Syifaa S

14 Februari 2024 01:07

Iklan

Iklan

Syifaa S

14 Februari 2024 01:07

Pertanyaan

membiasakan sikap sikap yang mencerminkan sikap persatuan dalam keberagaman di berbagai lingkungan merupakan tanggung jawab setiap masyarakat Indonesia. apa yang kamu rasakan setelah membiasakan sikap sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman tersebut?

membiasakan sikap sikap yang mencerminkan sikap persatuan dalam keberagaman di berbagai lingkungan merupakan tanggung jawab setiap masyarakat Indonesia. 

apa yang kamu rasakan setelah membiasakan sikap sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman tersebut?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

17 Februari 2024 08:57

Jawaban terverifikasi

<p>membiasakan sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman dapat memberikan beberapa manfaat berikut:</p><p><strong>1. Rasa Aman dan Nyaman:</strong></p><ul><li>Ketika kita saling menghormati dan menghargai perbedaan, kita akan merasa lebih aman dan nyaman dalam hidup bermasyarakat.</li><li>Kita tidak perlu khawatir akan diskriminasi atau perundungan karena perbedaan yang kita miliki.</li></ul><p><strong>2. Rasa Saling Memiliki:</strong></p><ul><li>Ketika kita saling membantu dan bekerja sama, kita akan merasa memiliki satu sama lain dan memiliki tanggung jawab untuk menjaga keutuhan bangsa.</li><li>Kita akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah bersama-sama.</li></ul><p><strong>3. Rasa Bangga:</strong></p><ul><li>Ketika kita melihat bahwa bangsa kita mampu bersatu dalam keberagaman, kita akan merasa bangga menjadi bagian dari bangsa ini.</li><li>Kita akan lebih termotivasi untuk berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.</li></ul><p><strong>4. Rasa Toleransi:</strong></p><ul><li>Ketika kita terbiasa dengan perbedaan, kita akan lebih toleran terhadap orang lain yang berbeda dari kita.</li><li>Kita akan lebih mudah untuk menerima dan menghargai perbedaan pendapat, agama, budaya, dan suku bangsa.</li></ul><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Membiasakan sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman dapat memberikan banyak manfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga dan memperkuat nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.</p>

membiasakan sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman dapat memberikan beberapa manfaat berikut:

1. Rasa Aman dan Nyaman:

  • Ketika kita saling menghormati dan menghargai perbedaan, kita akan merasa lebih aman dan nyaman dalam hidup bermasyarakat.
  • Kita tidak perlu khawatir akan diskriminasi atau perundungan karena perbedaan yang kita miliki.

2. Rasa Saling Memiliki:

  • Ketika kita saling membantu dan bekerja sama, kita akan merasa memiliki satu sama lain dan memiliki tanggung jawab untuk menjaga keutuhan bangsa.
  • Kita akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah bersama-sama.

3. Rasa Bangga:

  • Ketika kita melihat bahwa bangsa kita mampu bersatu dalam keberagaman, kita akan merasa bangga menjadi bagian dari bangsa ini.
  • Kita akan lebih termotivasi untuk berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.

4. Rasa Toleransi:

  • Ketika kita terbiasa dengan perbedaan, kita akan lebih toleran terhadap orang lain yang berbeda dari kita.
  • Kita akan lebih mudah untuk menerima dan menghargai perbedaan pendapat, agama, budaya, dan suku bangsa.

Kesimpulan:

Membiasakan sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman dapat memberikan banyak manfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga dan memperkuat nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

16 Maret 2024 01:16

Jawaban terverifikasi

<p>Membiasakan sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman merupakan sebuah tindakan yang sangat positif dan penting bagi masyarakat Indonesia. Setelah membiasakan sikap-sikap tersebut, saya merasakan beberapa hal sebagai berikut:</p><p><strong>Rasa Kehangatan dan Kebersamaan</strong>: Membiasakan sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman membuat saya merasa lebih dekat dengan sesama, terlepas dari perbedaan latar belakang budaya, agama, atau suku. Ada rasa kehangatan dan kebersamaan yang tercipta saat kita mampu saling menghargai dan menerima keberagaman.</p><p><strong>Peningkatan Kesadaran akan Nilai-nilai Kemanusiaan</strong>: Sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman mengingatkan saya akan pentingnya nilai-nilai kemanusiaan, seperti menghormati hak-hak asasi manusia, keadilan, dan persamaan dalam perlakuan terhadap sesama.</p><p><strong>Perasaan Bangga akan Identitas Nasional</strong>: Dengan membiasakan sikap persatuan dalam keberagaman, saya merasa bangga akan identitas nasional Indonesia yang kaya akan keragaman budaya dan etnis. Ini membuat saya merasa lebih terhubung dengan warisan budaya Indonesia dan menjadi bagian dari sebuah bangsa yang beraneka ragam.</p><p><strong>Perasaan Hormat dan Toleransi</strong>: Membiasakan sikap persatuan dalam keberagaman juga membawa perasaan hormat dan toleransi terhadap perbedaan. Saya menjadi lebih terbuka terhadap pandangan dan kepercayaan orang lain, serta lebih mampu bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.</p><p><strong>Kontribusi Positif terhadap Masyarakat</strong>: Sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan. Dengan membawa sikap-sikap ini ke dalam lingkungan sekitar, kita dapat berperan aktif dalam membangun harmoni dan kerukunan di tengah masyarakat.</p>

Membiasakan sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman merupakan sebuah tindakan yang sangat positif dan penting bagi masyarakat Indonesia. Setelah membiasakan sikap-sikap tersebut, saya merasakan beberapa hal sebagai berikut:

Rasa Kehangatan dan Kebersamaan: Membiasakan sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman membuat saya merasa lebih dekat dengan sesama, terlepas dari perbedaan latar belakang budaya, agama, atau suku. Ada rasa kehangatan dan kebersamaan yang tercipta saat kita mampu saling menghargai dan menerima keberagaman.

Peningkatan Kesadaran akan Nilai-nilai Kemanusiaan: Sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman mengingatkan saya akan pentingnya nilai-nilai kemanusiaan, seperti menghormati hak-hak asasi manusia, keadilan, dan persamaan dalam perlakuan terhadap sesama.

Perasaan Bangga akan Identitas Nasional: Dengan membiasakan sikap persatuan dalam keberagaman, saya merasa bangga akan identitas nasional Indonesia yang kaya akan keragaman budaya dan etnis. Ini membuat saya merasa lebih terhubung dengan warisan budaya Indonesia dan menjadi bagian dari sebuah bangsa yang beraneka ragam.

Perasaan Hormat dan Toleransi: Membiasakan sikap persatuan dalam keberagaman juga membawa perasaan hormat dan toleransi terhadap perbedaan. Saya menjadi lebih terbuka terhadap pandangan dan kepercayaan orang lain, serta lebih mampu bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

Kontribusi Positif terhadap Masyarakat: Sikap-sikap yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan. Dengan membawa sikap-sikap ini ke dalam lingkungan sekitar, kita dapat berperan aktif dalam membangun harmoni dan kerukunan di tengah masyarakat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Dibawah ini yang tidak merupakan proses terbentuknya lembaga keluarga adalah... A. Adanya interaksi B. Adanya pernikahan C. Hubungan yang berulang D. Tertanamnya nilai dan norma E. Adanya hubungan sosial 2. Dani adalah seorang siswa yang pandai tetapi kurang mampu. la mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan sampai sarjana. Setelah lulus, ia diterima di perusahaan besar dengan posisi sebagai manager. Berdasarkan uraian tersebut, lembaga pendidikan berperan untuk A. Memberikan beasiswa B. Melakukan mobilitas vertikal C. Mewariskan budaya leluhur D. Membuka lapangan kerja baru E. Membentuk kepribadian ideal 3. Lembaga pendidikan berperan dalam mewujudkan integrasi sosial masyarakat Indonesia yang majemuk. Peran lembaga tersebut dilaksanakan dalam bentuk. A. Transmisi pengetahuan dan keterampilan B. Sosialisasi dan pendidikan multikultural C. Indoktrinasi ideologi pada peserta didik D. Pengajaran matematika dan bahasa daerah E. Pemberantasan buta aksara dan angka

19

0.0

Jawaban terverifikasi