Ahn H

09 Agustus 2022 02:11

Iklan

Iklan

Ahn H

09 Agustus 2022 02:11

Pertanyaan

Kebiasaan terlalu lama menonton televisi, juga melihat TV dalam jarak dekat, ternyata dapat menurunkan fungsi retina mata anak-anak. "Televisi memancarkan sinar biru yang amat dekat dan berbahaya bagi anak," kata Pratiwi Rapih Astuti yang memaparkan hasil penelitiannya bersama kawan-kawannya dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) di Jakarta. Penelitian yang berjudul "Korelasi antara Menonton Televisi dan Fungsi Retina pada Anak" ini dilakukan oleh Pratiwi bersama kawan -kawannya, yaitu Wahyu Budi Santosa, Allan Taufiq Rivai, dan Owi Notosusanto. Penelitian ini diikutsertakan pada Liga Medika Sains yang merupakan acara rutin tahunan yang diadakan oleh Lembaga Pengkajian dan Penelitian Senat Mahasiswa, Ikatan Keluarga Mahasiswa FKUI. Menurut hasil studi terdahulu, sinar biru menyebabkan degenerasi retina dengan merusak sitokrom oksidase dan menghambat respirasi seluler (pernapasan sel). Dalam kaitannya dengan televisi, total sinar biru yang diterima oleh anak tergantung pada dua faktor, yaitu total waktu menonton televisi per hari dan jarak saat menonton televisi. Anak-anak sangat berisiko mengalami kerusakan retina akibat sinar biru. Lensa mata mereka relatif jernih sehingga tidak dapat meredam sinar biru dengan maksimal. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2008 terhadap 106 subyek. Subyek penelitian adalah murid-murid sekolah dasar berusia 6-13 tahun. Hasilnya, korelasi antara total waktu menonton televisi per hari dengan contrast sensitivity mata kiri, mata kanan, dan kedua mata menunjukkan hasil bermakna secara statistik serta berbanding terbalik (semakin lama menonton televisi, skor fungsi retina semakin rendah). Korelasi antara jarak saat menonton televisi dan skor contrast sensitivity test mata kiri, mata kanan, dan kedua mata menunjukkan hasil yang tidak bermakna secara statistik. Akan tetapi, terdapat kecenderungan bahwa semakin dekatjarak menonton televisi maka skor fungsi retina semakin menurun. "Jadi, semakin dekatjarak menonton televisi dan semakin lama waktu menonton televisi, maka semakin turun fungsi retina," kata Pratiwi. Dari 106 anak yang diteliti ternyata yang mengalami penurunan fungsi retina sebanyak 25 anak (23,4 persen). Anak-anak terse but rata-rata menonton televisi 2,29 jam per hari dengan jarak menonton televisi 184,32 em. Padahal, sebaiknya anak-anak menonton televisi dengan jarak 4 meter dan untuk mereka yang berusia 6-9 tahun sebaiknya menonton televisi selama 60 menit per hari, untuk yang berusia 9-13 tahun menonton televisi selama 90 menit per hari. (www.kompas.com, Kamis, 24 Juli 2008 dengan pengubahan) 4f3. Temukan frasa nominal dalam paragraf 3 dan tunjukkan unsur pusatnya!


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Mulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

08 Oktober 2022 08:32

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah retina, anak, televisi, keluarga, dan mahasiswa.</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut ini penjelasannya.</p><p>&nbsp;</p><p>Frasa merupakan satuan yang tidak melebihi batas fungsi, maksudnya frasa selalu terdapat dalam satu fungsi tertentu. Jadi, satu frasa itu bisa berfungsi sebagai subjek (S), predikat (P), objek (O), pelengkap (PEL) atau keterangan (K).</p><p>&nbsp;</p><p>Salah satu jenis frasa ialah frasa nomina. Frasa nomina adalah frasa yang unsur pusatnya berupa nomina dan dapat digunakan sebagai pengganti kata benda dalam suatu kalimat. Unsur pusat dalam suatu frasa adalah kalimat yang terdiri atas beberapa satuan. Satuan-satuan tersebut terdiri atas satu kata atau lebih.</p><p>&nbsp;</p><p>Dalam kutipan "Penelitian yang berjudul "Korelasi antara Menonton Televisi dan Fungsi Retina pada Anak" ini dilakukan oleh Pratiwi bersama kawan-kawannya, yaitu Wahyu Budi Santosa, Allan Taufiq Rivai, dan Owi Notosusanto. Penelitian ini diikutsertakan pada Liga Medika Sains yang merupakan acara rutin tahunan yang diadakan oleh Lembaga Pengkajian dan Penelitian Senat Mahasiswa, Ikatan Keluarga Mahasiswa FKUI." Unsur pusat frasa nomina pada paragraf ke-3, yaitu retina, anak, televisi, keluarga, dan mahasiswa.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah retina, anak, televisi, keluarga, dan mahasiswa.</p>

Jawaban yang benar adalah retina, anak, televisi, keluarga, dan mahasiswa.

 

Berikut ini penjelasannya.

 

Frasa merupakan satuan yang tidak melebihi batas fungsi, maksudnya frasa selalu terdapat dalam satu fungsi tertentu. Jadi, satu frasa itu bisa berfungsi sebagai subjek (S), predikat (P), objek (O), pelengkap (PEL) atau keterangan (K).

 

Salah satu jenis frasa ialah frasa nomina. Frasa nomina adalah frasa yang unsur pusatnya berupa nomina dan dapat digunakan sebagai pengganti kata benda dalam suatu kalimat. Unsur pusat dalam suatu frasa adalah kalimat yang terdiri atas beberapa satuan. Satuan-satuan tersebut terdiri atas satu kata atau lebih.

 

Dalam kutipan "Penelitian yang berjudul "Korelasi antara Menonton Televisi dan Fungsi Retina pada Anak" ini dilakukan oleh Pratiwi bersama kawan-kawannya, yaitu Wahyu Budi Santosa, Allan Taufiq Rivai, dan Owi Notosusanto. Penelitian ini diikutsertakan pada Liga Medika Sains yang merupakan acara rutin tahunan yang diadakan oleh Lembaga Pengkajian dan Penelitian Senat Mahasiswa, Ikatan Keluarga Mahasiswa FKUI." Unsur pusat frasa nomina pada paragraf ke-3, yaitu retina, anak, televisi, keluarga, dan mahasiswa.

 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah retina, anak, televisi, keluarga, dan mahasiswa.


Iklan

Iklan

Zynafii Z

16 Februari 2023 08:26

Kebiasaan terlalu lama menonton televisi,


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Assalamu’alaikum Wr. Wb Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haq-Nya. Perhatikan kalimat berikut! Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini. Kalimat tersebut termasuk …. A. salam pembuka B. ucapan terima kasih C. pengenalan topik D. tema E. judul

90

0.0

Jawaban terverifikasi