Annisa N

21 April 2024 13:11

Iklan

Iklan

Annisa N

21 April 2024 13:11

Pertanyaan

pendapat dan alasan mengenai redenominasi

pendapat dan alasan mengenai redenominasi


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dewa O

22 April 2024 12:43

Jawaban terverifikasi

<h2><strong>Pendapat dan Alasan Mengenai Redenominasi</strong></h2><p><strong>Pendapat:</strong></p><p>Redenominasi, atau penyederhanaan nilai mata uang, merupakan sebuah kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk mempermudah perhitungan nilai mata uang dan meningkatkan efisiensi sistem pembayaran. Kebijakan ini umumnya dilakukan dengan menghilangkan beberapa angka nol dari nilai mata uang.</p><p><strong>Alasan:</strong></p><p>Ada beberapa alasan mengapa redenominasi dilakukan:</p><ul><li><strong>Inflasi:</strong> Inflasi yang tinggi dapat menyebabkan nilai mata uang menjadi kecil dan sulit untuk dihitung. Redenominasi dapat membantu untuk mengatasi masalah ini dengan membuat nilai mata uang lebih besar dan mudah dihitung.</li><li><strong>Efisiensi sistem pembayaran:</strong> Nilai mata uang yang kecil dapat membuat sistem pembayaran menjadi tidak efisien. Redenominasi dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi sistem pembayaran dengan mengurangi jumlah koin dan uang kertas yang beredar.</li><li><strong>Persepsi publik:</strong> Nilai mata uang yang kecil dapat memberikan persepsi negatif terhadap ekonomi suatu negara. Redenominasi dapat membantu untuk meningkatkan persepsi publik terhadap ekonomi negara dengan membuat nilai mata uang terlihat lebih besar.</li></ul>

Pendapat dan Alasan Mengenai Redenominasi

Pendapat:

Redenominasi, atau penyederhanaan nilai mata uang, merupakan sebuah kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk mempermudah perhitungan nilai mata uang dan meningkatkan efisiensi sistem pembayaran. Kebijakan ini umumnya dilakukan dengan menghilangkan beberapa angka nol dari nilai mata uang.

Alasan:

Ada beberapa alasan mengapa redenominasi dilakukan:

  • Inflasi: Inflasi yang tinggi dapat menyebabkan nilai mata uang menjadi kecil dan sulit untuk dihitung. Redenominasi dapat membantu untuk mengatasi masalah ini dengan membuat nilai mata uang lebih besar dan mudah dihitung.
  • Efisiensi sistem pembayaran: Nilai mata uang yang kecil dapat membuat sistem pembayaran menjadi tidak efisien. Redenominasi dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi sistem pembayaran dengan mengurangi jumlah koin dan uang kertas yang beredar.
  • Persepsi publik: Nilai mata uang yang kecil dapat memberikan persepsi negatif terhadap ekonomi suatu negara. Redenominasi dapat membantu untuk meningkatkan persepsi publik terhadap ekonomi negara dengan membuat nilai mata uang terlihat lebih besar.

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 April 2024 12:52

Jawaban terverifikasi

<p>Redenominasi, atau penggantian mata uang dengan satuan nilai yang lebih rendah, merupakan tindakan yang dilakukan oleh suatu negara untuk menyederhanakan sistem mata uangnya atau mengurangi inflasi. Pendapat tentang redenominasi dapat bervariasi tergantung pada konteks ekonomi dan tujuan di negara yang bersangkutan. Berikut adalah beberapa pendapat dan alasan yang mungkin terkait dengan redenominasi:</p><p><strong>Pendapat Pro Redenominasi</strong>:</p><ul><li><strong>Mengurangi Ketidakpraktisan Mata Uang</strong>: Jika sistem mata uang memiliki terlalu banyak nol atau angka yang besar, dapat menyulitkan dalam transaksi sehari-hari dan membingungkan masyarakat. Redenominasi dapat membantu menyederhanakan sistem mata uang sehingga lebih mudah digunakan oleh masyarakat.</li><li><strong>Mendorong Kepatuhan Pajak</strong>: Redenominasi dapat digunakan sebagai langkah untuk melawan praktik penghindaran pajak dan mengurangi korupsi. Dengan mengurangi nilai nominal mata uang, pemerintah dapat memaksa orang-orang yang memiliki uang tunai besar untuk menukarkannya dengan jumlah uang yang lebih kecil, yang kemudian dapat dilacak oleh otoritas pajak.</li></ul><p><strong>Pendapat Kontra Redenominasi</strong>:</p><ul><li><strong>Biaya Implementasi</strong>: Redenominasi dapat menyebabkan biaya implementasi yang signifikan bagi pemerintah, bisnis, dan masyarakat. Proses penggantian semua uang fisik, perangkat lunak, dan dokumen keuangan dengan nilai yang baru dapat memakan waktu dan biaya yang besar.</li><li><strong>Tidak Mengatasi Akar Masalah</strong>: Redenominasi hanya mengubah nilai nominal mata uang dan tidak secara langsung mengatasi penyebab inflasi atau ketidakstabilan ekonomi yang mendasarinya. Tanpa reformasi ekonomi yang lebih luas, redenominasi mungkin hanya memberikan efek sementara dan tidak mengubah kondisi ekonomi secara fundamental.</li><li><strong>Ketidakpercayaan Publik</strong>: Redenominasi bisa menyebabkan ketidakpercayaan publik terhadap mata uang dan pemerintah, terutama jika langkah tersebut dipandang sebagai upaya untuk menyembunyikan masalah ekonomi yang lebih besar atau meningkatkan kontrol pemerintah terhadap keuangan individu.</li></ul>

Redenominasi, atau penggantian mata uang dengan satuan nilai yang lebih rendah, merupakan tindakan yang dilakukan oleh suatu negara untuk menyederhanakan sistem mata uangnya atau mengurangi inflasi. Pendapat tentang redenominasi dapat bervariasi tergantung pada konteks ekonomi dan tujuan di negara yang bersangkutan. Berikut adalah beberapa pendapat dan alasan yang mungkin terkait dengan redenominasi:

Pendapat Pro Redenominasi:

  • Mengurangi Ketidakpraktisan Mata Uang: Jika sistem mata uang memiliki terlalu banyak nol atau angka yang besar, dapat menyulitkan dalam transaksi sehari-hari dan membingungkan masyarakat. Redenominasi dapat membantu menyederhanakan sistem mata uang sehingga lebih mudah digunakan oleh masyarakat.
  • Mendorong Kepatuhan Pajak: Redenominasi dapat digunakan sebagai langkah untuk melawan praktik penghindaran pajak dan mengurangi korupsi. Dengan mengurangi nilai nominal mata uang, pemerintah dapat memaksa orang-orang yang memiliki uang tunai besar untuk menukarkannya dengan jumlah uang yang lebih kecil, yang kemudian dapat dilacak oleh otoritas pajak.

Pendapat Kontra Redenominasi:

  • Biaya Implementasi: Redenominasi dapat menyebabkan biaya implementasi yang signifikan bagi pemerintah, bisnis, dan masyarakat. Proses penggantian semua uang fisik, perangkat lunak, dan dokumen keuangan dengan nilai yang baru dapat memakan waktu dan biaya yang besar.
  • Tidak Mengatasi Akar Masalah: Redenominasi hanya mengubah nilai nominal mata uang dan tidak secara langsung mengatasi penyebab inflasi atau ketidakstabilan ekonomi yang mendasarinya. Tanpa reformasi ekonomi yang lebih luas, redenominasi mungkin hanya memberikan efek sementara dan tidak mengubah kondisi ekonomi secara fundamental.
  • Ketidakpercayaan Publik: Redenominasi bisa menyebabkan ketidakpercayaan publik terhadap mata uang dan pemerintah, terutama jika langkah tersebut dipandang sebagai upaya untuk menyembunyikan masalah ekonomi yang lebih besar atau meningkatkan kontrol pemerintah terhadap keuangan individu.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada reproduksi virus siklus lisogenik tahapan yang tidak ada seperti pada litik adalah a.Adsorbsi b.Penetrasi c.Lisis dan sintesis d.Penggabungan DNA virus dan DNA inang e.Penggandaan DNA

6

5.0

Jawaban terverifikasi