Jerry Y

14 Maret 2023 07:20

Iklan

Iklan

Jerry Y

14 Maret 2023 07:20

Pertanyaan

Kutipan 2 Teks Kritik Novel “Hujan” Darwis atau yang lebih dikenal dengan nama pena Tere Liye, lahir di Lahat, Indonesia, 21 Mei 1979 adalah seorang penulis novel Indonesia. Beberapa karyanya yang pernah diadaptasi ke layar lebar yaitu Hafalan Shalat Delisa dan Bidadari- Bidadari Surga. Meskipun dia bisa meraih keberhasilan dalam dunia literasi Indonesia, kegiatan menulis cerita sekadar menjadi hobi karena sehari-hari ia masih bekerja kantoran sebagai akuntan. Salah satu karyanya yaitu Hujan yang terbit tahun 2016. Novel ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Lail. Seorang gadis kecil yang kehilangan kedua orang tuanya akibat bencana gunung meletus yang menyebabkan gempa yang luar biasa kuatnya. Lail dan ibunya sedang naik kereta bawah tanah dan saat gempa Lail sempat selamat karena dibantu seorang lelaki tetapi ibunya tidak dan akhirnya terjebak di lorong bawah tanah. Lelaki itu bernama Esok, la dan Esok masuk di pengungsian dan belajar di sana. Waktu demi waktu berlalu hingga mereka menemukan jati diri mereka masing-masing sampai tiba di mana waktunya hubungan mereka diuji dengan kepercayaan. Lail yang ingin melupakan Esok dan Esok yang meminta maaf karena selalu menutupi dirinya sendiri. Hingga mereka akhirnya bisa memiliki kehidupan yang indah. Novel ini memiliki alur campuran yang menggabungkan dua latar waktu. Hal itu membuat pembaca harus sedikit teliti dalam membacanya agar memahami isi dari novel ini. Setiap gambaran suasana dalam novel ini bisa membuat pembaca terbawa suasana yang dibuat dan bisa merasakan apa yang terjadi di dalam novel.Tere Liye menggambarkan tokoh Lail seperti beberapa orang di masyarakat. La menggambarkan Lail yang mengalami fase terberatnya bisa ia lewati dan hidupnya bisa bahagia. Novel ini menyisipkan banyak sekali quotes menarik yang bisa menjadi pesan moral untuk para pembaca. Apalagi banyaknya plot twist yang disisipkan di novel ini membuat kita tidak akan bosan dalam membacanya. Tere Liye menyisipkan banyak sekali pesan moral dalam novel ini. Salah satu pesan penting dari novel ini adalah “Cara terbaik menghadapi masa lalu adalah dengan berdamai dengan masa lalumu karena itu adalah hidupmu dan dari situlah dirimu berasal”. Sumber: www.kompasiana.com Tuliskan kalimat yang menggunakan kata kerja mental (minimal 3 kalimat)


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Anonim

14 Maret 2023 12:13

Jawaban terverifikasi

<ol><li>Saya selalu mencoba untuk menjaga kesehatan mental saya dengan olahraga dan meditasi.</li><li>Dia sedang mempertimbangkan tawaran pekerjaan baru dengan matang sebelum mengambil keputusan.</li><li>Ibunya selalu merasa khawatir dan cemas tentang keselamatan putranya yang sedang bersekolah di luar negeri.</li><li>Saya merasa lega setelah menyelesaikan tugas akhir yang sulit.</li><li>Setiap pagi, saya mencoba untuk memulai hari dengan berpikiran positif dan mengisi energi positif ke dalam pikiran saya.</li><li>Setelah berbicara dengan psikolog, ia mulai memahami lebih banyak tentang perasaannya sendiri.</li><li>Saat menghadapi masalah besar, ia membutuhkan waktu untuk merenung dan merenungkan pilihan terbaik yang tersedia.</li><li>Dia mempertahankan kestabilan emosionalnya dengan mengekspresikan perasaannya dalam jurnal pribadinya.</li><li>Saya perlu mengatasi rasa takut dan cemas saya terhadap ketinggian agar bisa naik ke atas menara pengamatan.</li><li>Ketika menghadapi tekanan dari pekerjaannya, ia mencari cara untuk mengurangi stres dengan bermain game atau berolahraga.</li></ol>

  1. Saya selalu mencoba untuk menjaga kesehatan mental saya dengan olahraga dan meditasi.
  2. Dia sedang mempertimbangkan tawaran pekerjaan baru dengan matang sebelum mengambil keputusan.
  3. Ibunya selalu merasa khawatir dan cemas tentang keselamatan putranya yang sedang bersekolah di luar negeri.
  4. Saya merasa lega setelah menyelesaikan tugas akhir yang sulit.
  5. Setiap pagi, saya mencoba untuk memulai hari dengan berpikiran positif dan mengisi energi positif ke dalam pikiran saya.
  6. Setelah berbicara dengan psikolog, ia mulai memahami lebih banyak tentang perasaannya sendiri.
  7. Saat menghadapi masalah besar, ia membutuhkan waktu untuk merenung dan merenungkan pilihan terbaik yang tersedia.
  8. Dia mempertahankan kestabilan emosionalnya dengan mengekspresikan perasaannya dalam jurnal pribadinya.
  9. Saya perlu mengatasi rasa takut dan cemas saya terhadap ketinggian agar bisa naik ke atas menara pengamatan.
  10. Ketika menghadapi tekanan dari pekerjaannya, ia mencari cara untuk mengurangi stres dengan bermain game atau berolahraga.

Iklan

Iklan

Mercon M

Community

28 April 2024 05:25

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban:</p><p>1. Lail berusaha melupakan Esok dan memahami bahwa kehidupan harus terus berjalan meskipun pahitnya kenangan masa lalu.<br>2. Esok merasa menyesal karena selalu menyembunyikan dirinya sendiri dari Lail, dan ia berjanji untuk lebih jujur ke depannya.<br>3. Pembaca dihadapkan pada situasi di mana mereka harus mencerna pesan moral yang disampaikan oleh novel ini, sehingga mereka bisa memetik hikmah dari kisah yang diuraikan.</p>

Jawaban:

1. Lail berusaha melupakan Esok dan memahami bahwa kehidupan harus terus berjalan meskipun pahitnya kenangan masa lalu.
2. Esok merasa menyesal karena selalu menyembunyikan dirinya sendiri dari Lail, dan ia berjanji untuk lebih jujur ke depannya.
3. Pembaca dihadapkan pada situasi di mana mereka harus mencerna pesan moral yang disampaikan oleh novel ini, sehingga mereka bisa memetik hikmah dari kisah yang diuraikan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

570

5.0

Jawaban terverifikasi