Eloise B

04 Mei 2022 14:18

Iklan

Iklan

Eloise B

04 Mei 2022 14:18

Pertanyaan

Setelah diadakan survei ke pemukiman liar di sepanjang rel kereta api itu, penduduk menempati rumah-rumah terbuat dari bahan yang berupa seng, papan, dan kardus bekas. Rumah itu tidak memiliki mck, pendek, pengap, lantainya berupa tanah dan lembab. Jadi, dapat dikatakan bahwa tempat tinggal mereka tidak layak huni dan tidak sehat. Penalaran yang digunakan dalam paragraf tersebut adalah . . . .


186

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Siregar

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

06 September 2022 15:21

Jawaban terverifikasi

<p>Penalaran yang digunakan dalam paragraf tersebut adalah induktif.</p><p>&nbsp;</p><p>Perhatikan penjelasan berikut, ya.</p><p>&nbsp;</p><p>Penalaran paragraf adalah logika yang digunakan penulis untuk menyusun ide-ide paragraf yang hendak ditujukan pada pembaca.</p><p>&nbsp;</p><p>Macam-macam pola penalaran sebagai berikut.</p><p>1. Penalaran deduktif, yakni pola penalaran dari umum ke hal-hal khusus. Hubungan yang ditunjukkan adalah akibat-sebab-sebab (silogisme).</p><p>2. Penalaran induktif, yakni pola penalaran dari hal khusus ke umum. Hubungan yang ditunjukkan adalah akibat-akibat-sebab (generalisasi).</p><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan penjelasan di atas, penalaran yang digunakan dalam paragraf tersebut adalah induktif. Hal ini karena paragraf tersebut menunjukkan hubungan khusus ke umum, seperti dalam kalimat "Setelah diadakan survei ke pemukiman liar di sepanjang rel kereta api itu, penduduk menempati rumah-rumah terbuat dari bahan yang berupa seng, papan, dan kardus bekas. Rumah itu tidak memiliki mck, pendek, pengap, lantainya berupa tanah dan lembab." yang bersifat khusus. Sementara, kalimat "Jadi, dapat dikatakan bahwa tempat tinggal mereka tidak layak huni dan tidak sehat." bersifat umum.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, penalaran yang digunakan dalam paragraf tersebut adalah induktif.</p>

Penalaran yang digunakan dalam paragraf tersebut adalah induktif.

 

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

 

Penalaran paragraf adalah logika yang digunakan penulis untuk menyusun ide-ide paragraf yang hendak ditujukan pada pembaca.

 

Macam-macam pola penalaran sebagai berikut.

1. Penalaran deduktif, yakni pola penalaran dari umum ke hal-hal khusus. Hubungan yang ditunjukkan adalah akibat-sebab-sebab (silogisme).

2. Penalaran induktif, yakni pola penalaran dari hal khusus ke umum. Hubungan yang ditunjukkan adalah akibat-akibat-sebab (generalisasi).

 

Berdasarkan penjelasan di atas, penalaran yang digunakan dalam paragraf tersebut adalah induktif. Hal ini karena paragraf tersebut menunjukkan hubungan khusus ke umum, seperti dalam kalimat "Setelah diadakan survei ke pemukiman liar di sepanjang rel kereta api itu, penduduk menempati rumah-rumah terbuat dari bahan yang berupa seng, papan, dan kardus bekas. Rumah itu tidak memiliki mck, pendek, pengap, lantainya berupa tanah dan lembab." yang bersifat khusus. Sementara, kalimat "Jadi, dapat dikatakan bahwa tempat tinggal mereka tidak layak huni dan tidak sehat." bersifat umum.

 

Dengan demikian, penalaran yang digunakan dalam paragraf tersebut adalah induktif.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

942

5.0

Jawaban terverifikasi