Josephine A

12 Juli 2024 08:03

Josephine A

12 Juli 2024 08:03

Pertanyaan

Kenapa bumi putar 23,5° di revolasi bumi?

Kenapa bumi putar 23,5° di revolasi bumi?

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

21

:

24

:

12

Klaim

5

2

Jawaban terverifikasi

Kevin L

Gold

12 Juli 2024 09:02

Jawaban terverifikasi

Kenapa Bumi Miring 23,5° Saat Revolusinya? Kemiringan Bumi sebesar 23,5° merupakan hasil dari tabrakan dahsyat yang terjadi sekitar 4,5 miliar tahun lalu antara Bumi muda dengan sebuah planetesimal raksasa. Tabrakan ini menyebabkan Bumi terdorong keluar dari orbitnya dan memperoleh kemiringan yang signifikan. Efek dari kemiringan ini adalah: * Musim: Bagian Bumi yang menghadap Matahari akan mengalami musim panas, sedangkan bagian yang menjauh dari Matahari akan mengalami musim dingin. Kemiringan ini menyebabkan belahan Bumi Utara dan Selatan mengalami musim yang berlawanan. * Siang dan Malam: Durasi siang dan malam di berbagai tempat di Bumi bervariasi sepanjang tahun karena kemiringan ini. Pada saat solstis, salah satu kutub Bumi akan mengalami siang 24 jam, sedangkan kutub lainnya akan mengalami malam 24 jam. Kemiringan Bumi merupakan faktor penting bagi kehidupan di Bumi. Tanpa kemiringan ini, Bumi akan mengalami suhu yang ekstrem dan tidak ada musim. Berikut beberapa poin penting yang perlu diingat: * Kemiringan Bumi 23,5° merupakan hasil dari tabrakan dahsyat di masa lampau. * Kemiringan ini menyebabkan terjadinya musim dan variasi durasi siang dan malam di berbagai tempat di Bumi. * Kemiringan Bumi merupakan faktor penting bagi kehidupan di Bumi. Semoga penjelasan ini membantu!


Auliya S

13 Juli 2024 13:59

Jawaban terverifikasi

<p>Bumi berputar pada porosnya dan&nbsp;bergerak mengelilingi Matahari dengan kemiringan 23,5 derajat.<br><br>Bumi berputar pada porosnya dari barat ke timur. Waktu yang diperlukan untuk satu kali rotasi adalah 23 jam 56 menit 4,09 detik atau selama satu hari.<br><br>Saat Bumi berputar, sebagian permukaan akan terkena Matahari dan sebagian lainnya tidak. Peristiwa ini kita kenal dengan siang dan malam.<br><br>Wilayah yang terpapar cahaya matahari akan mengalami siang, sedangkan wilayah yang tidak terpapar cahaya matahari akan mengalami malam.<br>&nbsp;</p>

Bumi berputar pada porosnya dan bergerak mengelilingi Matahari dengan kemiringan 23,5 derajat.

Bumi berputar pada porosnya dari barat ke timur. Waktu yang diperlukan untuk satu kali rotasi adalah 23 jam 56 menit 4,09 detik atau selama satu hari.

Saat Bumi berputar, sebagian permukaan akan terkena Matahari dan sebagian lainnya tidak. Peristiwa ini kita kenal dengan siang dan malam.

Wilayah yang terpapar cahaya matahari akan mengalami siang, sedangkan wilayah yang tidak terpapar cahaya matahari akan mengalami malam.
 


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

didalam bioskop terdapat 15 barisan, barisan pertama terdapat 10 kursi dan bertambah 5 kursi setiap baris berikutnya tentukan : a) banyak kursi pada baris 15 b) jumlah kursi seluruhnya yg ada di bioskop

16

5.0

Jawaban terverifikasi