Dita D

11 Juni 2024 10:25

Iklan

Iklan

Dita D

11 Juni 2024 10:25

Pertanyaan

penyebab aksara suku-suku besar di Indonesia terlihat mirip satu sama lain?

penyebab aksara suku-suku besar di Indonesia terlihat mirip satu sama lain?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Faroh A

12 Juni 2024 03:33

Jawaban terverifikasi

Aksara Nusantara merupakan ragam aksara atau sistem tulisan tradisional yang digunakan di Kepulauan Nusantara. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada aksara-aksara abugida turunan Brahmi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia pra-kemerdekaan. Sebagian besar aksara Nusantara masih diajarkan sebagai bagian dari muatan lokal di daerah masing-masing, tetapi dengan penerapan yang terbatas dalam kehidupan sehari-hari.


Iklan

Iklan

Navniaaa N

11 Juni 2024 16:32

Jawaban terverifikasi

<p>jawaban 🌷</p><p>Karena akarnya sama, yaitu dari huruf Pallawa. contoh bali dn jawa-Karena hindu jawa dulu banyak lari ke bali jaman majapahit. Makanya doa2 hindu bali dam aksara pun masih mirip.</p><p>dan karena dulu ada pengaruh penjajahan di Inggris maka dari itu ejaan yang digunakan orang Indonesia hampir sama semua dan menyamakan ejaan orang Belanda,, sebelum akhirnya munculnya aksara Indonesia telah menggunakan bahasa latin.</p>

jawaban 🌷

Karena akarnya sama, yaitu dari huruf Pallawa. contoh bali dn jawa-Karena hindu jawa dulu banyak lari ke bali jaman majapahit. Makanya doa2 hindu bali dam aksara pun masih mirip.

dan karena dulu ada pengaruh penjajahan di Inggris maka dari itu ejaan yang digunakan orang Indonesia hampir sama semua dan menyamakan ejaan orang Belanda,, sebelum akhirnya munculnya aksara Indonesia telah menggunakan bahasa latin.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dio adalah siswa baru yang berasal dari Riau yang bersekolah di Bandung. Saat istirahat, Lala melihat Dio duduk sendiri di kelas tanpa ada yang menemani. Sikap yang sebaiknya dilakukan Lala adalah …. A. Membiarkan Dio istirahat sendiri di kelas B. Mengejek Dio yang sedang istirahat sendiri C. Mengajak Dio untuk istirahat bersama di luar kelas D. Menyuruh teman kelas lain untuk menemani Dio

10

0.0

Jawaban terverifikasi