Silmi H

25 Agustus 2022 06:50

Iklan

Iklan

Silmi H

25 Agustus 2022 06:50

Pertanyaan

Cermati teks acak berikut. (1) Salah satu media penyedia iklan adalah YouTube. (2) Tidak sedikit perusahaan besar yang menggunakan fitur iklan pada YouTube untuk memasarkan produknya. (3) Promosi menjadi jalan masuk bagi pendapatan perusahaan. (4) Semakin dikenalnya suatu produk oleh konsumen, semakin besar pula peluang penjualan produk. (5) Hal ini disebabkan iklan atau promosi merupakan cara untuk mengenalkan produk perusahaan kepada konsumen. Urutan yang tepat agar menjadi teks eksposisi yang padu adalah .... A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5) B. (2)-(1)-(3)-(4)-(5) C. (3)-(1)-(2)-(5)-(4) D. (3)-(5)-(4)-(1)-(2) E. (5)-(1)-(3)-(4)-(2)


198

6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Mulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

02 Oktober 2022 00:35

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut ini penjelasannya.</p><p>&nbsp;</p><p>Kalimat acak adalah kalimat lepas yang dapat dijadikan paragraf yang padu dengan cara mendahulukan kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas yang diurutkan secara logis dan berhubungan satu dengan yang lain.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Langkah-langkah menyusun kalimat agar menjadi kesatuan yang padu, di antaranya:&nbsp;</p><p>(1) Membaca teks&nbsp;dengan cermat.&nbsp;</p><p>(2) Pilihlah data yang bersifat umum dan memuat gagasan utama, lalu gunakan data tersebut sebagai kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas.&nbsp;</p><p>(3) Perhatikan penanda wacana atau kata penghubung seperti pertama, lalu, setelah itu, kemudian, dan akhirnya. Kata pertama biasanya berada di awal teks, sedangkan kata akhirnya berada di akhir teks.</p><p>(4) Susun data atau kalimat yang disajikan menjadi paragraf padu.</p><p>&nbsp;</p><p>Kutipan di atas, jika disusun menjadi paragraf yang padu, maka susunannya adalah (1)-(2)-(3)-(4)-(5), sehingga paragraf tersebut sudah padu.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.</p>

Jawaban yang benar adalah A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)

 

Berikut ini penjelasannya.

 

Kalimat acak adalah kalimat lepas yang dapat dijadikan paragraf yang padu dengan cara mendahulukan kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas yang diurutkan secara logis dan berhubungan satu dengan yang lain. 

 

Langkah-langkah menyusun kalimat agar menjadi kesatuan yang padu, di antaranya: 

(1) Membaca teks dengan cermat. 

(2) Pilihlah data yang bersifat umum dan memuat gagasan utama, lalu gunakan data tersebut sebagai kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas. 

(3) Perhatikan penanda wacana atau kata penghubung seperti pertama, lalu, setelah itu, kemudian, dan akhirnya. Kata pertama biasanya berada di awal teks, sedangkan kata akhirnya berada di akhir teks.

(4) Susun data atau kalimat yang disajikan menjadi paragraf padu.

 

Kutipan di atas, jika disusun menjadi paragraf yang padu, maka susunannya adalah (1)-(2)-(3)-(4)-(5), sehingga paragraf tersebut sudah padu.

 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.


Iklan

Iklan

Cici C

05 Maret 2024 01:22

Cermati identitas buku berikut untuk menjawab soal nomor 20 dan 21. Judul buku : Mengamati dan Membangun Karekter Anak Berdasarkan Golongan Darahnya Pengarang : Dessie Wanda Penyunting : Maloedin Sitanggang Penerbit : Cerdas Sehat Tahun terbit : 2011 Cetakan : Pertama, Juni 2011 Tebal buku : vi+75 halaman ISBN : 978-602-98578-7-0 20. Identitas buku tersebut termasuk jenis buku.... * Fiksi Nonfiksi Autobiografi Biografi Biodata


Verdi V

07 Maret 2024 01:05

Cermati isi teks iklan berikut! Lembut dan Uniknya Rasa Sate Pak Mamet Sragen Inti teks iklan tersebut adalah .... (2.5 Poin) Rasa sate Pak Mamet lembut dan unik. Warung sate Pak Mamet ada di Sragen. Tiap sate terasa lembut, tapi yang unik Cuma sate pak Mamet. Rasa sate memang unik, tapi yang lembut Cuma sate Pak mamet. Anda mau menikmati rasa sate yang lembut dan unik, ya, Pak Mamet.


Verdi V

07 Maret 2024 01:07

Perhatikan kalimat iklan berikut ini! Sunlight pencuci piring, hilangkan lemak sekali usap. Kalimat di atas menggunakan majas … (2.5 Poin)


Soleh I

19 Maret 2024 01:13

Makna kata onderdil pada bacaan di atas adalah


Andi S

02 April 2024 01:06

Tiba-tiba ia tersentak karena seorang berpakaian rapi melompat ke sadonya sambil berseru, “Lekas berangkat!, nanti terlambat!” Segera kusir sado itu mencambuk kudanya dan meluncurlah sado tersebut. “Belum sampai juga, kusir?” “Sampai ke mana, Tuan?” Pesan tersirat yang terdapat dalam teks tersebut adalah...


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

535

5.0

Jawaban terverifikasi