Umi H

29 Juli 2024 09:16

Iklan

Umi H

29 Juli 2024 09:16

Pertanyaan

kak tolong kasih materi biologi kelas 12 kurikulum merdeka yang" Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan makhluk hidup" soalnya di materi ruang guru ini ngga ada kak... tolong butuh banget iniπŸ™πŸ™

kak tolong kasih materi biologi kelas 12 kurikulum merdeka yang" Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan makhluk hidup" soalnya di materi ruang guru ini ngga ada kak... tolong butuh banget iniπŸ™πŸ™

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

15

:

09

:

55

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

29 Juli 2024 09:49

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah rangkuman materi biologi kelas 12 Kurikulum Merdeka tentang "Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan dan Makhluk Hidup":</p><p>Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan</p><p>1. Pertumbuhan Tumbuhan</p><p><strong>Definisi</strong>: Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran dan volume yang bersifat irreversibel (tidak dapat kembali ke bentuk semula).</p><p><strong>Tahap Pertumbuhan</strong>:</p><ul><li><strong>Perkecambahan</strong>:<ul><li>Tahap awal pertumbuhan tanaman dari biji.</li><li>Prosesnya melibatkan imbibisi (penyerapan air oleh biji), aktivasi enzim, respirasi, dan penggunaan cadangan makanan.</li></ul></li><li><strong>Pertumbuhan Primer</strong>:<ul><li>Pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas meristem apikal (ujung akar dan batang).</li><li>Menghasilkan pemanjangan akar dan batang.</li></ul></li><li><strong>Pertumbuhan Sekunder</strong>:<ul><li>Terjadi pada tumbuhan dikotil dan beberapa monokotil tertentu.</li><li>Melibatkan aktivitas meristem lateral (kambium) yang menambah diameter batang dan akar.</li></ul></li></ul><p><strong>Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan</strong>:</p><ul><li><strong>Faktor Internal</strong>:<ul><li>Genetik</li><li>Hormon (auksin, giberelin, sitokinin, etilen, asam absisat)</li></ul></li><li><strong>Faktor Eksternal</strong>:<ul><li>Cahaya</li><li>Air</li><li>Suhu</li><li>Nutrisi</li></ul></li></ul><p>2. Perkembangan Tumbuhan</p><p><strong>Definisi</strong>: Perkembangan adalah proses menuju kematangan dan kedewasaan yang melibatkan diferensiasi sel, pembentukan organ, dan perubahan fisiologis.</p><p><strong>Tahap Perkembangan</strong>:</p><ul><li><strong>Diferensiasi</strong>:<ul><li>Proses di mana sel-sel meristem menjadi berbagai jenis sel yang berbeda fungsi.</li></ul></li><li><strong>Organogenesis</strong>:<ul><li>Pembentukan organ seperti daun, bunga, buah, dan biji.</li></ul></li><li><strong>Pematangan</strong>:<ul><li>Proses menuju fase reproduktif dan penuaan.</li></ul></li></ul><p>Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup</p><p>1. Pertumbuhan pada Hewan</p><p><strong>Definisi</strong>: Sama seperti pada tumbuhan, pertumbuhan pada hewan adalah proses bertambahnya ukuran dan massa tubuh.</p><p><strong>Jenis Pertumbuhan</strong>:</p><ul><li><strong>Pertumbuhan Isometrik</strong>:<ul><li>Pertumbuhan di mana semua bagian tubuh tumbuh pada laju yang sama.</li></ul></li><li><strong>Pertumbuhan Allometrik</strong>:<ul><li>Pertumbuhan di mana bagian tubuh tertentu tumbuh pada laju yang berbeda dari bagian tubuh lainnya.</li></ul></li></ul><p>2. Perkembangan pada Hewan</p><p><strong>Definisi</strong>: Perkembangan pada hewan melibatkan perubahan yang lebih kompleks termasuk pembentukan organ dan sistem tubuh.</p><p><strong>Tahap Perkembangan</strong>:</p><ul><li><strong>Embrionik</strong>:<ul><li>Periode dari fertilisasi hingga pembentukan struktur dasar tubuh.</li></ul></li><li><strong>Pascaembrionik</strong>:<ul><li>Periode setelah kelahiran atau penetasan, mencakup pertumbuhan hingga dewasa.</li></ul></li><li><strong>Metamorfosis</strong> (pada beberapa hewan):<ul><li>Perubahan bentuk tubuh secara drastis selama siklus hidup, seperti pada serangga dan amfibi.</li></ul></li></ul><p><strong>Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan</strong>:</p><ul><li>Genetik</li><li>Hormon (misalnya hormon pertumbuhan, tiroid)</li><li>Nutrisi</li><li>Lingkungan (misalnya suhu, cahaya)</li></ul><p>Penerapan Pengetahuan Pertumbuhan dan Perkembangan</p><ul><li><strong>Agrikultur</strong>:<ul><li>Pemahaman tentang hormon dan pertumbuhan tanaman digunakan untuk meningkatkan hasil panen.</li></ul></li><li><strong>Kesehatan</strong>:<ul><li>Pengetahuan tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia penting dalam bidang pediatri dan kesehatan reproduksi.</li></ul></li><li><strong>Konservasi</strong>:<ul><li>Strategi untuk melestarikan spesies terancam punah sering kali melibatkan manipulasi pertumbuhan dan perkembangan.</li></ul></li></ul>

Berikut adalah rangkuman materi biologi kelas 12 Kurikulum Merdeka tentang "Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan dan Makhluk Hidup":

Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

1. Pertumbuhan Tumbuhan

Definisi: Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran dan volume yang bersifat irreversibel (tidak dapat kembali ke bentuk semula).

Tahap Pertumbuhan:

  • Perkecambahan:
    • Tahap awal pertumbuhan tanaman dari biji.
    • Prosesnya melibatkan imbibisi (penyerapan air oleh biji), aktivasi enzim, respirasi, dan penggunaan cadangan makanan.
  • Pertumbuhan Primer:
    • Pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas meristem apikal (ujung akar dan batang).
    • Menghasilkan pemanjangan akar dan batang.
  • Pertumbuhan Sekunder:
    • Terjadi pada tumbuhan dikotil dan beberapa monokotil tertentu.
    • Melibatkan aktivitas meristem lateral (kambium) yang menambah diameter batang dan akar.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan:

  • Faktor Internal:
    • Genetik
    • Hormon (auksin, giberelin, sitokinin, etilen, asam absisat)
  • Faktor Eksternal:
    • Cahaya
    • Air
    • Suhu
    • Nutrisi

2. Perkembangan Tumbuhan

Definisi: Perkembangan adalah proses menuju kematangan dan kedewasaan yang melibatkan diferensiasi sel, pembentukan organ, dan perubahan fisiologis.

Tahap Perkembangan:

  • Diferensiasi:
    • Proses di mana sel-sel meristem menjadi berbagai jenis sel yang berbeda fungsi.
  • Organogenesis:
    • Pembentukan organ seperti daun, bunga, buah, dan biji.
  • Pematangan:
    • Proses menuju fase reproduktif dan penuaan.

Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

1. Pertumbuhan pada Hewan

Definisi: Sama seperti pada tumbuhan, pertumbuhan pada hewan adalah proses bertambahnya ukuran dan massa tubuh.

Jenis Pertumbuhan:

  • Pertumbuhan Isometrik:
    • Pertumbuhan di mana semua bagian tubuh tumbuh pada laju yang sama.
  • Pertumbuhan Allometrik:
    • Pertumbuhan di mana bagian tubuh tertentu tumbuh pada laju yang berbeda dari bagian tubuh lainnya.

2. Perkembangan pada Hewan

Definisi: Perkembangan pada hewan melibatkan perubahan yang lebih kompleks termasuk pembentukan organ dan sistem tubuh.

Tahap Perkembangan:

  • Embrionik:
    • Periode dari fertilisasi hingga pembentukan struktur dasar tubuh.
  • Pascaembrionik:
    • Periode setelah kelahiran atau penetasan, mencakup pertumbuhan hingga dewasa.
  • Metamorfosis (pada beberapa hewan):
    • Perubahan bentuk tubuh secara drastis selama siklus hidup, seperti pada serangga dan amfibi.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan:

  • Genetik
  • Hormon (misalnya hormon pertumbuhan, tiroid)
  • Nutrisi
  • Lingkungan (misalnya suhu, cahaya)

Penerapan Pengetahuan Pertumbuhan dan Perkembangan

  • Agrikultur:
    • Pemahaman tentang hormon dan pertumbuhan tanaman digunakan untuk meningkatkan hasil panen.
  • Kesehatan:
    • Pengetahuan tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia penting dalam bidang pediatri dan kesehatan reproduksi.
  • Konservasi:
    • Strategi untuk melestarikan spesies terancam punah sering kali melibatkan manipulasi pertumbuhan dan perkembangan.

Umi H

29 Juli 2024 10:13

terimakasihh kak nanda 😭😍πŸ₯°πŸ™

Iklan

Asma F

30 Juli 2024 03:21

Jawaban terverifikasi

<p>Hai kak, fyi materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di ruangguru ada, namun di bagian kelas 12 kurikulum K13 revisi, memang lebih lengkap di sanaπŸ‘ jadi cukup mengganti kurikulum yg kakak pilih di ruangguru&nbsp;</p>

Hai kak, fyi materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di ruangguru ada, namun di bagian kelas 12 kurikulum K13 revisi, memang lebih lengkap di sanaπŸ‘ jadi cukup mengganti kurikulum yg kakak pilih di ruangguru 


Umi H

30 Juli 2024 05:43

oke terimakasihh

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1.Bacalah kutipan drama berikut! Abah: "Kalau cari suami harus yang jelas masa depannya, jangan seperti si Kabayan!" Iteung: "Tapi Kang Kabayan mah baik nyaah sama Iteung." Abah: "Baik? Baik apanya? Kalau memang baik pasti suka ngirim uang, paling sedikit ngirim ikan kesenangan Abah. Ikan gurame!" Ambu: "Abah teh kumaha. Apa-apa selalu saja diukur pakai uang." Tokoh Iteung pada kutipan drama tersebut akan lebih menarik jika menggunakan kostum a. celana panjang dan kaos dengan rambut panjang dibiarkan terurai b. celana panjang dan kaos dengan rambut dikepang dua c. kebaya dan celana panjang dengan rambut dibiarkan terurai d. kebaya dan kain dengan rambut di kepang dua 2.Jo : "Hey, jalan yang bener dong!" (keluar dari mobil) Yuda: (tampak terkejut dan menguasai diri) "Maaf Pak." Jo: (melotot) "Maaf, maaf!" (1) Bapak: "Sudahlah Jo, dia sudah minta maaf kok, lagi pula ayah buru- buru nanti terlambat ke kantor." (cepat menyusul keluar dari mobil) Jo : "Tidak bisa, dia harus diberi pela- jaran!" (nyaris melayangkan tinju) (2) Bapak : "Sabar Jo. (melihat kasihan pada Yuda) "Kau pergilah, Nak!" Yuda : "Terima kasih, Pak!" (3) Bapak "Hey, apa yang kau bawa, Nak?" (heran) "Kamu jual lukisan?" Yuda : "lya Pak, ini lukisan kaca." (4) Bapak: "Sungguh baru kali ini aku melihat lukisan kaca, biasanya saya di rumah memajang lukisan kanvas, lukisan kertas, lukisan bulu, dan lain-lain. Tapi, lukisan ini? Ah ya berapa kamu menjual ini?" Yuda: "Yang mana Pak?" (5) Bapak: "Semuanya. Ah sudah jangan bingung, gini aja gimana kalau lukisan itu saya beli lima juta rupiah." Yuda : "Apa? Lima juta!" (6) Bapak: "Apa kurang?" Yuda : "Cu... kup, Pak." Bukti latar waktu dalam kutipan drama tersebut terdapat pada dialog nomor .... a. (1) b. (3) c. (4) d. (6) 3.Perhatikan penggalan drama berikut! "Dari mana saja kau, Badar? Hari sudah petang tapi kau baru pulang," tanya ayah sambil berkacak pinggang. Dialog tersebut diucapkan dengan nada a. keras sambil bercanda b. marah dan serius c. rendah dan penuh tanya d. penuh kasih sayang 4.Cermati kutipan bacaan berikut! "Mohammad-san inilah rumahku." Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, "Ibu! Ibu! Inilah tamu yang kita tunggu. Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita?" Bacaan tersebut termasuk teks fiksi karena a. memiliki unsur tema dan tokoh b. bersifat sistematis berdasarkan fakta yang ada c. narasi dan dialog menggunakan ragam bahasa baku d. menggunakan peribahasa untuk membandingkan suatu hal 5.Perhatikan teks berikut! Perkembangan teknologi informatika dalam satu dekade terakhir mengalami lonjakan luar biasa. Munculnya internet memudahkan setiap orang mendapat akses informasi. Tidak hanya sekadar berita, melalui internet orang bisa ber- jualan, memasang iklan, menikmati musik, dan memungkinkan individu mengetahui berbagai peristiwa secara intensif. Berdasarkan wacana tersebut, istilah yang dapat dideretkan dalam indeks dengan tepat adalah a. akses-individu-informatika-informasi- teknologi b. akses-iklan-individu-intensif-internet C. iklan-individu-informasi-intensif-internet d. individu-informasi-intensif-internet-iklan 6.Perhatikan kutipan indeks berikut! Gaib 8 Ilmu Fisika 7 Ilustrasi 57 Imajinasi 59 Implikasi 54 Magnetis 65 Pengetahuan eksakta 46 Pengetahuan keras 47 Pengetahuan lunak 48 Pengetahuan non-eksakta 45 Berikut ini pernyataan yang tidak benar berdasarkan indeks tersebut adalah a. Di halaman 46, kita dapat mempelajari materi pengetahuan keras. b. Materi tentang implikasi dapat kita jumpai di halaman 54. C. Di halaman 45 kita dapat mempelajari pengetahuan non-eksakta d. Pengetahuan eksakta dapat kita pelajari di halaman 46. *kutipan teks drama berikut untuk soal nomor 7 - 9* (1) Mayor: "Berapa lama lagi aku harus menunggu? Lihat semburat matahari sudah terlihat." (sambil menggebrak meja) (2) Kopral: "Sabarlah sedikit, Pak." (3) Mayor "Jangan ditawar lagi." (4) Kopral: "Apanya, Pak?" (5) Mayor: "Kesabarannya! Sejak kemarin kesabaran saya habis. Sabar itu prinsip. Tidak bisa ditawar- tawar, ngerti?" (6) Kopral: "Kalau begitu kuralat ucapanku tadi." (7) Mayor: "Ya, tapi pertanyaanku belum Bung jawab. Berapa lama lagi? Semburat matahari sudah terlihat tu!" 7.Dialog pada kutipan teks drama tersebut yang berisi kramagung ditandai dengan nomor a. (1) b. (3) c. (4) d. (5) 8.Latar disertai bukti nomor pada kutipan drama tersebut adalah .... a.. siang hari, bukti pada dialog nomor (7) b. menjelang maghrib, bukti pada dialog nomor (5) c.pagi hari, bukti pada dialog nomor (7) d. sore hari, bukti pada dialog nomor (1) 9.Amanat yang sesuai dengan kutipan teks drama tersebut adalah .... a. Kemarahan bukanlah cara penyelesaian masalah yang bijak. b. Seorang bawahan tidak sepatutnya melawan atasan sekalipun untuk membela kebenaran. c. Kita harus lebih banyak bersabar menghadapi apa pun. d. Kita harus mengikuti keinginan atasan walaupun tidak sejalan dengannya. *kutipan drama berikut untuk soal nomor 10-13* Fikri: "Hai sobat. Lho ada apa ini? Kamu kok kelihatan sedih?" Bayu: "Enggak. Perasaan kamu saja." Fikri: "Ayolah... Aku kenal kamu dari kecil. Aku bisa tahu kamu sedih, senang, malas, atau marah? Ayo katakan padaku siapa tahu aku bisa membantu." Bayu: "Kamu ini tau aja. Hari ini hari terakhir aku harus membayar SPP. Bapakku masih di luar kota. Ibuku sakit. Aku bingung harus bagaimana." Fikri :"Kenapa harus bingung. Aku bisa membantumu." Bayu: "Maksudmu?" Fikri: "Ya... membantumu. Aku punya uang tabungan dan cukup untuk membayar SPP mu." Bayu: "Wah... enggak ... enggak ... enggak aku tidak bisa menggunakan uang tabunganmu." Fikri: "Ayolah teman... aku tulus... kapan-kapan kamu dapat mengembalikannya." 10. Tema yang digambarkan pada kutipan drama tersebut adalah a. persahabatan antara kedua orang b. tolong-menolong antarteman yang mem- butuhkan c. persahabatan yang didukung oleh kedua orang tua d. masalah ekonomi keluarga yang tak kunjung reda 11.Tokoh Fikri dalam kutipan drama tersebut memiliki watak a. rendah hati b. tinggi hati c. baik hati d. kecil hati 12. Kutipan drama suasana tersebut menceritakan a. haru b. kaget c. kecewa d. sedih 13.(sambil terpogoh-pogoh masuk kamar tamu, Naja menangis) Naja: "Bu, aku sudah tidak kuat lagi kalau begini." Ibu: "Percayalah, Nak, masalah ini akan segera teratasi. Tuhan Maha Pengatur dan Mahabaik." Naja: "Tapi kapan? Kapan? Aku bosan sudah!" Ibu: "Bersabarlah, Nak. Jika sabar, masalah akan terurai satu per satu." (sambil membelai rambut Naja dengan penuh Kesabaran). Dalam struktur teks drama, kutipan tersebut merupakan bagian .... a. orientasi b. resolusi c. komplikasi d. epilog *kutipan buku berikut untuk soal nomor 14 dan 15* Bumi adalah tempat di mana kita, manusia, dan makhluk hidup lainnya berada. Bumi sering disebut juga sebagai planet biru. Kenapa? Karena bumi kalau dilihat dari luar angkasa terlihat dengan warna dominan biru. Tahukah kamu warna biru bumi yang terlihat dari angkasa raya itu? Itu adalah lautan. Karena sekitar 70% permukaan bumi merupakan lautan yang sangat luas. Sisanya 30% merupakan daratan yang tersusun atas dataran, gunung, dan lembah. Bumi juga dikelilingi oleh lapisan atmosfer yang merupakan pelindung bumi. 14. Teks tersebut tergolong sebagai karya nonfiksi karena .... a. berisi cerita karangan manusia b. bersifat informatif dan berisi kenyataan c. berasal dari imajinasi pengarang d. memiliki makna ganda 15. Inti dari kutipan buku tersebut adalah .... a. memaparkan tentang alam dan kerusakannya b. memaparkan secara detail tentang bumi c. menggambarkan tentang jenis-jenis atmosfer d. menjelaskan jenis-jenis planet 16.Bacalah kutipan teks fiksi berikut! Kehidupan keluarga ini sangat sederhana. Ayah dan Ibu setiap hari membanting tulang di ladang, seolah-olah kepala jadi betis, betis jadi kepala demi beberapa mulut yang harus dipenuhi. Orang tua ini ikhlas bekerja dengan tanggung jawab demi keluarga dan anak-anaknya kelak supaya jadi orang. Tak ada rotan akar pun jadi, begitulah kata orang tua itu. Daya tarik cuplikan teks fiksi tersebut tampak pada..... a. konflik dalam cerita b. latar cerita c. gaya bahasa penulis d. tema cerita 17.Perhatikan cuplikan teks berikut! Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. Darah memang sangat penting bagi perempuan. Hal ini terutama pada saat hamil, zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. Apabila si ibu mengalami anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian saat melahirkan. Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan. Topik untuk diskusi berdasarkan bacaan tersebut adalah a. manfaat zat besi bagi bayi b. kesehatan ibu dan janin C. anemia sebagai penyakit berbahaya bagi perempuan d. sebab-sebab tingginya kernatian bayi dan anak di Indonesia *indeks berikut untuk soal nomor 18 dan 19* Aliterasi, 89, 93 Amanat, 5, 70 Arbitrer, 3, 65 Artikel, 8, 90 Balada, 25, 75 Drama, 89, 99 Epilog, 34, 36, 74 Fiksi, 3, 25, 90 18. Berdasarkan indeks buku nonfiksi tersebut, kita dapat menemukan istilah epilog di halaman.... a. 3,65 b. 25,75 c. 34, 36, dan 74 d. 3, 25, dan 90 19. Berdasarkan indeks buku tersebut, saat membuka halaman 25 kita dapat menemukan kata .... a. balada dan epilog b. balada dan fiksi c. balada dan drama d. balada

14

1.0

Jawaban terverifikasi

1) Apa perbedaan antara kebaikan dan keburukan? Sebutkan dan jelaskan : β€’ Beberapa contoh dari kebaikan dan keburukan! β€’ Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan keburukan! β€’ Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan kebaikan! 2) Di sebuah Sekolah Dasar, Si Akbar datang terlambat. Guru killer pun memukul siswa dengan penggaris kayu sampai 10x. Siswa lain hanya ketawa melihat tanpa ada kecurigaan pada situasi ini. Padahal Akbar ini lahir dari keluarga miskin. Setiap hari, Akbar harus membantu orang tua dalam waktu yang sangat banyak. Hari ke dua sampai hari ke lima, guru killer pun terus memukul Akbar sampai 50x. Siswa lain merasa khawatir, bahwa memukul sebanyak ini sangat tidak manusiawi dilakukan. Namun Guru killer tidak habis pikir, kenapa Akbar selalu terlambat sekolah. Setelah lebih dari 5 hari, guru killer mengikuti Akbar yang sedang pulang. Alangkah terkejutnya, bahwa Akbar banyak membantu orang tua kegiatan. Karena Orang tua sudah lansia. Guru killer pun sadar dan menyesal atas perbuatan itu. Tiba-tiba siswa sekelas Akbar datang menghampiri. Siswa lain merasa kaget dan siswa merasa tidak adil dengan guru killer. Keesokan harinya, saat guru killer masuk kelas. Disambut oleh kemarahan siswa lain, karena guru killer dianggap telah mencemarkan nama baik Akbar yang hidup miskin, ditambah lagi siswa mengganggap guru sebagai monster killer dan harus dipukul. Pada akhirnya siswa lain menghajar guru habis-habisan sampai gurunya menangis. Pada saat Akbar terlambat ke kelas melihat siswa lain mengeroyok Guru Killer, Akbar pun merasa bahwa Guru Killer tidak sejahat itu. Berdasarkan cerita diatas, apa dan bagaimana : β€’ Penyebab guru killer tega memukul Akbar tanpa sebab! β€’ Persamaan antara guru killer dan siswa lain terhadap Akbar? β€’ Guru dianggap sebagai monster killer? jelaskan! β€’ Rasanya jika Guru killer dikeroyok sama siswa lain? β€’ Cara mengatasi agar guru killer dan siswa bisa diselesaikan secara damai? Jelaskan kesimpulan! 3) Setelah kejadian nomor dua tadi, para pemimpin negara langsung turun tangan ke sebuah lokasi Sekolah Dasar. Soal kasus siswa lain memukul Guru Killer, gara-gara memukul Akbar dengan alasan terlambat. Padahal Akbar hidup dalam garis kemiskinan. Akibatnya, Guru killer dikenakan sanksi tegas, karena telah membuat Akbar trauma dan siswa lain merasa provokasi. Sanksinya adalah Guru Killer tidak boleh bertemu Akbar di ruang kelas selama 3 bulan dan pengajar guru di kelas Akbar akan diganti oleh kepala sekolah untuk sementara waktu. Guru killer juga mengurangi gaji sebesar 30%/bulan. Bayangkan saja kalau Akbar sampai masuk ke rumah sakit, maka Guru killer bisa dituntut 15 tahun penjara. Berdasarkan diatas : β€’ Apakah sanksi Guru killer dianggap pantas? Jelaskan! (kalau ada) β€’ Mengapa pemimpin negara harus melakukan di Sekolah Dasar untuk menyelamatkan Akbar? β€’ Apa jadinya kalau Guru Killer beneran dibenci oleh satu sekolah dasar dan cenderung dijauhi? Jelaskan! (Jika ada) β€’ Apakah kepemimpinan perlu penanganan medis kepada Akbar? β€’ Tuliskan contoh dari cerita diatas, berdasarkan Keburukan dibalas dengan kebaikan!

14

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Tentukan mana yang merupakan struktur abstraksi,orientasi,krisis,reaksi,dan koda Teks 1 Racun Serangga Alkisah hiduplah sepasang suami istri dengan dua orang anaknya. Setiap pagi kedua anak tersebut pergi berkebun untuk membantu orang tuanya. Namun, tiba-tiba mereka berdua pulang ke rumah dengan tergesa-gesa. Kakak: "Bu, Ibu tolong bu, gawat ini adik menelan kecoa!" Ibu: "Astaga, kok bisa sih kak? Gimana ceritanya? Ayo cepat panggil Bapak suruh bawa dokter ke sini!" Kakak: "Jangan bu, malah tambah gawat nanti. Sebentar lagi kecoanya juga mati." Ibu: "Lho, kok bisa gitu kak?" Kakak: "Iya bu, soalnya adik sudah aku kasih racun serangga bu. Di botolnya kan ada tulisan "dapat membunuh serangga ekstra cepat." Ibu: "Astagfirullah, sembrono kamu!" Kakak: (bingung) Ibu: "Pak, Bapak anak kita makan kecoa." (sambil berlari mencari suaminya). Kakak: (masih tetap bingung) ------------------------------- Teks 2 Tukang roti Pada Pagi hari Azril duduk di teras rumahnya sembari menunggu tukang roti yang biasa lewat. Begitu tukang roti lewat Azril lantas memanggil sang penjual. Azril: "Beli rotinya, Pak." Tukang Roti: "Boleh silahkan mau roti yang mana." Azril: "Ini apa, Pak?" Tukang Roti: "Ini semangka." Azril: "Kalau yang ini apa?" Tukang Roti: "Srikaya." Azril: "Terus ini apa, Bang?" Tukang Roti: "Oh...kalau ini blueberry, dek." Azril: "Gimana sih, terus rotinya mana? Saya mau beli roti bukan buah, kok daritadi yang disebut buah-buahan aja. Gak jadi beli deh saya kalau gini." Tukang Roti: "Yang saya sebut tuh rasa rotinya!" Azril: "Gak jadi, deh!"

7

5.0

Jawaban terverifikasi