Mufid A

24 Mei 2024 07:01

Iklan

Iklan

Mufid A

24 Mei 2024 07:01

Pertanyaan

menjaga perdamaian dan kerukunan antar sesama merupakan salah satu hikmah adanya

menjaga perdamaian dan kerukunan antar sesama merupakan salah satu hikmah adanya


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

24 Mei 2024 14:47

Jawaban terverifikasi

<p>sikap Toleransi dan Saling Menghargai&nbsp;</p><p>Apa hikmah menjaga kerukunan?</p><p>&nbsp;</p><p>1. <strong>Mengurangi Konflik</strong>. Manfaat pertama dari menjalani hidup yang rukun di masyarakat adalah dapat mengurangi konflik dan juga pertengkaran dengan orang lain. Sebab, hidup rukun melibatkan sikap, perilaku, dan nilai yang mendukung hubungan positif dengan sesama manusia dan lingkungan sekitar.</p><p>dan Hidup rukun di masyarakat bermanfaat untuk menumbuhkan kedamaian dan kebahagiaan bagi seluruh anggota masyarakat di dalamnya. Kerukunan mampu membuat kehidupan sesama menjadi lebih harmonis.</p><p>Dengan persatuan dan kesatuan, maka masyarakat di lingkungan sekitar tidak mudah terpecah belah. Keutuhan dan keamanan wilayah tetap tercapai karena masyarakat tetap solid, rukun, dan saling toleransi.</p><p>contohnya Menurut pendapat penulis, manfaat menjaga kerukunan umat beragama dapat <strong>mewujudkan dan menjaga gatra sosial dan budaya di Indonesia, serta asta gatra terkait hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa</strong>.</p>

sikap Toleransi dan Saling Menghargai 

Apa hikmah menjaga kerukunan?

 

1. Mengurangi Konflik. Manfaat pertama dari menjalani hidup yang rukun di masyarakat adalah dapat mengurangi konflik dan juga pertengkaran dengan orang lain. Sebab, hidup rukun melibatkan sikap, perilaku, dan nilai yang mendukung hubungan positif dengan sesama manusia dan lingkungan sekitar.

dan Hidup rukun di masyarakat bermanfaat untuk menumbuhkan kedamaian dan kebahagiaan bagi seluruh anggota masyarakat di dalamnya. Kerukunan mampu membuat kehidupan sesama menjadi lebih harmonis.

Dengan persatuan dan kesatuan, maka masyarakat di lingkungan sekitar tidak mudah terpecah belah. Keutuhan dan keamanan wilayah tetap tercapai karena masyarakat tetap solid, rukun, dan saling toleransi.

contohnya Menurut pendapat penulis, manfaat menjaga kerukunan umat beragama dapat mewujudkan dan menjaga gatra sosial dan budaya di Indonesia, serta asta gatra terkait hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 Mei 2024 05:53

Jawaban terverifikasi

<p>Menjaga perdamaian dan kerukunan antar sesama merupakan salah satu hikmah adanya <strong>persaudaraan</strong>. Persaudaraan, baik itu dalam lingkup keluarga, masyarakat, maupun antar umat beragama, membawa banyak manfaat positif bagi kehidupan bersama. Berikut adalah beberapa hikmah dari adanya persaudaraan:</p><p><strong>Menciptakan Kedamaian dan Kerukunan</strong>:</p><ul><li>Adanya persaudaraan mendorong individu untuk saling menghormati, memahami, dan hidup berdampingan dengan damai, menghindari konflik dan pertentangan.</li></ul><p><strong>Memperkuat Rasa Solidaritas</strong>:</p><ul><li>Persaudaraan membangun rasa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama. Dalam komunitas yang saling bersaudara, anggota akan saling mendukung dan membantu dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan.</li></ul><p><strong>Meningkatkan Kerjasama dan Gotong Royong</strong>:</p><ul><li>Persaudaraan mendorong kerjasama dan semangat gotong royong. Orang-orang yang merasa bersaudara lebih cenderung bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dan menyelesaikan masalah kolektif.</li></ul><p><strong>Mengurangi Permusuhan dan Kebencian</strong>:</p><ul><li>Dengan persaudaraan yang kuat, permusuhan dan kebencian dapat diminimalkan. Ini karena adanya rasa saling menghormati dan mengakui perbedaan sebagai bagian dari keberagaman yang harus dihargai.</li></ul><p><strong>Memperkuat Ikatan Sosial</strong>:</p><ul><li>Persaudaraan memperkuat ikatan sosial dan menciptakan jaringan hubungan yang lebih erat, yang penting untuk membangun komunitas yang harmonis dan kohesif.</li></ul><p><strong>Meningkatkan Kesejahteraan</strong>:</p><ul><li>Persaudaraan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi. Melalui dukungan dan kolaborasi dalam komunitas, anggota dapat saling berbagi sumber daya dan kesempatan, sehingga meningkatkan kualitas hidup bersama.</li></ul>

Menjaga perdamaian dan kerukunan antar sesama merupakan salah satu hikmah adanya persaudaraan. Persaudaraan, baik itu dalam lingkup keluarga, masyarakat, maupun antar umat beragama, membawa banyak manfaat positif bagi kehidupan bersama. Berikut adalah beberapa hikmah dari adanya persaudaraan:

Menciptakan Kedamaian dan Kerukunan:

  • Adanya persaudaraan mendorong individu untuk saling menghormati, memahami, dan hidup berdampingan dengan damai, menghindari konflik dan pertentangan.

Memperkuat Rasa Solidaritas:

  • Persaudaraan membangun rasa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama. Dalam komunitas yang saling bersaudara, anggota akan saling mendukung dan membantu dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan.

Meningkatkan Kerjasama dan Gotong Royong:

  • Persaudaraan mendorong kerjasama dan semangat gotong royong. Orang-orang yang merasa bersaudara lebih cenderung bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dan menyelesaikan masalah kolektif.

Mengurangi Permusuhan dan Kebencian:

  • Dengan persaudaraan yang kuat, permusuhan dan kebencian dapat diminimalkan. Ini karena adanya rasa saling menghormati dan mengakui perbedaan sebagai bagian dari keberagaman yang harus dihargai.

Memperkuat Ikatan Sosial:

  • Persaudaraan memperkuat ikatan sosial dan menciptakan jaringan hubungan yang lebih erat, yang penting untuk membangun komunitas yang harmonis dan kohesif.

Meningkatkan Kesejahteraan:

  • Persaudaraan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi. Melalui dukungan dan kolaborasi dalam komunitas, anggota dapat saling berbagi sumber daya dan kesempatan, sehingga meningkatkan kualitas hidup bersama.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Salah satu teman kelas Roni sakit dan dirawat di rumah sakit. Sikap yang sebaiknya dilakukan oleh Roni dan teman-teman yaitu …. A. Melapor kepada wali kelas bahwa ada teman yang sakit B. Menyuruh wali kelas untuk menjenguk temannya C. Membiarkan saja temannya dirawat di rumah sakit D. Mengajak teman-teman dan wali kelas untuk menjenguk ke rumah sakit

2

0.0

Jawaban terverifikasi