Jihan F

25 Mei 2024 11:19

Iklan

Iklan

Jihan F

25 Mei 2024 11:19

Pertanyaan

mengapa tiap warga Indonesia diharapkan memahami keberagaman bangsa Indonesia. jelaskan

mengapa tiap warga Indonesia diharapkan memahami keberagaman bangsa Indonesia. jelaskan

alt

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

25 Mei 2024 13:32

Jawaban terverifikasi

<p>Tujuan utama dari pelestarian dan penjunjungan tinggi perilaku toleransi adalah untuk mencegah adanya konflik dan perpecahan baik didalam maupun diluar anggota masyarakat yang diakibatkan oleh keberagaman ataupun perbedaan yang ada.</p><p>Saling menghargai, menghormati, dan memaafkan bukan hanya penting dalam kehidupan bermasyarakat, tetapi juga dalam kehidupan pribadi kita. Sikap ini bisa membantu kita menjadi manusia yang lebih baik dan lebih memahami sesama.</p><p>Jika setiap orang memiliki sikap toleransi yang tinggi, maka ini akan meminimalisir terjadinya konflik antar umat beragama, dan kehidupan antar umat beragama pun akan terjalin dengan tentram dan damai. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menerapkan sikap toleransi dengan umat beragama lainnya.</p><p>penyebab lain :&nbsp;</p><p>Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok suku dengan 1.340 suku bangsa. Hal ini adalah sebuah kekayaan budaya dari Indonesia, namun bisa juga menjadi ancaman persatuan jika tidak ada toleransi. Maka diperlukan sikap saling menghargai antarsuku dalam memandang suatu perbedaan.</p><p>Toleransi dan menghargai pendapat dapat membuat seseorang bisa menerima orang lain apa adanya. Tak hanya itu, sikap ini juga bisa mengajarkan seseorang untuk menerima keadaan dirinya sendiri dan tak perlu takut akan kekurangan atau perbedaan antara dirinya dan orang lain.</p><p>Kebiasaan selalu berperilaku dan bersikap toleransi akan sangat membantu mempererat, meningkatkan kenyamanan, ketentraman, kerukunan serta keharmonisan dalam hubungan bermasyarakat tanpa harus mengalami adanya perbedaaan yang bisa menjadi konflik dalam suatu kelompok.</p>

Tujuan utama dari pelestarian dan penjunjungan tinggi perilaku toleransi adalah untuk mencegah adanya konflik dan perpecahan baik didalam maupun diluar anggota masyarakat yang diakibatkan oleh keberagaman ataupun perbedaan yang ada.

Saling menghargai, menghormati, dan memaafkan bukan hanya penting dalam kehidupan bermasyarakat, tetapi juga dalam kehidupan pribadi kita. Sikap ini bisa membantu kita menjadi manusia yang lebih baik dan lebih memahami sesama.

Jika setiap orang memiliki sikap toleransi yang tinggi, maka ini akan meminimalisir terjadinya konflik antar umat beragama, dan kehidupan antar umat beragama pun akan terjalin dengan tentram dan damai. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menerapkan sikap toleransi dengan umat beragama lainnya.

penyebab lain : 

Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok suku dengan 1.340 suku bangsa. Hal ini adalah sebuah kekayaan budaya dari Indonesia, namun bisa juga menjadi ancaman persatuan jika tidak ada toleransi. Maka diperlukan sikap saling menghargai antarsuku dalam memandang suatu perbedaan.

Toleransi dan menghargai pendapat dapat membuat seseorang bisa menerima orang lain apa adanya. Tak hanya itu, sikap ini juga bisa mengajarkan seseorang untuk menerima keadaan dirinya sendiri dan tak perlu takut akan kekurangan atau perbedaan antara dirinya dan orang lain.

Kebiasaan selalu berperilaku dan bersikap toleransi akan sangat membantu mempererat, meningkatkan kenyamanan, ketentraman, kerukunan serta keharmonisan dalam hubungan bermasyarakat tanpa harus mengalami adanya perbedaaan yang bisa menjadi konflik dalam suatu kelompok.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Mei 2024 11:32

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: Tiap warga Indonesia diharapkan memahami keberagaman bangsa Indonesia karena keberagaman tersebut merupakan kekayaan dan kekuatan bangsa yang dapat memperkaya budaya dan tradisi, serta menciptakan toleransi dan kerukunan antar warga negara. 【Penjelasan】: Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman suku, bahasa, agama, dan budaya yang sangat tinggi. Keberagaman ini seharusnya menjadi kekayaan dan kekuatan bangsa, bukan menjadi sumber perpecahan. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap warga negara untuk memahami dan menghargai keberagaman tersebut. Dengan memahami keberagaman, warga negara dapat lebih menghargai perbedaan, menciptakan toleransi dan kerukunan, serta memperkaya budaya dan tradisi bangsa. Selain itu, pemahaman yang baik tentang keberagaman juga dapat mencegah konflik dan perpecahan yang mungkin timbul akibat perbedaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap warga negara untuk memahami keberagaman bangsa Indonesia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

20. Perhatikan program sedehanan dibawah ini, Apa output dari kode program berikut setelah di Run? #include &lt;iostream&gt; using namespace std; int main() { int x = 10; x += 5; x /= 2; x -= 3; cout &lt;&lt; x &lt;&lt; endl; return 0; }

10

0.0

Jawaban terverifikasi