Stevani S

20 Mei 2024 14:21

Iklan

Iklan

Stevani S

20 Mei 2024 14:21

Pertanyaan

Pancasila tidak berbentuk secara tiba-tiba. Menurut Kaelan, secara kausalitas, asal mula Pancasila dapat dibedakan atas asal mula langsung dan asal mula tidak langsung. Asal mula langsung sendiri, menutut Notonagoro, terdiri atas kausa materialis, formalis, efisien, dan finalis.Kausa formalis Pancasila adalah …

Pancasila tidak berbentuk secara tiba-tiba. Menurut Kaelan, secara kausalitas, asal mula Pancasila dapat dibedakan atas asal mula langsung dan asal mula tidak langsung. Asal mula langsung sendiri, menutut Notonagoro, terdiri atas kausa materialis, formalis, efisien, dan finalis.Kausa formalis Pancasila adalah …
 


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

22 Mei 2024 10:04

Jawaban terverifikasi

<p>Pancasila adalah dasar filsafat dan ideologi Indonesia yang telah mengatur sistem pemerintahan dan hak serta kewajiban warga negara. Asal mula terbentuknya Pancasila dapat dipahami melalui empat teori, yaitu:</p><p><strong>Kausa Materialis (Asal Mula Bahan):</strong> Ini mengacu pada nilai-nilai adat, budaya, dan nilai religius yang ada dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Nilai-nilai ini menjadi sumber inspirasi untuk pembentukan Pancasila.</p><p><strong>Kausa Formalis (Asal Mula Bentuk):</strong> Berkaitan dengan rumusan dan nama Pancasila, yang diusulkan oleh Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan anggota BPUPKI. Rumusan ini tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.</p><p><strong>Kausa Efisien (Asal Mula Karya):</strong> Terkait dengan penetapan Pancasila sebagai calon dasar negara oleh PPKI. Inilah momen sejarah lahirnya Pancasila.</p><p><strong>Kausa Finalis (Asal Mula Tujuan):</strong> Selalu berhubungan dengan tujuan atau hasil perencanaan yang diinginkan oleh BPUPKI serta beragam rumusan Pancasila sebelum proses legalitas oleh PPKI yang menjadikannya dasar negara secara hukum dan ideologi.</p><p>Sementara itu, pembentukan Pancasila secara tidak langsung berasal dari nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan yang telah ada dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari.</p>

Pancasila adalah dasar filsafat dan ideologi Indonesia yang telah mengatur sistem pemerintahan dan hak serta kewajiban warga negara. Asal mula terbentuknya Pancasila dapat dipahami melalui empat teori, yaitu:

Kausa Materialis (Asal Mula Bahan): Ini mengacu pada nilai-nilai adat, budaya, dan nilai religius yang ada dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Nilai-nilai ini menjadi sumber inspirasi untuk pembentukan Pancasila.

Kausa Formalis (Asal Mula Bentuk): Berkaitan dengan rumusan dan nama Pancasila, yang diusulkan oleh Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan anggota BPUPKI. Rumusan ini tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

Kausa Efisien (Asal Mula Karya): Terkait dengan penetapan Pancasila sebagai calon dasar negara oleh PPKI. Inilah momen sejarah lahirnya Pancasila.

Kausa Finalis (Asal Mula Tujuan): Selalu berhubungan dengan tujuan atau hasil perencanaan yang diinginkan oleh BPUPKI serta beragam rumusan Pancasila sebelum proses legalitas oleh PPKI yang menjadikannya dasar negara secara hukum dan ideologi.

Sementara itu, pembentukan Pancasila secara tidak langsung berasal dari nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan yang telah ada dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Mei 2024 14:13

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】:Pancasila adalah dasar filsafat negara Indonesia. 【Penjelasan】:Pancasila adalah dasar filsafat negara Indonesia yang dirumuskan oleh pendiri negara, Soekarno, dan diputuskan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Dalam soal ini, dinyatakan bahwa Pancasila tidak terbentuk dengan tiba-tiba tapi melalui proses yang melibatkan asal mula langsung dan tidak langsung. Notonegoro, seorang ahli dalam kajian Pancasila juga memberikan pendapatnya dan memandang asal mula langsung Pancasila terdiri atas kausa materialis formalis, efisien dan finalis. Kausa materialis diartikan sebagai apa atau nilai-nilai dasar apa yang menjadi dasar Pancasila, kausa formalis dilihat sebagai bentuk formal Pancasila sebagai Dasar Negara, kausa efisien dilihat sebagai apa atau siapa pendorong hadirnya Pancasila, dan kausa finalis adalah ikin atau tujuan dari lahirnya Pancasila. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembentukan dan penentuan Pancasila sebagai dasar negara adalah hasil pemikiran yang panjang dan matang.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pilihlah satu jawaban yang paling tepat! hikmah yang dapat diambil dari proses lahirnya proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah A. pesatuan dan kesatuan haruslah dijunjung tinggi untuk memajukan kepentingan bersama. B. diperlukannya sikap rela berkorban ntuk melawan penjajah. C. kemerdekaan di perlukan untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera D. penjajahan akan menimbulkan penderitaan yang sangat besar. E. peperangan tidak akan menimbulkan penyelesaian yang baik.

9

0.0

Jawaban terverifikasi