Iqbal'San I

02 Juni 2024 09:33

Iklan

Iqbal'San I

02 Juni 2024 09:33

Pertanyaan

Jika ekonomi adalah ilmu tentang memenuhi kebutuhan. Lantas, bagaimana dengan manusia yang merasa tidak membutuhkan apapun dalam hidup ini?

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

05

:

05

:

58

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Navniaaa N

02 Juni 2024 13:04

Jawaban terverifikasi

Upaya manusia dalam memenuhi kebutuhannya adalah dengan bekerja atau membuat usaha. Nah, dengan bekerja atau membuat usaha maka akan menghasilkan keuntungan berupa uang. Uang tersebut digunakan sebagai alat tukar untuk memenuhi kebutuhannya. Baik kebutuhan pokok, sekunder, maupun kebutuhan lainnya, ya... namun seperti yang mustahil jika manusia tidak membutuhkan apapun dalam hidupnya karena ia masih butuh hawa nafsu makan minum ataupun berinteraksi bahkan ia masih membutuhkan tidur,, secara sosialnya manusia termasuk makhluk sosial yang masih membutuhkan makhluk lainnya untuk bisa memenuhi kebutuhannya... mungkin ini


Iklan

Nanda R

Community

09 Juni 2024 01:18

Jawaban terverifikasi

Meskipun konsep ekonomi sering kali berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia, penting untuk diingat bahwa manusia memiliki beragam kebutuhan yang melampaui hanya kebutuhan fisik atau materi. Manusia juga memiliki kebutuhan psikologis, emosional, dan sosial yang penting untuk kesejahteraan dan kebahagiaan mereka. Pada dasarnya, ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara manusia mengelola sumber daya terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Bahkan jika seseorang merasa tidak membutuhkan apapun dalam hidup ini, mereka mungkin masih memiliki keinginan atau aspirasi yang ingin mereka capai. Selain itu, konsep kebutuhan dan keinginan bersifat relatif dan dapat berubah dari satu individu ke individu lainnya serta dari satu waktu ke waktu lainnya. Misalnya, seseorang mungkin merasa tidak membutuhkan barang-barang material tertentu pada satu titik dalam hidup mereka, namun keinginan dan prioritas mereka bisa berubah seiring waktu dan perubahan dalam keadaan hidup mereka. Dalam konteks ini, ekonomi juga mempertimbangkan konsep preferensi dan utilitas, yang mengacu pada nilai atau kepuasan yang diperoleh individu dari barang dan layanan yang mereka konsumsi. Oleh karena itu, bahkan jika seseorang merasa tidak membutuhkan apapun secara materi, mereka masih dapat mengalami utilitas atau kepuasan dari kegiatan, hubungan sosial, pencapaian pribadi, dan pengalaman lainnya. Dalam hal ini, ekonomi tetap relevan karena melibatkan studi tentang cara manusia membuat pilihan yang berhubungan dengan penggunaan sumber daya mereka, termasuk waktu, tenaga, dan uang, untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan mereka dalam konteks kebutuhan dan keinginan mereka yang beragam.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan