Elshanum E

29 Januari 2024 20:05

Iklan

Iklan

Elshanum E

29 Januari 2024 20:05

Pertanyaan

objek sosiologi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu objek materiel dan objek formal. Analisislah yang dimaksud dengan objek materiel sosiologi!

objek sosiologi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu objek materiel dan objek formal. Analisislah yang dimaksud dengan objek materiel sosiologi!


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 20:10

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah <strong>objek materiel sosiologi meliputi kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang memengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.</strong></p><p><br>Penjelasan<br>Objek sosiologi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu objek materiel dan objek formal.<br>1. Objek materiel, meliputi kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang memengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.<br>2. Objek formal, lebih menekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat sehingga objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan antarmanusia di dalam masyarakat.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah objek materiel sosiologi meliputi kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang memengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.


Penjelasan
Objek sosiologi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu objek materiel dan objek formal.
1. Objek materiel, meliputi kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antarmanusia yang memengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.
2. Objek formal, lebih menekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat sehingga objek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan antarmanusia di dalam masyarakat.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

10 Februari 2024 01:27

Jawaban terverifikasi

Dalam sosiologi, objek studi dapat dibagi menjadi dua, yaitu objek materiel dan objek formal. Objek materiel dan objek formal ini merupakan dua aspek yang saling melengkapi dalam memahami fenomena sosial. Objek materiel dalam sosiologi merujuk pada kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri. Dengan kata lain, objek materiel adalah fenomena atau peristiwa sosial yang dapat diamati dan dipelajari secara langsung. Misalnya, perilaku manusia dalam berinteraksi, struktur masyarakat, dan sebagainya. Penjelasan: 1. Objek materiel adalah aspek konkret dalam studi sosiologi. Ini mencakup fenomena sosial yang dapat diamati dan dipelajari secara langsung. 2. Objek materiel mencakup berbagai aspek kehidupan sosial, seperti perilaku manusia dalam berinteraksi, struktur masyarakat, dan lainnya. 3. Objek materiel memfokuskan pada bagaimana manusia berinteraksi dan bagaimana interaksi tersebut mempengaruhi kesatuan manusia itu sendiri. Kesimpulan: Objek materiel sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri. Ini mencakup fenomena sosial yang dapat diamati dan dipelajari secara langsung, seperti perilaku manusia dalam berinteraksi dan struktur masyarakat. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami konsep objek materiel dalam sosiologi. πŸ™‚


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan kerajaan Kediri

7

0.0

Jawaban terverifikasi