Junna J

29 April 2024 11:01

Iklan

Iklan

Junna J

29 April 2024 11:01

Pertanyaan

listrik statis adalah....

listrik statis adalah....


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Lestari S

29 April 2024 12:02

Jawaban terverifikasi

<p>Listrik statis adalah fenomena muatan listrik yang tidak mengalir dan terakumulasi pada suatu benda. Hal ini terjadi karena perpindahan elektron antar benda, menghasilkan ketidakseimbangan muatan.</p><p>Penyebab utama:</p><ul><li>Gesekan: Menggosokkan dua benda yang berbeda dapat memindahkan elektron dari satu benda ke benda lain, menghasilkan muatan listrik statis.</li><li>Kontak: Kontak langsung antara dua benda bermuatan dapat mentransfer muatan listrik.</li><li>Lepasnya benda: Melepaskan benda yang bermuatan dari benda lain dapat menghasilkan listrik statis.</li></ul>

Listrik statis adalah fenomena muatan listrik yang tidak mengalir dan terakumulasi pada suatu benda. Hal ini terjadi karena perpindahan elektron antar benda, menghasilkan ketidakseimbangan muatan.

Penyebab utama:

  • Gesekan: Menggosokkan dua benda yang berbeda dapat memindahkan elektron dari satu benda ke benda lain, menghasilkan muatan listrik statis.
  • Kontak: Kontak langsung antara dua benda bermuatan dapat mentransfer muatan listrik.
  • Lepasnya benda: Melepaskan benda yang bermuatan dari benda lain dapat menghasilkan listrik statis.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

29 April 2024 13:33

Jawaban terverifikasi

<p><br>Listrik statis adalah suatu fenomena di mana muatan listrik (positif dan negatif) terakumulasi pada suatu objek atau permukaan, yang menyebabkan terjadinya gaya tarik-menarik antara benda-benda yang bermuatan listrik tersebut. Fenomena ini terjadi ketika muatan listrik tidak bisa mengalir bebas, seperti pada isolator atau benda-benda yang tidak bisa menghantarkan listrik dengan baik. Muatan listrik statis terakumulasi karena gesekan antara dua permukaan atau benda yang berbeda muatan listriknya, sehingga elektron dapat dipindahkan dari satu benda ke benda lainnya.</p><p>Contoh umum dari listrik statis adalah ketika seseorang meraba-raba atau menyentuh benda tertentu seperti bulu binatang, plastik, atau kain wol, dan merasakan sentuhan kejutan listrik. Ini disebabkan oleh perpindahan muatan listrik antara kulit dan benda tersebut akibat gesekan, yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan muatan listrik pada permukaan kulit atau benda tersebut.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Listrik statis adalah suatu fenomena di mana muatan listrik (positif dan negatif) terakumulasi pada suatu objek atau permukaan, yang menyebabkan terjadinya gaya tarik-menarik antara benda-benda yang bermuatan listrik tersebut. Fenomena ini terjadi ketika muatan listrik tidak bisa mengalir bebas, seperti pada isolator atau benda-benda yang tidak bisa menghantarkan listrik dengan baik. Muatan listrik statis terakumulasi karena gesekan antara dua permukaan atau benda yang berbeda muatan listriknya, sehingga elektron dapat dipindahkan dari satu benda ke benda lainnya.

Contoh umum dari listrik statis adalah ketika seseorang meraba-raba atau menyentuh benda tertentu seperti bulu binatang, plastik, atau kain wol, dan merasakan sentuhan kejutan listrik. Ini disebabkan oleh perpindahan muatan listrik antara kulit dan benda tersebut akibat gesekan, yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan muatan listrik pada permukaan kulit atau benda tersebut.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

diketahui sebuah persegi kelilingnya adalah 108cm. berapakah luas persegi tersebut?

5

5.0

Jawaban terverifikasi