Jesslyn A

27 Juni 2024 05:56

Iklan

Iklan

Jesslyn A

27 Juni 2024 05:56

Pertanyaan

Penyair dalam panggalan puisi di atas bermaksud mengungkapkan...?

Penyair dalam panggalan puisi di atas bermaksud mengungkapkan...?

alt

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

27 Juni 2024 12:12

Jawaban terverifikasi

<p>Penyair dalam penggalan puisi di atas bermaksud mengungkapkan rasa kekecewaan dan kritik terhadap kondisi kehidupan masyarakat yang masih mengalami kesengsaraan dan penderitaan meskipun negara telah merdeka. Melalui gambaran kehidupan sehari-hari yang sulit dan tantangan yang dihadapi oleh rakyat, penyair mempertanyakan makna sebenarnya dari kemerdekaan yang seharusnya membawa kesejahteraan dan keadilan bagi semua warga negara.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Penyair dalam penggalan puisi di atas bermaksud mengungkapkan rasa kekecewaan dan kritik terhadap kondisi kehidupan masyarakat yang masih mengalami kesengsaraan dan penderitaan meskipun negara telah merdeka. Melalui gambaran kehidupan sehari-hari yang sulit dan tantangan yang dihadapi oleh rakyat, penyair mempertanyakan makna sebenarnya dari kemerdekaan yang seharusnya membawa kesejahteraan dan keadilan bagi semua warga negara.

 

 


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

28 Juni 2024 05:17

Jawaban terverifikasi

Analisis Puisi "Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini" Maksud Penyair Berdasarkan penggalan puisi "Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini" karya Taufik Ismail, penyair bermaksud mengungkapkan rasa prihatin dan keprihatinan atas kondisi rakyat Indonesia yang masih hidup dalam kesengsaraan. Hal ini terlihat dari beberapa frasa dalam puisi tersebut, seperti: * "Kita adalah manusia bermata sayu, yang di tepi jalan mengacungkan tangan untuk oplet dan bus yang penuh" Frasa ini menggambarkan rakyat yang hidup miskin dan terpaksa harus menumpang kendaraan umum untuk mencari nafkah. * "Kita adalah berpuluh juta yang bertahan hidup sengsara" Frasa ini memperkuat gambaran tentang rakyat yang hidup dalam kesengsaraan. * "dipukul banjir, gunung api, kutu, dan hama" Frasa ini menggambarkan rakyat yang sering terkena bencana alam dan penyakit. * "dan bertanya-tanya diam, inikah yang namanya merdeka" Frasa ini menunjukkan keraguan rakyat terhadap kemerdekaan yang diraih dengan perjuangan. Makna Puisi Puisi "Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini" memiliki makna bahwa rakyat Indonesia adalah pemilik sah republik ini. Mereka berhak untuk hidup sejahtera dan bahagia. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa rakyat masih hidup dalam kesengsaraan. Puisi ini mengajak rakyat Indonesia untuk bersatu dan berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan yang seutuhnya. Nilai-Nilai dalam Puisi Puisi "Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini" mengandung beberapa nilai-nilai, antara lain: * Kemanusiaan Puisi ini menunjukkan kepedulian penyair terhadap nasib rakyat yang hidup dalam kesengsaraan. * Kebangsaan Puisi ini mengingatkan rakyat Indonesia tentang tanggung jawab mereka untuk menjaga dan membangun republik ini. * Keadilan sosial Puisi ini menyuarakan harapan rakyat Indonesia untuk hidup sejahtera dan adil. Kesimpulan Puisi "Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini" merupakan puisi yang kuat dan menyentuh hati. Puisi ini mengajak rakyat Indonesia untuk bersatu dan berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan yang seutuhnya. Semoga jawaban ini membantu!


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tolong jelaskan jawabannya

6

0.0

Jawaban terverifikasi