Suci E

22 Juni 2024 15:04

Iklan

Iklan

Suci E

22 Juni 2024 15:04

Pertanyaan

kenapa bumi berbentuk bulat?

kenapa bumi berbentuk bulat?


24

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

22 Juni 2024 19:33

Jawaban terverifikasi

<p>Bukti bahwa Bumi berbentuk bulat telah dikumpulkan selama berabad-abad melalui berbagai observasi dan eksperimen. Berikut adalah beberapa bukti yang mendukung bahwa Bumi berbentuk bulat:</p><p><strong>Pengamatan Langsung dari Luar Angkasa</strong>:</p><ul><li>Foto-foto Bumi yang diambil oleh satelit dan astronot dari luar angkasa dengan jelas menunjukkan Bumi sebagai sebuah bola.</li></ul><p><strong>Horizon yang Melengkung</strong>:</p><ul><li>Ketika seseorang melihat kapal yang bergerak menjauh di lautan, kapal tersebut terlihat menghilang di bawah horizon secara bertahap, mulai dari bagian bawah kapal hingga akhirnya menghilang sepenuhnya. Ini terjadi karena permukaan Bumi melengkung.</li></ul><p><strong>Perbedaan Bayangan dalam Gerhana Bulan</strong>:</p><ul><li>Selama gerhana bulan, bayangan Bumi yang jatuh pada bulan selalu berbentuk melengkung. Ini hanya bisa terjadi jika Bumi berbentuk bulat.</li></ul><p><strong>Variasi Bintang yang Terlihat</strong>:</p><ul><li>Bintang yang terlihat di langit malam berbeda tergantung pada posisi seseorang di Bumi. Misalnya, bintang-bintang yang terlihat di belahan bumi utara berbeda dari yang terlihat di belahan bumi selatan.</li></ul><p><strong>Perbedaan Waktu dan Zona Waktu</strong>:</p><ul><li>Bumi memiliki zona waktu yang berbeda-beda karena rotasinya. Ketika di satu bagian dunia adalah siang hari, di bagian lain adalah malam hari. Ini hanya mungkin jika Bumi berbentuk bulat dan berputar pada porosnya.</li></ul><p><strong>Percobaan dengan Perjalanan Jauh</strong>:</p><ul><li>Penjelajah seperti Ferdinand Magellan yang melakukan perjalanan mengelilingi dunia membuktikan bahwa seseorang bisa kembali ke titik awal dari arah yang sama setelah melakukan perjalanan cukup jauh.</li></ul><p><strong>Fenomena Gravitasi</strong>:</p><ul><li>Gaya gravitasi menyebabkan benda-benda ditarik ke pusat Bumi. Jika Bumi berbentuk datar, gaya gravitasi akan menarik benda-benda ke arah yang berbeda-beda, tergantung di mana seseorang berada di "piringan" tersebut, yang tidak sesuai dengan observasi gravitasi yang seragam.</li></ul><p><strong>Pengamatan dari Penerbangan</strong>:</p><ul><li>Jalur penerbangan pesawat sering kali terlihat melengkung ketika dilihat di peta dua dimensi. Ini karena Bumi berbentuk bulat dan jalur terpendek antara dua titik pada permukaan bola adalah busur besar.</li></ul>

Bukti bahwa Bumi berbentuk bulat telah dikumpulkan selama berabad-abad melalui berbagai observasi dan eksperimen. Berikut adalah beberapa bukti yang mendukung bahwa Bumi berbentuk bulat:

Pengamatan Langsung dari Luar Angkasa:

  • Foto-foto Bumi yang diambil oleh satelit dan astronot dari luar angkasa dengan jelas menunjukkan Bumi sebagai sebuah bola.

Horizon yang Melengkung:

  • Ketika seseorang melihat kapal yang bergerak menjauh di lautan, kapal tersebut terlihat menghilang di bawah horizon secara bertahap, mulai dari bagian bawah kapal hingga akhirnya menghilang sepenuhnya. Ini terjadi karena permukaan Bumi melengkung.

Perbedaan Bayangan dalam Gerhana Bulan:

  • Selama gerhana bulan, bayangan Bumi yang jatuh pada bulan selalu berbentuk melengkung. Ini hanya bisa terjadi jika Bumi berbentuk bulat.

Variasi Bintang yang Terlihat:

  • Bintang yang terlihat di langit malam berbeda tergantung pada posisi seseorang di Bumi. Misalnya, bintang-bintang yang terlihat di belahan bumi utara berbeda dari yang terlihat di belahan bumi selatan.

Perbedaan Waktu dan Zona Waktu:

  • Bumi memiliki zona waktu yang berbeda-beda karena rotasinya. Ketika di satu bagian dunia adalah siang hari, di bagian lain adalah malam hari. Ini hanya mungkin jika Bumi berbentuk bulat dan berputar pada porosnya.

Percobaan dengan Perjalanan Jauh:

  • Penjelajah seperti Ferdinand Magellan yang melakukan perjalanan mengelilingi dunia membuktikan bahwa seseorang bisa kembali ke titik awal dari arah yang sama setelah melakukan perjalanan cukup jauh.

Fenomena Gravitasi:

  • Gaya gravitasi menyebabkan benda-benda ditarik ke pusat Bumi. Jika Bumi berbentuk datar, gaya gravitasi akan menarik benda-benda ke arah yang berbeda-beda, tergantung di mana seseorang berada di "piringan" tersebut, yang tidak sesuai dengan observasi gravitasi yang seragam.

Pengamatan dari Penerbangan:

  • Jalur penerbangan pesawat sering kali terlihat melengkung ketika dilihat di peta dua dimensi. Ini karena Bumi berbentuk bulat dan jalur terpendek antara dua titik pada permukaan bola adalah busur besar.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

23 Juni 2024 02:29

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;</p><p>Bumi berbentuk bulat karena beberapa faktor fisika dan gravitasi yang bekerja selama pembentukannya dan evolusinya. Berikut adalah penjelasan mengapa Bumi berbentuk bulat:</p><p>1. <strong>Gravitasi</strong></p><ul><li><strong>Gaya Tarik Menyebar Merata:</strong> Gravitasi adalah gaya yang menarik semua benda ke pusat massa. Untuk sebuah objek sebesar Bumi, gravitasi bekerja dengan menarik materi dari semua arah menuju pusat. Ini menyebabkan bentuk objek menjadi simetris dan bulat, karena gaya tarik gravitasi sama besar ke segala arah.</li><li><strong>Keseimbangan Hidrostatik:</strong> Ketika Bumi terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, ia berada dalam keadaan semi-cair. Gaya gravitasi menarik materi menuju pusat, dan dengan waktu, material ini merata membentuk bola yang disebut keseimbangan hidrostatik.</li></ul><p>2. <strong>Rotasi Bumi</strong></p><ul><li><strong>Efek Sentrifugal:</strong> Meskipun gravitasi menyebabkan Bumi berbentuk bulat, rotasi Bumi menciptakan efek sentrifugal yang membuatnya sedikit melebar di ekuator dan sedikit lebih datar di kutub. Ini menghasilkan bentuk geoid, yang mendekati bentuk elips atau ellipsoid.</li><li><strong>Distribusi Massa:</strong> Rotasi menyebabkan massa di sekitar ekuator sedikit terdorong keluar, sehingga radius ekuator sedikit lebih besar dibanding radius kutub. Ini mengakibatkan bentuk Bumi yang lebih tepat disebut "sferoid oblat."</li></ul><p>3. <strong>Pembentukan Awal dan Evolusi</strong></p><ul><li><strong>Pembentukan dari Nebula Surya:</strong> Bumi dan planet-planet lainnya terbentuk dari awan gas dan debu yang disebut nebula surya. Partikel-partikel ini bertabrakan dan menyatu karena gravitasi, membentuk planetesimal yang kemudian menjadi planet. Karena gaya gravitasi bekerja secara merata, benda-benda ini cenderung mengambil bentuk bola.</li><li><strong>Diferensiasi Planet:</strong> Saat Bumi masih cair, bahan yang lebih berat seperti besi tenggelam ke inti, sementara bahan yang lebih ringan naik ke permukaan. Proses ini, yang dikenal sebagai diferensiasi, juga membantu mempertahankan bentuk bulat Bumi.</li></ul><p>4. <strong>Observasi dan Bukti Ilmiah</strong></p><ul><li><strong>Pengamatan Satelit:</strong> Gambar-gambar yang diambil dari luar angkasa, seperti dari satelit dan misi Apollo, menunjukkan bahwa Bumi berbentuk bulat.</li><li><strong>Fenomena Alam:</strong> Fenomena seperti horizon melengkung, bayangan bulat selama gerhana bulan, dan cara kapal menghilang dari pandangan saat berlayar jauh dari pantai juga menunjukkan bahwa Bumi berbentuk bulat.</li></ul>

 

Bumi berbentuk bulat karena beberapa faktor fisika dan gravitasi yang bekerja selama pembentukannya dan evolusinya. Berikut adalah penjelasan mengapa Bumi berbentuk bulat:

1. Gravitasi

  • Gaya Tarik Menyebar Merata: Gravitasi adalah gaya yang menarik semua benda ke pusat massa. Untuk sebuah objek sebesar Bumi, gravitasi bekerja dengan menarik materi dari semua arah menuju pusat. Ini menyebabkan bentuk objek menjadi simetris dan bulat, karena gaya tarik gravitasi sama besar ke segala arah.
  • Keseimbangan Hidrostatik: Ketika Bumi terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, ia berada dalam keadaan semi-cair. Gaya gravitasi menarik materi menuju pusat, dan dengan waktu, material ini merata membentuk bola yang disebut keseimbangan hidrostatik.

2. Rotasi Bumi

  • Efek Sentrifugal: Meskipun gravitasi menyebabkan Bumi berbentuk bulat, rotasi Bumi menciptakan efek sentrifugal yang membuatnya sedikit melebar di ekuator dan sedikit lebih datar di kutub. Ini menghasilkan bentuk geoid, yang mendekati bentuk elips atau ellipsoid.
  • Distribusi Massa: Rotasi menyebabkan massa di sekitar ekuator sedikit terdorong keluar, sehingga radius ekuator sedikit lebih besar dibanding radius kutub. Ini mengakibatkan bentuk Bumi yang lebih tepat disebut "sferoid oblat."

3. Pembentukan Awal dan Evolusi

  • Pembentukan dari Nebula Surya: Bumi dan planet-planet lainnya terbentuk dari awan gas dan debu yang disebut nebula surya. Partikel-partikel ini bertabrakan dan menyatu karena gravitasi, membentuk planetesimal yang kemudian menjadi planet. Karena gaya gravitasi bekerja secara merata, benda-benda ini cenderung mengambil bentuk bola.
  • Diferensiasi Planet: Saat Bumi masih cair, bahan yang lebih berat seperti besi tenggelam ke inti, sementara bahan yang lebih ringan naik ke permukaan. Proses ini, yang dikenal sebagai diferensiasi, juga membantu mempertahankan bentuk bulat Bumi.

4. Observasi dan Bukti Ilmiah

  • Pengamatan Satelit: Gambar-gambar yang diambil dari luar angkasa, seperti dari satelit dan misi Apollo, menunjukkan bahwa Bumi berbentuk bulat.
  • Fenomena Alam: Fenomena seperti horizon melengkung, bayangan bulat selama gerhana bulan, dan cara kapal menghilang dari pandangan saat berlayar jauh dari pantai juga menunjukkan bahwa Bumi berbentuk bulat.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebutkan beberapa bilangan bulat🙄🙄

30

0.0

Jawaban terverifikasi