Keisa A

22 April 2024 06:25

Iklan

Iklan

Keisa A

22 April 2024 06:25

Pertanyaan

jika korupsi melibatkan kekayaan alam negara maka norma yang dilanggar adalah norma apa saja?

jika korupsi melibatkan kekayaan alam negara maka norma yang dilanggar adalah norma apa saja?


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

25 April 2024 06:41

Jawaban terverifikasi

<p>Korupsi yang melibatkan kekayaan alam negara melanggar beberapa norma, tergantung pada konteks dan peraturan hukum di negara tertentu. Berikut adalah beberapa norma yang dilanggar jika terjadi korupsi yang merugikan keuangan negara atau sumber daya alam:</p><p><strong>Norma Hukum</strong>: Korupsi melanggar hukum karena melibatkan penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana untuk memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi, serta merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.</p><p><strong>Norma Etika</strong>: Korupsi melanggar norma etika karena bertentangan dengan integritas dan moral. Tindakan korupsi merusak kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan pemimpinnya.</p><p><strong>Norma Lingkungan</strong>: Korupsi yang terkait dengan eksploitasi sumber daya alam, seperti penambangan ilegal atau penyalahgunaan izin usaha hasil hutan, merusak ekosistem alamiah. Ini melanggar norma lingkungan yang seharusnya melindungi keanekaragaman hayati dan mencegah bencana alam.</p><p><strong>Norma Sosial</strong>: Korupsi menghasilkan masyarakat yang kehilangan kepercayaan terhadap pemerintah atau pemimpinnya. Ini melanggar norma sosial yang menghargai kejujuran dan integritas.</p><p><strong>Norma Keuangan</strong>: Korupsi merugikan keuangan negara dan menghambat pembangunan. Ini melanggar norma keuangan yang mengedepankan pengelolaan yang transparan dan efisien.</p><p><strong>Norma Pelayanan Publik</strong>: Korupsi yang terjadi dalam pelayanan publik melanggar norma yang menuntut pelayanan yang adil, cepat, dan berintegritas kepada masyarakat.</p>

Korupsi yang melibatkan kekayaan alam negara melanggar beberapa norma, tergantung pada konteks dan peraturan hukum di negara tertentu. Berikut adalah beberapa norma yang dilanggar jika terjadi korupsi yang merugikan keuangan negara atau sumber daya alam:

Norma Hukum: Korupsi melanggar hukum karena melibatkan penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana untuk memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi, serta merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

Norma Etika: Korupsi melanggar norma etika karena bertentangan dengan integritas dan moral. Tindakan korupsi merusak kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan pemimpinnya.

Norma Lingkungan: Korupsi yang terkait dengan eksploitasi sumber daya alam, seperti penambangan ilegal atau penyalahgunaan izin usaha hasil hutan, merusak ekosistem alamiah. Ini melanggar norma lingkungan yang seharusnya melindungi keanekaragaman hayati dan mencegah bencana alam.

Norma Sosial: Korupsi menghasilkan masyarakat yang kehilangan kepercayaan terhadap pemerintah atau pemimpinnya. Ini melanggar norma sosial yang menghargai kejujuran dan integritas.

Norma Keuangan: Korupsi merugikan keuangan negara dan menghambat pembangunan. Ini melanggar norma keuangan yang mengedepankan pengelolaan yang transparan dan efisien.

Norma Pelayanan Publik: Korupsi yang terjadi dalam pelayanan publik melanggar norma yang menuntut pelayanan yang adil, cepat, dan berintegritas kepada masyarakat.


Iklan

Iklan

Rachmawati R

22 April 2024 11:13

<p>korupsi merupakan suatu perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai dan norma kejujuran, sosial, agama, dan hukum&nbsp;</p>

korupsi merupakan suatu perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai dan norma kejujuran, sosial, agama, dan hukum 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dion adalah siswa yang rajin dan pintar. Dia memiliki cita-cita menjadi orang sukses. Setiap hari Dion harus membantu orang tuanya bekerja sepulang sekolah. Dion memiliki cita-cita melanjutkan ke perguruan tinggi. Jika menggantungkan kepada orang tuanya yang tidak mungkin mampu membiayai kuliah, Dion tak mungkin bisa mewujudkan cita-citanya, dengan doa dan kerja kerasnya akhirnya Dion bisa diterima di perguruan tinggi negeri dan mendapatkan beasiswa. Tulislah hal yang dapat dijadikan pelajaran dari kutipan teks inspiratif ini!

10

5.0

Jawaban terverifikasi