul (meramu). Mereka mengandalkan sumber daya alam yang ada di sekitar mereka untuk bertahan hidup. Periode ini biasanya ditandai dengan penggunaan alat batu sederhana untuk berburu dan alat dari bahan-bahan alam seperti kayu dan tulang untuk keperluan sehari-hari.</p><p><strong>Periode Berladang atau Berkebun</strong>: Periode ini mengacu pada masa di mana masyarakat mulai beralih dari gaya hidup berburu dan meramu menuju kegiatan bercocok tanam atau bertani. Mereka mempelajari cara mengelola tanah untuk menanam tanaman yang mereka butuhkan untuk konsumsi sehari-hari. Ini merupakan langkah awal menuju pertanian dan permukiman yang lebih tetap.</p><p><strong>Periode Perdagangan</strong>: Ini adalah periode di mana masyarakat mulai terlibat dalam perdagangan dengan masyarakat lain, baik di wilayah yang sama maupun dengan masyarakat dari luar wilayah mereka. Perdagangan ini membawa pengaruh budaya, teknologi, dan ide-ide baru ke masyarakat, memperkaya kehidupan mereka dan mempengaruhi perkembangan sosial dan ekonomi.</p>

Pembagian masa Prasejarah di Indonesia menurut pendapat banyak ahli sering dibagi menjadi tiga periode utama:

Periode Berburu dan Meramu: Ini adalah periode awal di mana masyarakat hidup sebagai pemburu dan pengumpul (meramu). Mereka mengandalkan sumber daya alam yang ada di sekitar mereka untuk bertahan hidup. Periode ini biasanya ditandai dengan penggunaan alat batu sederhana untuk berburu dan alat dari bahan-bahan alam seperti kayu dan tulang untuk keperluan sehari-hari.

Periode Berladang atau Berkebun: Periode ini mengacu pada masa di mana masyarakat mulai beralih dari gaya hidup berburu dan meramu menuju kegiatan bercocok tanam atau bertani. Mereka mempelajari cara mengelola tanah untuk menanam tanaman yang mereka butuhkan untuk konsumsi sehari-hari. Ini merupakan langkah awal menuju pertanian dan permukiman yang lebih tetap.

Periode Perdagangan: Ini adalah periode di mana masyarakat mulai terlibat dalam perdagangan dengan masyarakat lain, baik di wilayah yang sama maupun dengan masyarakat dari luar wilayah mereka. Perdagangan ini membawa pengaruh budaya, teknologi, dan ide-ide baru ke masyarakat, memperkaya kehidupan mereka dan mempengaruhi perkembangan sosial dan ekonomi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa kaitan konvensi Montevideo dengan kemerdekaan Indonesia ? apakah Indonesia sudah sesuai dengan syarat konvensi Montevideo dan mengapa Indonesia sudah merdeka tetapi Belanda masih ada di Indonesia?

14

5.0

Jawaban terverifikasi