Hilya H

31 Maret 2024 10:26

Iklan

Iklan

Hilya H

31 Maret 2024 10:26

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut! (1) Penimbunan sampah bisa dilakukan di tanah yang tidak terpakai, lubang bekas pertambangan, dan lubang-lubang dalam. (2) Jika tidak direncanakan dengan baik, penimbunan sampah akan menimbulkan pencemaran lingkungan, seperti angin berbau sampah, bertumbuhnya hama, serta genangan air sampah. (3) Selain itu, menjamurnya gas metana dan karbon dioksida juga akan terjadi (4) .... 3. Kalimat yang tepat untuk menjadikan teks di atas sebagai paragraf induktif adalah ... A. Dengan demikian, penimbunan sampah harus dilakukan di tempat yang tepat serta harus direncanakan dengan baik. B. Hal itu akan menyebabkan banyak efek yang tidak baik bagi kesehatan. C. Pencemaran lingkungan tersebut tentu akan merugikan masyarakat sekitar. D. Banyak solusi yang bisa digunakan, salah satunya adalah membuat bak penampungan sampah. E. Oleh karena itu, jangan membuang sampah sembarangan.


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

31 Maret 2024 10:27

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban : A. Dengan demikian, penimbunan sampah harus dilakukan di tempat yang tepat serta harus direncanakan dengan baik.</strong></p><p><br>Pembahasan :<br>Paragraf induktif adalah sebuah paragraf yang memiliki kalimat utama yang terletak di akhir paragraf dan ditandai adanya konjungsi simpulan seperti oleh karena itu, jadi, atau dengan demikian. Pada opsi E, meskipun terdapat penggunaan kata jadi untuk menyatakan sebuah simpulan, pilihan E tidak dapat diterima karena tidak mendukung pembicaraan dalam paragraf. Jawaban yang paling tepat adalah opsi A karena isinya sesuai dengan pembicaraan dalam paragraf dan dapat diletakkan di akhir paragraf sebagai penutup paragraf.</p>

Jawaban : A. Dengan demikian, penimbunan sampah harus dilakukan di tempat yang tepat serta harus direncanakan dengan baik.


Pembahasan :
Paragraf induktif adalah sebuah paragraf yang memiliki kalimat utama yang terletak di akhir paragraf dan ditandai adanya konjungsi simpulan seperti oleh karena itu, jadi, atau dengan demikian. Pada opsi E, meskipun terdapat penggunaan kata jadi untuk menyatakan sebuah simpulan, pilihan E tidak dapat diterima karena tidak mendukung pembicaraan dalam paragraf. Jawaban yang paling tepat adalah opsi A karena isinya sesuai dengan pembicaraan dalam paragraf dan dapat diletakkan di akhir paragraf sebagai penutup paragraf.


Iklan

Iklan

Elshanum E

31 Maret 2024 10:45

<p>A.&nbsp;</p>

A. 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dia yang Terpenjara Pikiran Pada suatu hari, ada seekor gajah yang terikat kakinya. Kendati gajah tersebut tampak sedang duduk menikmati suasana sore hari, ia tidak mendapatkan kebebasan layaknya hewan yang seharusnya ada di hutan. Peristiwa itu terjadi lantaran gajah tersebut sudah ditangkap sejak kecil oleh para pemburu. Kakinya diikat sehingga tak mampu melakukan perlawanan demi kebebasan. Bukan tidak mau bekerja keras untuk bebas, gajah tersebut sudah mendapatkan pemikiran tentang dirinya yang tidak bisa melarikan diri. Kondisi itu sudah dimulai ketika hewan itu bayi, terjerat dan tidak mampu melawan manusia. Kendati kini tubuhnya kian membesar, pemikiran bahwa ia tidak akan bisa keluar dari jeratan itu sudah tertanam di kepalanya. Pemikiran itu merupakan satu-satunya masalah mengapa gajah tak bisa melarikan diri. Jika ia tidak memikirkan hal tersebut, tentunya tali dapat dengan mudah diputuskan. Dari peristiwa ini dapat dilihat bagaimana pemikiran seseorang yang terbatas dapat membuat mereka berhenti melangkah. Oleh sebab itu, pergerakan harus disertai dengan pemikiran yang logis dan tidak buntu. Dengan begitu, gajah ataupun manusia dapat bergerak bebas menuju apa yang diinginkan Tentukan kaidah kebahasaan teks inspirasi diatas!

10

5.0

Jawaban terverifikasi