Astinindya M

11 Mei 2024 07:41

Iklan

Iklan

Astinindya M

11 Mei 2024 07:41

Pertanyaan

JENIS-JENIS PERLAWANAN RAKYAT INDONESIA TERHADAP PENDUDUKAN JEPANG 1. Cooperatif 2. Non Cooperatif 3. Angkat Senjata Sebutkan pengertian, tujuan, strategi, dan contoh dari ketiga di atas tersebut! materi sejarah kelas 11 kurikulum merdeka

JENIS-JENIS PERLAWANAN RAKYAT INDONESIA TERHADAP PENDUDUKAN JEPANG

1. Cooperatif
2. Non Cooperatif
3. Angkat Senjata

Sebutkan pengertian, tujuan, strategi, dan contoh dari ketiga di atas tersebut! materi sejarah kelas 11 kurikulum merdeka


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Mycookies M

12 Mei 2024 01:37

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;</p><p>Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis perlawanan rakyat Indonesia terhadap pendudukan Jepang:</p><p><strong>Cooperatif (Kerja Sama)</strong></p><ul><li><strong>Pengertian</strong>: Strategi ini melibatkan kerja sama dengan pihak Jepang, biasanya melalui organisasi-organisasi yang dibentuk oleh Jepang.</li><li><strong>Tujuan</strong>: Tujuan utama strategi ini adalah untuk memanfaatkan situasi dan kondisi di bawah pendudukan Jepang untuk kepentingan perjuangan kemerdekaan Indonesia.</li><li><strong>Strategi</strong>: Strategi ini melibatkan kerja sama dengan Jepang melalui organisasi-organisasi yang dibentuk oleh Jepang.</li><li><strong>Contoh</strong>: Salah satu contoh dari strategi ini adalah pembentukan BPUPKI oleh Jepang.</li></ul><p><strong>Non Cooperatif</strong></p><ul><li><strong>Pengertian</strong>: Strategi ini melibatkan penolakan untuk bekerja sama dengan pihak Jepang dan biasanya melibatkan gerakan-gerakan bawah tanah.</li><li><strong>Tujuan</strong>: Tujuan utama strategi ini adalah untuk menentang dan merusak kebijakan dan program Jepang.</li><li><strong>Strategi</strong>: Strategi ini melibatkan penolakan untuk bekerja sama dengan Jepang dan biasanya melibatkan gerakan-gerakan bawah tanah.</li><li><strong>Contoh</strong>: Salah satu contoh dari strategi ini adalah penolakan masyarakat Singaparna untuk mengikuti upacara Seikerei, upacara penghormatan kepada kaisar Jepang.</li></ul><p><strong>Angkat Senjata</strong></p><ul><li><strong>Pengertian</strong>: Strategi ini melibatkan penggunaan kekerasan fisik dan senjata untuk melawan penindasan Jepang.</li><li><strong>Tujuan</strong>: Tujuan utama strategi ini adalah untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui perlawanan bersenjata.</li><li><strong>Strategi</strong>: Strategi ini melibatkan penggunaan kekerasan fisik dan senjata untuk melawan penindasan Jepang.</li><li><strong>Contoh</strong>: Salah satu contoh dari strategi ini adalah perlawanan rakyat Aceh terhadap Jepang di Cot Plieng pada November 1942.</li></ul><p>Harap dicatat bahwa strategi-strategi ini tidak selalu eksklusif dan dapat digunakan secara bersamaan atau berurutan tergantung pada kondisi dan situasi tertentu.</p>

 

Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis perlawanan rakyat Indonesia terhadap pendudukan Jepang:

Cooperatif (Kerja Sama)

  • Pengertian: Strategi ini melibatkan kerja sama dengan pihak Jepang, biasanya melalui organisasi-organisasi yang dibentuk oleh Jepang.
  • Tujuan: Tujuan utama strategi ini adalah untuk memanfaatkan situasi dan kondisi di bawah pendudukan Jepang untuk kepentingan perjuangan kemerdekaan Indonesia.
  • Strategi: Strategi ini melibatkan kerja sama dengan Jepang melalui organisasi-organisasi yang dibentuk oleh Jepang.
  • Contoh: Salah satu contoh dari strategi ini adalah pembentukan BPUPKI oleh Jepang.

Non Cooperatif

  • Pengertian: Strategi ini melibatkan penolakan untuk bekerja sama dengan pihak Jepang dan biasanya melibatkan gerakan-gerakan bawah tanah.
  • Tujuan: Tujuan utama strategi ini adalah untuk menentang dan merusak kebijakan dan program Jepang.
  • Strategi: Strategi ini melibatkan penolakan untuk bekerja sama dengan Jepang dan biasanya melibatkan gerakan-gerakan bawah tanah.
  • Contoh: Salah satu contoh dari strategi ini adalah penolakan masyarakat Singaparna untuk mengikuti upacara Seikerei, upacara penghormatan kepada kaisar Jepang.

Angkat Senjata

  • Pengertian: Strategi ini melibatkan penggunaan kekerasan fisik dan senjata untuk melawan penindasan Jepang.
  • Tujuan: Tujuan utama strategi ini adalah untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui perlawanan bersenjata.
  • Strategi: Strategi ini melibatkan penggunaan kekerasan fisik dan senjata untuk melawan penindasan Jepang.
  • Contoh: Salah satu contoh dari strategi ini adalah perlawanan rakyat Aceh terhadap Jepang di Cot Plieng pada November 1942.

Harap dicatat bahwa strategi-strategi ini tidak selalu eksklusif dan dapat digunakan secara bersamaan atau berurutan tergantung pada kondisi dan situasi tertentu.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Mei 2024 00:50

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis perlawanan rakyat Indonesia terhadap pendudukan Jepang:</p><p><strong>Perlawanan Cooperatif</strong>:</p><ul><li><strong>Pengertian</strong>: Perlawanan yang dilakukan dengan cara bekerja sama atau berkolaborasi dengan pemerintah Jepang secara diam-diam untuk mencapai tujuan tertentu.</li><li><strong>Tujuan</strong>: Memanfaatkan kesempatan dan kebijakan Jepang untuk kepentingan nasional Indonesia, seperti melindungi kebudayaan lokal atau memperoleh posisi penting di dalam pemerintahan.</li><li><strong>Strategi</strong>: Menggunakan diplomasi dan negosiasi dengan pemerintah Jepang, serta menyusup ke dalam sistem administrasi pendudukan untuk memengaruhi kebijakan yang diambil.</li><li><strong>Contoh</strong>: Bekerjasama dengan Jepang dalam mengelola sistem pendidikan, menyelenggarakan kegiatan budaya dengan izin pemerintah Jepang, atau mengambil bagian dalam pemerintahan kolaboratif.</li></ul><p><strong>Perlawanan Non-Cooperatif</strong>:</p><ul><li><strong>Pengertian</strong>: Perlawanan yang dilakukan dengan menolak bekerja sama dengan pemerintah pendudukan Jepang dan menentang kebijakan-kebijakan yang merugikan rakyat.</li><li><strong>Tujuan</strong>: Mempertahankan kedaulatan dan martabat bangsa Indonesia, serta melawan penindasan dan eksploitasi yang dilakukan oleh pemerintah Jepang.</li><li><strong>Strategi</strong>: Melakukan aksi protes, mogok kerja, boikot terhadap produk-produk Jepang, sabotase terhadap infrastruktur Jepang, dan mengorganisir gerakan bawah tanah untuk mengganggu kestabilan pemerintahan pendudukan.</li><li><strong>Contoh</strong>: Demonstrasi besar-besaran menentang kebijakan Jepang seperti penyerahan diri rakyat Indonesia untuk kerja paksa, pemogokan kerja di pabrik-pabrik Jepang, serta aksi sabotase terhadap jalur kereta api dan fasilitas militer Jepang.</li></ul><p><strong>Perlawanan Angkat Senjata</strong>:</p><ul><li><strong>Pengertian</strong>: Perlawanan bersenjata yang dilakukan oleh gerilyawan atau pejuang kemerdekaan untuk mengusir pendudukan Jepang dari tanah air.</li><li><strong>Tujuan</strong>: Merebut kembali kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia dari penjajah Jepang, serta mempersiapkan diri untuk menghadapi perjuangan merebut kemerdekaan dari penjajah lainnya setelah Jepang.</li><li><strong>Strategi</strong>: Melakukan serangan gerilya terhadap pasukan Jepang dan kolaboratornya, melakukan sabotase terhadap fasilitas militer dan komunikasi Jepang, serta mengorganisir gerilya dan pasukan pejuang untuk bertempur secara terorganisir.</li><li><strong>Contoh</strong>: Perlawanan bersenjata di pedalaman pulau-pulau seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan, serta berbagai serangan gerilya terhadap pasukan Jepang dan fasilitas pendudukan mereka.</li></ul>

Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis perlawanan rakyat Indonesia terhadap pendudukan Jepang:

Perlawanan Cooperatif:

  • Pengertian: Perlawanan yang dilakukan dengan cara bekerja sama atau berkolaborasi dengan pemerintah Jepang secara diam-diam untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Tujuan: Memanfaatkan kesempatan dan kebijakan Jepang untuk kepentingan nasional Indonesia, seperti melindungi kebudayaan lokal atau memperoleh posisi penting di dalam pemerintahan.
  • Strategi: Menggunakan diplomasi dan negosiasi dengan pemerintah Jepang, serta menyusup ke dalam sistem administrasi pendudukan untuk memengaruhi kebijakan yang diambil.
  • Contoh: Bekerjasama dengan Jepang dalam mengelola sistem pendidikan, menyelenggarakan kegiatan budaya dengan izin pemerintah Jepang, atau mengambil bagian dalam pemerintahan kolaboratif.

Perlawanan Non-Cooperatif:

  • Pengertian: Perlawanan yang dilakukan dengan menolak bekerja sama dengan pemerintah pendudukan Jepang dan menentang kebijakan-kebijakan yang merugikan rakyat.
  • Tujuan: Mempertahankan kedaulatan dan martabat bangsa Indonesia, serta melawan penindasan dan eksploitasi yang dilakukan oleh pemerintah Jepang.
  • Strategi: Melakukan aksi protes, mogok kerja, boikot terhadap produk-produk Jepang, sabotase terhadap infrastruktur Jepang, dan mengorganisir gerakan bawah tanah untuk mengganggu kestabilan pemerintahan pendudukan.
  • Contoh: Demonstrasi besar-besaran menentang kebijakan Jepang seperti penyerahan diri rakyat Indonesia untuk kerja paksa, pemogokan kerja di pabrik-pabrik Jepang, serta aksi sabotase terhadap jalur kereta api dan fasilitas militer Jepang.

Perlawanan Angkat Senjata:

  • Pengertian: Perlawanan bersenjata yang dilakukan oleh gerilyawan atau pejuang kemerdekaan untuk mengusir pendudukan Jepang dari tanah air.
  • Tujuan: Merebut kembali kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia dari penjajah Jepang, serta mempersiapkan diri untuk menghadapi perjuangan merebut kemerdekaan dari penjajah lainnya setelah Jepang.
  • Strategi: Melakukan serangan gerilya terhadap pasukan Jepang dan kolaboratornya, melakukan sabotase terhadap fasilitas militer dan komunikasi Jepang, serta mengorganisir gerilya dan pasukan pejuang untuk bertempur secara terorganisir.
  • Contoh: Perlawanan bersenjata di pedalaman pulau-pulau seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan, serta berbagai serangan gerilya terhadap pasukan Jepang dan fasilitas pendudukan mereka.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Setelah Perang Dunia I dan Perang Dunia II Masyarakat dunia tidak ingin terlibat peperangan. Hindari cara kekerasan dalam menyelesaikan konflik. Tujuan dari pernyataan di atas dalam eduksasi... a. Pendidikan karakter b. Pendidikan cinta damai c. Pendidikan Pancasila d. Pendidikan nasionalis e. Pendidikan kebangsaan Yang menjadi perbedaan utama antara sistem politik Jepang dan Belandaselama masa penjajahan di Indonesia? A. Jepang memberikan lebih banyak kebebasan politik kepada rakyat Indonesia B. Jepang menerapkan sistem pemerintahan absolut tanpa keterlibatan rakyat C. Belanda memberikan lebih banyak otonomi politik kepada Indonesia D. Belanda melarang pembentukan partai politik di Indonesia E. Jepang menganut sistem pemerintahan monarki di Indonesia

8

0.0

Jawaban terverifikasi