Elvira S

19 Agustus 2024 15:37

Iklan

Elvira S

19 Agustus 2024 15:37

Pertanyaan

mengapa bisa terjadi bayi kembar?

mengapa bisa terjadi bayi kembar?

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

05

:

05

:

30

Klaim

22

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Grasela R

20 Agustus 2024 07:18

Jawaban terverifikasi

<p>ketika spermatozoid &nbsp;yang banyak bertemu dengan 2-3 ovum yang dikeluarkan oleh ovarium lalu terjadinya suatu pembuahan diwaktu yang bersamaan maka akan terjadinya suatu gen yang sama.</p>

ketika spermatozoid  yang banyak bertemu dengan 2-3 ovum yang dikeluarkan oleh ovarium lalu terjadinya suatu pembuahan diwaktu yang bersamaan maka akan terjadinya suatu gen yang sama.


Iklan

Rendi R

Community

20 Agustus 2024 15:28

Jawaban terverifikasi

<p>Bayi kembar terjadi karena beberapa alasan yang berkaitan dengan proses reproduksi:</p><p>&nbsp;</p><p>1. Kembar Identik (Monozygotic Twins) : &nbsp;Kembar identik terjadi ketika satu sel telur yang telah di buahi oleh satu sperm membelah menjadi dua embrio yang terpisah. Karena berasal dari satu sel telur dan satu sperm, kedua bayi ini memiliki materi genetik yang sama, sehingga mereka tampak identik.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Kembar Fraternal (Dizygotic Twins): Kembar fraternal terjadi ketika dua sel telur yang berbeda di buahi oleh dua sperm yang berbeda pada saat yang sama. Karena berasal dari dua sel telur dan dua sperm, bayi kembar ini tidak identik dan hanya memiliki kemiripan seperti saudara kandung biasa. Mereka bisa berbeda jenis kelamin dan memiliki perbedaan fisik yang jelas.</p><p>&nbsp;</p><p>Faktor lain yang dapat meningkatkan kemungkinan kelahiran kembar termasuk riwayat keluarga, usia ibu (wanita yang lebih tua lebih mungkin memiliki kembar fraternal), penggunaan teknologi reproduksi seperti fertilisasi in vitro (IVF), dan beberapa obat kesuburan.</p>

Bayi kembar terjadi karena beberapa alasan yang berkaitan dengan proses reproduksi:

 

1. Kembar Identik (Monozygotic Twins) :  Kembar identik terjadi ketika satu sel telur yang telah di buahi oleh satu sperm membelah menjadi dua embrio yang terpisah. Karena berasal dari satu sel telur dan satu sperm, kedua bayi ini memiliki materi genetik yang sama, sehingga mereka tampak identik.

 

2. Kembar Fraternal (Dizygotic Twins): Kembar fraternal terjadi ketika dua sel telur yang berbeda di buahi oleh dua sperm yang berbeda pada saat yang sama. Karena berasal dari dua sel telur dan dua sperm, bayi kembar ini tidak identik dan hanya memiliki kemiripan seperti saudara kandung biasa. Mereka bisa berbeda jenis kelamin dan memiliki perbedaan fisik yang jelas.

 

Faktor lain yang dapat meningkatkan kemungkinan kelahiran kembar termasuk riwayat keluarga, usia ibu (wanita yang lebih tua lebih mungkin memiliki kembar fraternal), penggunaan teknologi reproduksi seperti fertilisasi in vitro (IVF), dan beberapa obat kesuburan.


S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

26 Agustus 2024 16:59

Jawaban terverifikasi

Bayi kembar dapat terjadi karena dua penyebab utama, yaitu: 1. Kembar identik (monozygotic): Kembar identik terjadi ketika satu sel telur yang telah dibuahi oleh satu sel sperma membelah menjadi dua embrio terpisah. Kedua embrio ini memiliki materi genetik yang sama, sehingga bayi kembar identik biasanya memiliki jenis kelamin yang sama dan penampilan fisik yang sangat mirip. 2. Kembar tidak identik (dizygotic): Kembar tidak identik terjadi ketika dua sel telur yang berbeda dibuahi oleh dua sel sperma yang berbeda secara bersamaan. Karena berasal dari dua sel telur dan sperma yang berbeda, bayi kembar ini dapat memiliki perbedaan genetik, termasuk jenis kelamin yang berbeda dan penampilan fisik yang berbeda.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan