Riva M

01 Agustus 2024 15:48

Riva M

01 Agustus 2024 15:48

Pertanyaan

kondisi masyarakat adat Besipae, NTT. mereka hidup dibawah pohon sebagai bentuk protes atau sikap pemerintah yang menggusur hutan adat pubabu. dimana dalam pengakuan mereka, hutan adat tersebut memiliki manfaat bukan hanya untuk berlangsung hidup, melainkan sebagai simbol akan keberadaan para leluhur dan nenek moyang mereka karena itu untuk alasan apapun, mereka menolak penggusuran hutan adat . pertanyaan: 1) menurut pendapat kalian, bagaimana sikap dan tindakan tepat yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam merespon atau menanggapi penolakan tersebut?

kondisi masyarakat adat Besipae, NTT. mereka hidup dibawah pohon sebagai bentuk protes atau sikap pemerintah yang menggusur hutan adat pubabu. dimana dalam pengakuan mereka, hutan adat tersebut memiliki manfaat bukan hanya untuk berlangsung hidup, melainkan sebagai simbol akan keberadaan para leluhur dan nenek moyang mereka karena itu untuk alasan apapun, mereka menolak penggusuran hutan adat . 

pertanyaan: 

1) menurut pendapat kalian, bagaimana sikap dan tindakan tepat yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam merespon atau menanggapi penolakan tersebut? 

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

19

:

51

:

53

Klaim

35

2

Jawaban terverifikasi

Nanda R

Community

02 Agustus 2024 00:56

Jawaban terverifikasi

<p>Menanggapi penolakan masyarakat adat Besipae terhadap penggusuran hutan adat Pubabu, pemerintah perlu mengambil sikap dan tindakan yang bijak serta menghargai hak-hak masyarakat adat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:</p><p>1. <strong>Dialog dan Konsultasi</strong></p><ul><li><strong>Pendekatan Kolaboratif:</strong> Pemerintah harus memulai dialog terbuka dan transparan dengan masyarakat adat Besipae. Melibatkan pemimpin adat dan tokoh masyarakat dalam pembicaraan untuk mendengar langsung kekhawatiran dan aspirasi mereka.</li><li><strong>Konsultasi Berkelanjutan:</strong> Konsultasi yang dilakukan harus berkelanjutan dan bukan hanya sekali. Ini untuk memastikan semua suara didengar dan dipertimbangkan secara menyeluruh.</li></ul><p>2. <strong>Pengakuan dan Penghormatan Hak-Hak Adat</strong></p><ul><li><strong>Pengakuan Hukum:</strong> Pemerintah harus mengakui dan menghormati hak-hak masyarakat adat atas tanah dan sumber daya alam mereka sesuai dengan peraturan nasional dan internasional, seperti Deklarasi PBB tentang Hak-Hak Masyarakat Adat.</li><li><strong>Pelestarian Budaya:</strong> Menghargai nilai-nilai budaya dan spiritual masyarakat adat terkait dengan hutan adat mereka.</li></ul><p>3. <strong>Penyelesaian Sengketa Tanah</strong></p><ul><li><strong>Mediasi Independen:</strong> Melibatkan pihak ketiga yang independen untuk memediasi sengketa tanah antara pemerintah dan masyarakat adat. Hal ini dapat membantu menemukan solusi yang adil bagi kedua belah pihak.</li><li><strong>Peninjauan Kembali Kebijakan:</strong> Meninjau kembali kebijakan penggusuran dan mempertimbangkan alternatif yang tidak merugikan masyarakat adat.</li></ul><p>4. <strong>Pemberdayaan dan Kompensasi</strong></p><ul><li><strong>Program Pemberdayaan:</strong> Mengembangkan program pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat adat yang sesuai dengan kearifan lokal dan potensi sumber daya alam mereka.</li><li><strong>Kompensasi Adil:</strong> Jika penggusuran tidak dapat dihindari, memberikan kompensasi yang adil dan layak, baik dalam bentuk uang, lahan pengganti, atau program kesejahteraan lainnya.</li></ul><p>5. <strong>Pelestarian Lingkungan</strong></p><ul><li><strong>Kebijakan Lingkungan Berkelanjutan:</strong> Mengembangkan kebijakan lingkungan yang berkelanjutan dan berwawasan adat yang mempertimbangkan kepentingan ekologi dan budaya masyarakat adat.</li><li><strong>Pengelolaan Bersama:</strong> Mempertimbangkan pengelolaan bersama hutan adat dengan masyarakat adat untuk memastikan konservasi dan pemanfaatan yang bijak.</li></ul><p>6. <strong>Edukasi dan Sosialisasi</strong></p><ul><li><strong>Edukasi Masyarakat:</strong> Memberikan edukasi kepada masyarakat adat tentang hak-hak mereka serta alternatif yang mungkin bisa diambil untuk menjaga kesejahteraan dan kelestarian lingkungan.</li><li><strong>Sosialisasi Kebijakan:</strong> Menyampaikan kebijakan pemerintah dengan cara yang mudah dipahami oleh masyarakat adat, termasuk menggunakan bahasa lokal jika diperlukan.</li></ul><p>7. <strong>Evaluasi dan Monitoring</strong></p><ul><li><strong>Evaluasi Kebijakan:</strong> Melakukan evaluasi berkala terhadap kebijakan yang telah diambil untuk memastikan bahwa hak-hak masyarakat adat tetap dihormati dan tidak ada pelanggaran yang terjadi.</li><li><strong>Monitoring Lapangan:</strong> Menerjunkan tim monitoring untuk memastikan bahwa implementasi kebijakan di lapangan sesuai dengan peraturan yang telah disepakati.</li></ul>

Menanggapi penolakan masyarakat adat Besipae terhadap penggusuran hutan adat Pubabu, pemerintah perlu mengambil sikap dan tindakan yang bijak serta menghargai hak-hak masyarakat adat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

1. Dialog dan Konsultasi

  • Pendekatan Kolaboratif: Pemerintah harus memulai dialog terbuka dan transparan dengan masyarakat adat Besipae. Melibatkan pemimpin adat dan tokoh masyarakat dalam pembicaraan untuk mendengar langsung kekhawatiran dan aspirasi mereka.
  • Konsultasi Berkelanjutan: Konsultasi yang dilakukan harus berkelanjutan dan bukan hanya sekali. Ini untuk memastikan semua suara didengar dan dipertimbangkan secara menyeluruh.

2. Pengakuan dan Penghormatan Hak-Hak Adat

  • Pengakuan Hukum: Pemerintah harus mengakui dan menghormati hak-hak masyarakat adat atas tanah dan sumber daya alam mereka sesuai dengan peraturan nasional dan internasional, seperti Deklarasi PBB tentang Hak-Hak Masyarakat Adat.
  • Pelestarian Budaya: Menghargai nilai-nilai budaya dan spiritual masyarakat adat terkait dengan hutan adat mereka.

3. Penyelesaian Sengketa Tanah

  • Mediasi Independen: Melibatkan pihak ketiga yang independen untuk memediasi sengketa tanah antara pemerintah dan masyarakat adat. Hal ini dapat membantu menemukan solusi yang adil bagi kedua belah pihak.
  • Peninjauan Kembali Kebijakan: Meninjau kembali kebijakan penggusuran dan mempertimbangkan alternatif yang tidak merugikan masyarakat adat.

4. Pemberdayaan dan Kompensasi

  • Program Pemberdayaan: Mengembangkan program pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat adat yang sesuai dengan kearifan lokal dan potensi sumber daya alam mereka.
  • Kompensasi Adil: Jika penggusuran tidak dapat dihindari, memberikan kompensasi yang adil dan layak, baik dalam bentuk uang, lahan pengganti, atau program kesejahteraan lainnya.

5. Pelestarian Lingkungan

  • Kebijakan Lingkungan Berkelanjutan: Mengembangkan kebijakan lingkungan yang berkelanjutan dan berwawasan adat yang mempertimbangkan kepentingan ekologi dan budaya masyarakat adat.
  • Pengelolaan Bersama: Mempertimbangkan pengelolaan bersama hutan adat dengan masyarakat adat untuk memastikan konservasi dan pemanfaatan yang bijak.

6. Edukasi dan Sosialisasi

  • Edukasi Masyarakat: Memberikan edukasi kepada masyarakat adat tentang hak-hak mereka serta alternatif yang mungkin bisa diambil untuk menjaga kesejahteraan dan kelestarian lingkungan.
  • Sosialisasi Kebijakan: Menyampaikan kebijakan pemerintah dengan cara yang mudah dipahami oleh masyarakat adat, termasuk menggunakan bahasa lokal jika diperlukan.

7. Evaluasi dan Monitoring

  • Evaluasi Kebijakan: Melakukan evaluasi berkala terhadap kebijakan yang telah diambil untuk memastikan bahwa hak-hak masyarakat adat tetap dihormati dan tidak ada pelanggaran yang terjadi.
  • Monitoring Lapangan: Menerjunkan tim monitoring untuk memastikan bahwa implementasi kebijakan di lapangan sesuai dengan peraturan yang telah disepakati.

Kevin L

Gold

02 Agustus 2024 02:03

Jawaban terverifikasi

Analisis Situasi dan Rekomendasi Tindakan Pemerintah Pemahaman Terhadap Situasi Berdasarkan informasi yang diberikan, masyarakat adat Besipae, NTT, sedang melakukan aksi protes dengan tinggal di bawah pohon sebagai bentuk penolakan terhadap penggusuran hutan adat Pubabu. Hutan adat ini tidak hanya memiliki nilai ekonomis untuk kelangsungan hidup, tetapi juga memiliki nilai spiritual yang sangat tinggi sebagai simbol keberadaan leluhur dan nenek moyang mereka. Sikap dan Tindakan Tepat Pemerintah Melihat kompleksitas masalah ini, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah yang komprehensif dan berpihak pada masyarakat adat. Berikut beberapa rekomendasi yang dapat dipertimbangkan: * Dialog dan Negosiasi Terbuka: * Membuka ruang dialog: Pemerintah perlu menunjukkan itikad baik dengan membuka ruang dialog yang setara dengan perwakilan masyarakat adat. * Mendengarkan aspirasi: Pemerintah harus benar-benar mendengarkan dan memahami alasan di balik penolakan masyarakat adat terhadap penggusuran. * Mencari solusi bersama: Bersama-sama mencari solusi yang dapat mengakomodasi kepentingan semua pihak, baik pemerintah, perusahaan, maupun masyarakat adat. * Penegakan Hukum dan Keadilan: * Meninjau kembali izin: Pemerintah perlu melakukan peninjauan kembali terhadap seluruh izin yang terkait dengan penggusuran hutan adat Pubabu. * Menegakkan hukum: Jika ditemukan adanya pelanggaran hukum, pemerintah harus tegas dalam menindak para pelakunya. * Memberikan perlindungan hukum: Pemerintah harus memberikan perlindungan hukum yang memadai kepada masyarakat adat agar mereka merasa aman dan terlindungi. * Penguatan Sistem Perlindungan Masyarakat Adat: * Menetapkan peraturan perundang-undangan: Pemerintah perlu menyusun atau merevisi peraturan perundang-undangan yang lebih kuat dalam melindungi hak-hak masyarakat adat, termasuk hak atas tanah dan sumber daya alam. * Membentuk lembaga perlindungan: Pemerintah perlu membentuk lembaga khusus yang bertugas melindungi hak-hak masyarakat adat. * Meningkatkan kapasitas masyarakat adat: Pemerintah perlu memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat adat agar mereka mampu memperjuangkan hak-hak mereka sendiri. * Pencarian Solusi Alternatif: * Mengembangkan program-program pemberdayaan: Pemerintah dapat mengembangkan program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat adat sebagai alternatif mata pencaharian. * Mencari sumber daya alam alternatif: Pemerintah dapat mencari sumber daya alam alternatif yang dapat dimanfaatkan tanpa merusak lingkungan dan merugikan masyarakat adat. Pentingnya Pendekatan Holistik Dalam menangani konflik ini, pemerintah perlu menerapkan pendekatan holistik yang mempertimbangkan aspek sosial, budaya, ekonomi, dan lingkungan. Selain itu, penting untuk melibatkan berbagai pihak terkait, seperti tokoh masyarakat, akademisi, dan LSM, dalam mencari solusi yang terbaik. Kesimpulan Konflik antara masyarakat adat dengan pemerintah terkait penggusuran hutan adat merupakan masalah yang kompleks dan membutuhkan penanganan yang cermat. Pemerintah harus menunjukkan komitmen yang kuat dalam melindungi hak-hak masyarakat adat dan mencari solusi yang berkelanjutan.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Soal Essay nomor 1-5! Hadiah : 5.000 poin 1) Apa perbedaan antara kejujuran dan kebohongan? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 2) Apa perbedaan antara sisi terangπŸ’‘dan sisi gelap? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 3) Negara kita menempatkan peringkat kedua, sebagai negara paling tidak jujur dalam akademik di dunia. Selama ketidakjujuran masih ada, kita tidak dapat memberi harapan untuk bisa jadi negara maju di tahun 2035-2045 mendatang. Padahal kita mempunyai sebuah aplikasi Ruangguru untuk membantu belajar dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Sayangnya jumlah unduhan siswa hanya sekitar 25 juta orang dari 278 juta orang di seluruh Indonesia. Alasan tidak semua orang download apk adalah sebagian besar orang sudah pada kerja, sebagian pada penganggur, dan sebagian kecil pelajar belum mencoba apk ini. Bahkan orang menengah kebawah tidak bisa main apk Ruangguru, kalau tidak punya HP. Akibatnya, negara bangsa kita jadi tercemar, gara-gara manusia tidak jujur dan lemah hukum dari pemerintah otonomi daerah. Berdasarkan keburukan diatas, mengapa apk ruangguru tidak seramai di FYP medosos dan apa saja pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari sisi gelap NKRI tersebut? Jelaskan harapan dan kesempatan! (Jika perlu) 4) Perhatikan Ilustrasi berikut! (berdasarkan nomor 2 atas) Sebagian orang yang melihat berita ini merasa, kalau negara kita sudah tidak ada harapan lagi untuk bisa memajukan negara. Karena negara kita semakin tertinggal dari negara lain. Tidak heran kalau suatu saat nanti ada negara menyerang NKRI, maka hancurlah semua harapan kehidupan dan mengambil ahli semua tanah kita dari negara asing. Akhirnya beberapa kelompok orang seluruh daerah menulis surat untuk mengakhiri hidupnya dengan cara b*n*h diri. Cara ini sebagai bentuk pasrah bagi sebagian rakyat negara, sampai dunia internasional jadi kaget. Berdasarkan ilustrasi tadi, mengapa rakyat begitu cemas sama situasi ketidakjujuran dan apa jadinya kalau 278 juta jiwa mengakhiri hidup barengan? Jelaskan dampaknya! 5) Setelah membaca nomor 3 dan 4, kita semakin paham betapa kejamnya manusia sebagai ketidakpedulian sesamanya. Walaupun begitu, bukan berarti kita langsung mengakhiri hidup. Perlu di ingat, bahwa tidak semua penduduk Indonesia antara penjabat atau rakyat itu jahat lho. Masih banyak orang yang peduli mengenai sosial postif dan kerjasama. Kalau sosial tidak ada, maka teknologi, makanan cepat saji, dan kendaraan gak bakalan ada sampai saat ini. Bandingkan sama negara lain, yang paling bahaya itu justru perang senjata yang bisa memakan banyak korban di timur tengah. Solusinya hanya satu, yaitu memperkuat hukum dalam UU tentang masalah kejujuran. Hukuman ini akan diberatkan, tergantung tingkat keparahan suatu negara. Berdasarkan diatas, bagaimana tanggapanmu?

46

5.0

Jawaban terverifikasi

Pilihlah Jawaban Yang Paling Benar 1. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang perjuangannya lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi organiasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1928 - 20 Mei 1908 - 2 Mei 1928 2. Budi Utomo mengadakan Kongres Pertama di Yogyakarta pada tanggal* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1908 - 5 Oktober 1908 - 28 Oktober 1908 3. Perjuangan melawan penjajah selalu mengalami kegagalan, penyebab kegagalan perjuangan melawan penjajah adalah* - bangsa Indonesia kekurangan pejuang - kuranganya persatuan dan kesatuan - penjajah terlalu banyak jumlahnya - banyak orang Indonesia yang ikut penjajah 4. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah* - W.R. Soepratman - C. Simanjuntak - Muhammad Tabrani - M.H. Thamrin 5. Salah satu pendiri Budi Utomo adalah* - Jokowi - Bung Karno - Dr. Sutomo - Soeharto 6. Sikap positif yang perlu diwujudkan dalam rangka mengisi dan mempertahkan proklamasi Kemerdekaan RI adalah* - Semangat menantang dominasi asing dalam segala bentuk - Semangat tahan derita dan tahan uji - Semangat persatuan dan kesatuan - Semangat opportunitasi yang selalu mementingkan diri sendiri. 7. Setiap tanggal 20 Mei bagi bangsa Indonesia diperingati sebagai hari* - Sumpah pemuda - Kebangkitan nasional - Kemerdekaan Indonesia - Pendidikan Nasional 8. Bentuk penghargaan terhadap para pahlawan bangsa diwujudkan dengan cara* - diteruskan cita-citanya untuk kepentingan bangsa dan Negara - dibuat monumen atau patung pahlawan yang megah - dijadikan nama tempat yang bersejarah - diperingati setiap tahun secara meriah. 9. Contoh sikap patriotisme berbangsa dan bernegara adalah* - bersedia bertugas di daerah terpencil dengan baik - selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa - menyumbangkan harta benda untuk pembangunan - membeli barang barang mewah 10. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena* - Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika - Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat 11. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk* - Menanamkan nasionalisme - Menanamkan kebiasaan baik - Mengenal penciptanya - Agar hafal syair lagunya 12. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu* - Bekerja keras - Bekerja cerdas - Menorehkan prestasi di berbagai bidang - Tiada mengenal putus asa 13. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta* - Dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain - Dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju - Dapat menjadi negara yang kompetitif - Dapat melawan ketidakadilan dunia 14. Rasa cinta terhadap tanah air disebut juga dengan* - Sukuisme - Nasionalisme - Imprealisme - Rasisme 15. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah* - Cinta bangsa dan tanah air - Sikap rela berkorban - Aktualisasi diri - Bangga dengan produk luar negeri 16. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak* - Lembaran Negara - Surat Kabar Sin Po - Berita Negara - Surat Kabar Kompas 17. Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama* - Moh. Hatta - Soeharto - Bung Tomo - Sutomo 18. Lahirnya organisasi kebangsaan di Indonesia mempunyai pengaruh terhadap perubahan bentuk perjuangan bangsa Indonesia yaitu* - Tidak tergantung pada satu pimpinan - Menggunakan persenjataan tradisional - Bersifat lokal kedaerahan - Kurang menggunakan siasat perjuangan diplomasi. 19. Semangat sumpah pemuda bukan hanya menggerakkan pada pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara yang mencapai puncaknya pada...* - 28 Oktober 1945 - 20 Mei 1908 - 17 Agustus 1945 - 18 Agustus 1945 20. Sumpah pemuda merupakan intisari putusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia yang dikenal dengan kongres pemuda I dan kongres pemuda II melalui kongres itulah kita bisa mengenal istilah ...* - Bhineka tunggal ika berbeda-beda tetap satu jua - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Satu tanah air, bangsa dan bahasa 21. Awal kebangkitan semangat persatuan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa Indonesia ditandai dengan* - Lahirnya Budi Utomo - Tumbangnya Rezim Orde Baru - Dicetuskannya Sumpah Pemuda - Proklamasi Kemerdekaan 22. Peristiwa nasional yang mampu menggerakkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga mewujudkan perasaan sebangsa, setanah air, dan berbahasa satu adalah* - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Pergerakan Nasional - Proklamasi Kemerdekaan 23. Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan RI demi terciptanya persatuan dan kesatuan, seluruh bangsa Indonesia hendaknya dapat menuunjung tinggi nilai-nilai persatuan. Nilai-nilai tersebut merupakan cerminan nilai Pancasila yang terdapat pada sila* - I - II - III - V 24. Sikap berani dan pantang menyerah seseorang yang ditunjukkan dengan rela berkorban untuk bangsa dan negara demi keutuhan negara disebut sebagai* - Patriotisme - Chauvenisme - Imprealisme - kolonialisme 25. Dari sekian banyak negara yang menjajah bangsa Indonesia, negara mana yang paling lama menjajah Indonesia* - Jepang - Belanda - Portugal - Inggris 26. Berdasarkan hasil Kongres Pemuda I semua organisasi kepemudaan dilebur dalam satu wadah organisasi dengan nama...* - PPM - PPI - PIR - PI 27. Sumpah Pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia karena hal-hal berikut ini, kecuali...* - Perjuangan menggunakan senjata meriam dan rudal - Para pemuda sadar bahwa perjuangan yang bersifat lokal adalah sia-sia - Mereka juga sadar bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan cita-cita kemerdekaan dapat diraih - Perjuangan yang bersifat lokal kedaerahan berubah menjadi perjuangan yang bersifat nasional 28. Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh para pemuda Indonesia memiliki tujuan utama...* - Membantu penduduk yang fakir dan miskin - Menjual hasil rempah rempah kepada belanda, dan keuntunganya untuk kesejahteraan penduduk - Pendidikan dan pengajaran - membantu pihak jepang untuk mengalahkan belanda 29. Hidup di jaman now yang sangat akrab dengan media sosial tentu kita sering membaca HOAX (berita palsu yang menyesatkan) bagaimana sikap anda, Sebagai pelajar yang memahami dan menerapkan nilai nilai Kebangkitan Nasional, harus bersikap* - Membiarkan saja dan ikut menyebarkan - berusaha mencari tahu kebenarannya dengan bertanya kepada guru atau orang tua - Membalas dengan membuat info lain yang menyesatkan - Berusaha menenangkan diri 30. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah* - Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu - Belanda bersikap lunak kepada pejuang indonesia - Mempercepat proses kemerdekaan indonesia - Para pemuda makin berani melawan penjajah 31.Berikut ini merupakan katakteristik yang dimiliki oleh budaya Indonesia, kecuali...* - hasil dari budidaya individu - merupakan kebanggan nasional - hasil dari budidaya masyarakat Indonesia yang sudah ada sebelum tahun 1945 - berasal dari budaya-budaya lokal daerah dan budaya nasional 32. Pembangunan nasional harus didasarkan pada pembangunan karakter dan semangat gotong royong. Hal tersebut merupakan contoh dari tujuan pemajuan budaya, yaitu...* - haluan pembangunan nasional - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - melestarikan warisan budaya Indonesia 33. Dalam pemajuan budaya, hendaknya kebudayaan dilaksanakan dengan semangat kerja sama yang tulus. Hal tersebut merupakan asas.... dalam pemajuan kebudayaan.* - keberlanjutan - kelokalan - keterpaduan - gotong royong 34. Investasi kebudayaan atau pencatatan kebudayaan merupakan salah satu upaya pemajuan kebudayaan. Hasil dari pencatatan ini umumnya akan mengalami peningkatan, misalnya pada tahun 2016 tercatat ada 50 warisan budaya tak benda berupa adat istiadat dan ritual di seluruh Indonesia. Ternyata pada tahun 2018 ditemukan lebih banyak lagi yang jumlahnya mencapai 72. Oleh karena itu, dapat disimpulkan kebudayaan Indonesia makin berkembang tiap tahunnya. Hal sesuai dengan salah satu tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - menciptakan masyrakat yang sejahtera - meningkatkan citra bangsa di mata dunia 35. Pengenalan kebudayaan tradisional Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar generasi muda tidak lupa dengan asalnya dan malah mengikuti kebudayaan asing dari negara lain. Uraian tersebut berkaitan erat dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperteguh jati diri bangsa - mewujudkan masyarakat madani - mencerdaskan kehidupan bangsa - memperkaya keberagaman budaya 36. Pemajuan kebudayaan Indonesia harus dilakukan dengan memperhatikan karakteristik daerahnya masing-masing. Hal ini merupakan penjabaran dari salah satu asas pemajuan kebudayaan, yaitu...* - keberagaman - kelokalan - kesederajatan - keselarasan 37. Berikut yang bukan merupakan tujuan pemajuan kebudayaan adalah...* - memperteguh jati diri bangsa - mengembangkan nilai luhur bangsa - mewujudkan masyarakat madani - menerima kebudayaan asing sebagai kebudayaan bangsa 38. Anak-anak dari SMP Ruan Raya memainkan permainan tradisional bakiak. Permainan ini melatih keseimbangan, konsentrasi serta kerja sama tim sehingga dapat memupuk karakter anak. Ilustrasi tersebut sesuai dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa 39. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Merawat alat musik tradisional (2) Menulis penelitian seputar batik dan memublikasikannya (3) Menggelar lomba robotik (4) Menggeluti hobi fotograi Dari pernyataan tersebut, yang merupakan upaya melestarikan budaya nasional ditunjukkan oleh nomor ….* - 1 dan 2 - 1 dan 3 - 2 dan 3 - 2 dan 4 40. Setiap bangsa memiliki karakteristik budaya masing-masing, termasuk bangsa Indonesia. Hal tersebut terjadi karena adanya nilai-nilai yang mendasari kebudayaan bangsa Indonesia yang membedakannya dari - kebudayaanbangsa-bangsalain. Pernyataanyangsesuaidenganparagraf tersebut yaitu...* - budaya nasional memiliki persamaan dan perbedaan dengan budaya bangsa lain - gaya berpakaian dan berbahasa bukan merupakan bagian dari suatu budaya - budaya nasional menjadi identitas dan jati diri yang terdapat pada suatu bangsa budaya nasional dapat tersisih oleh budaya yang terdapat pada bangsa-bangsa lain

53

0.0

Jawaban terverifikasi

Soal Pilihan Ganda tentang Ekonomi. Perhatikan kutipan korupsi berikut! Data Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan kerugian negara akibat kasus korupsi mencapai Rp238,14 triliun selama 10 tahun terakhir (2013-2022. ICW mencatat data ini berdasarkan putusan korupsi yang dikeluarkan oleh pengadilan tingkat pertama hingga kasasi. Data detailnya seperti berikut ini : Tahun 2013 : Rp3,46 triliun Tahun 2014 : Rp10,69 triliun Tahun 2015 : Rp1,74 triliun Tahun 2016 : Rp3,08 triliun Tahun 2017 : Rp29,42 triliun Tahun 2018 : Rp9,29 triliun Tahun 2019 : Rp12 triliun Tahun 2020 : Rp56,74 triliun Tahun 2021 : Rp62,93 triliun Tahun 2022 : Rp48,79 triliun Dalam buku edukasi antikorupsi Pantang Korupsi Sampai Mati (KPK: 2015) dijelaskan tentang konsep kerugian keuangan negara yang berkaitan dengan korupsi. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, konsep kerugian keuangan negara mengandung delik formil. Unsur β€œdapat merugikan keuangan negara” artinya tindakan akan dianggap merugikan keuangan negara ketika suatu tindakan tersebut berpotensi menyebabkan kerugian negara secara langsung maupun tidak langsung. Jadi, apakah secara nyata kerugian negara memang terjadi atau tidak, bukanlah hal yang penting. ↓ Bayangkan saja betapa mirisnya negara Indonesia jika korupsi ini diteruskan. Maka Korupsi mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi negara, menurunnya investasi, meningkatnya kemiskinan serta meningkatnya ketimpangan pendapatan. Korupsi juga dapat menurunkan tingkat kebahagiaan masyarakat di suatu negara. Alhasil skor anti korupsi jadi menurun, dari 40 poin menjadi 34 poin. Berdasarkan kutipan diatas, yang dirasakan oleh penduduk dan cara mengatasi situasi tersebut adalah .... A. Pata penduduk merasa sedih dan pasrah terhadap situasi negara Indonesia. Solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan kebijakan peraturan tentang anti korupsi, bahwa siapapun yang melakukan korupsi akan dihukum sesuai UUD. B. Penduduk merasa kecewa, marah, dan kehilangan kepercayaan terhadap pemerintah. Solusi yang bisa dilakukan adalah penguatan sistem pengawasan, penegakan hukum yang tegas, transparansi dalam pengelolaan keuangan negara, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penting menolak dan melaporkan tindakan korupsi. C. Prihatin dengan KPK yang justru diramaikan dengan kasus dugaan pelanggaran etik. Padahal kondisi lembaga sedang terpuruk setelah Ketua KPK sebelumnya, Firli Bahuri menjadi tersangka korupsi. Akibatnya para rakyatnya jadi tidak percaya lagi sama KPK. Solusinya ada menegakkan keadilan negeri. D. Korupsi berdampak begitu besar bagi negara &amp; masyarakat. Salah satunya, kerugian finansial dan ekonomi. Dengan kerugian seperti itu sangat mempengaruhi kualitas pelayanan publik. Cara mengatasinya adalah membuat sebuah peraturan UUD tentang korupsi, dimana pemeriksaan penjabat dilakukan secara menyeluruh bagi seluruh penjabat negeri. E. Para warga merasa kecewa &amp; marah terhadap pemerintah negara. Karena semua pajak yang mereka bayar jadi sia-sia. Jadi, dia mengatakan celah tersebut akan hilang jika wajib pajak taat aturan dan tak berupaya mengurangi pajak yang harusnya dibayarkan. Dia berharap celah tersebut bisa ditutup untuk mencegah korupsi. Tingkat kesulitan : Nearly impossible (HOTS/Menciptakan) : 🀯 Jawab dengam benar. Jika jawaban salah, maka bintang tidak akan dinilai.

52

5.0

Jawaban terverifikasi

Sekarang kita telah memasuki tahun 1446 H tepatnya di bulan Muharram, bulan pertama yang mengawali penanganan Hijriyah. Ada yang wajib kita sadari bahwa penetapan tahun Hijriyah bukan sekedar memberikan kesan, perubahan dan tanggal. lebih daripada itu, penetapan komentum hijriyah nabi S.A.W dari Mekkah ke yatsrib yang kelak telah menjadi Madinah suatu kota yang menginspirasi, mencerahkan dan berkemajuan seakan memberikan kesan pada kita setiap. Kita melangkah kapanpun itu dan dimanapun itu umat Islam dalam petunjuk yang Allah berikan pada mereka. Kurikulum kehidupan yang dibentuk oleh Allah sempurna pasti memberikan warna-warna yang mencerahkan sehingga dapat merubah suatu yang tertinggal menjadi berkemajuan, merubah suatu yang cenderung jenuh, menjadi sesuatu yang terang dan mencerahkan, merubah suasana yang sulit menjadi lapang inilah ciri khas muslim dengan membawa tuntunan Islam. Hijriyah juga dipahami di hadis nabi S.A.W dalam meninggalkan sesuatu yang kurang baik menuju kepada setiap yang mulia, meninggalkan yang salah dan menuju yang sholeh maka segala yang dilakukan itu dinamakan Muharram, segala sikap negatif disebut Muharram hukumnya haram. Jika kita ingin menjadikan semua itu sebagai landasan dan waktu serta momentum untuk memulai meninggalkan segala yang dilarang maka, secepatnya tambah alif lam di depan Muharram yang jadinya Al Muharram (bulan pertama di tahun Hijriyah) kata Muharram yang bukan sekedar menunjukkan waktu berubah, mengganti bulan, mengganti waktunya tapi esensinya ini memberikan pelajaran yang dalam kepada kita semua. Jika kita ingin berhijrah maka mulailah meninggalkan segala sesuatu yang Allah dan rasulnya larang maka dengan itu akan terbuka peluang-peluang kebaikan yang mampu dilakukan oleh seluruh tubuh kita. tolong text tersebut dirangkum intinya

21

5.0

Jawaban terverifikasi