Lavenn L

26 Mei 2024 10:34

Iklan

Iklan

Lavenn L

26 Mei 2024 10:34

Pertanyaan

Jenderal Sudirman lahir pada 24 Januari 1916 di Bodas Karangjati, Purbalingga, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Karsid Kartawiradji adalah seorang pekerja di Pabrik Gula Kalibagor, Banyumas. Ibunya Siyem adalah keturunan Wedana Rembang. Sejak umur 8 bulan Sudirman diangkat menjadi anak oleh Toeridowati dan Raden Tjokrosoenaryo. Raden Tjokrosoenaryo adalah seorang Asisten Wedana Rembang yang masih saudara dari ibunya. Sudirman seorang anak yang pandai dan sangat menyukai organisasi. Ia mendapatkan pendidikan formal di sekolah Taman Siswa. Ia melanjutkan ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Surakarta, tetapi tidak sampai tamat hanya 1 tahun bersekolah. Pada saat itu, Sudirman giat berorganisasi Pramuka Hizbul Wathan. Sudirman juga pernah mengikuti pendidikan tentara PETA (Pembela Tanah Air) di Bogor. Selanjutnya, Sudirman mengajar di sekolah HIS Muhammadiyah di cilacap. 16. Sikap yang dapat diteladan dari tokoh Sudirman adalah a. Sudirman seorang anak yang pandai dan giat berorganisasi. b. Sudirman mengikuti pendidikan tentara PETA. c. Sudirman bersekolah di Taman Siswa. d. Sudirman merupakan keturunan Wedana Rembang. e. Sudirman diangkat menjadi anak oleh asisten Wedana Rembang.


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Celine G

26 Mei 2024 10:48

Jawaban terverifikasi

<p>Teladan dapat diartikan sebagai hal atau sesuatu (perbuatan, perilaku, sifat dan lain sebagainya) yang baik ditiru atau baik untuk dicontoh”. Oleh karena itu, secara simplitis keteladanan dapat diartikan sebagai meniru atau mencontoh, yakni tentang perbuatan, kelakuan, sifat, dan sebagainya.</p><p>Sehingga jawaban yang paling tepat adalah <strong>A. Sudirman seorang anak yang pandai dan giat berorganisasi</strong></p><p>Hal ini dikarenakan, dalam kalimat tersebut mengandung sifat atau karakter dari Sudirman sendiri, sedangkan dari pilihan yang lain, cenderung berisi tentang pendidikan dan dinasti rumpun Sudirman.</p>

Teladan dapat diartikan sebagai hal atau sesuatu (perbuatan, perilaku, sifat dan lain sebagainya) yang baik ditiru atau baik untuk dicontoh”. Oleh karena itu, secara simplitis keteladanan dapat diartikan sebagai meniru atau mencontoh, yakni tentang perbuatan, kelakuan, sifat, dan sebagainya.

Sehingga jawaban yang paling tepat adalah A. Sudirman seorang anak yang pandai dan giat berorganisasi

Hal ini dikarenakan, dalam kalimat tersebut mengandung sifat atau karakter dari Sudirman sendiri, sedangkan dari pilihan yang lain, cenderung berisi tentang pendidikan dan dinasti rumpun Sudirman.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

26 Mei 2024 10:48

Jawaban terverifikasi

Jawaban : d. Sudirman seorang anak yang pandai dan giat berorganisasi. Teks biografi adalah teks yang berisi tentang kisah atau cerita perjalanan hidup tokoh. Teks ini bisa menceritakan seputar kelebihan, kekurangan dan masalah dalam kehidupan tokoh. Teks biografi bertujuan untuk menceritakan kisah hidup seseorang yang bisa menjadi teladan orang banyak. Pada teks biografi, untuk menemukan karakter unggul tokoh dapat dilakukan dengan cara membaca secara keseluruhan isi teks biografi serta menentukan karakter unggul tokoh berdasarkan pola penyajiannya. Tercatat, ada dua pola penyajian karakter unggul. Pertama Pola penyajian karakter unggul secara langsung yang memungkinkan pembaca tidak perlu membaca secara utuh teks tersebut dan tidak perlu menganalisisnya. Kedua ada Pola penyajian karakter unggul secara deskriptif yang menjelaskan karakter tokoh secara deskriptif dalam teks. Berdasarkan pemaparan diatas, karakter unggul tokoh Sudirman adalah Sudirman seorang anak yang pandai dan sangat menyukai organisasi. Hal ini terdapat dalam paragraf kedua pada kutipan kalimat "Sudirman seorang anak yang pandai dan sangat menyukai organisasi." Jadi, jawaban yang tepat adalah d. Sudirman seorang anak yang pandai dan giat berorganisasi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jenderal Sudirman lahir pada 24 Januari 1916 di Bodas Karangjati, Purbalingga, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Karsid Kartawiradji adalah seorang pekerja di Pabrik Gula Kalibagor, Banyumas. Ibunya Siyem adalah keturunan Wedana Rembang. Sejak umur 8 bulan Sudirman diangkat menjadi anak oleh Toeridowati dan Raden Tjokrosoenaryo. Raden Tjokrosoenaryo adalah seorang Asisten Wedana Rembang yang masih saudara dari ibunya. Sudirman seorang anak yang pandai dan sangat menyukai organisasi. Ia mendapatkan pendidikan formal di sekolah Taman Siswa. Ia melanjutkan ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Surakarta, tetapi tidak sampai tamat hanya 1 tahun bersekolah. Pada saat itu, Sudirman giat berorganisasi Pramuka Hizbul Wathan. Sudirman juga pernah mengikuti pendidikan tentara PETA (Pembela Tanah Air) di Bogor. Selanjutnya, Sudirman mengajar di sekolah HIS Muhammadiyah di Cilacap. Penggunaan konjungsi subordinatif dalam teks biografi tersebut adalah. a. Ia mendapatkan pendidikan formal di Sekolah Taman Siswa. b. Sudirman seorang anak yang pandai dan sangat menyukai organisasi. c. Selanjutnya, Sudirman mengajar di sekolah HIS Muhammadiyah di Cilacap. d. Sejak umur 8 bulan Sudirman diangkat menjadi anak oleh Toeridowati dan Raden Tjokrosoenaryo. e. Ia melanjutkan ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Surakarta, tetapi tidak sampai tamat hanya 1 tahun bersekolah.

30

5.0

Jawaban terverifikasi

Ali Audah lahir pada 14 Juli 1924 di Bondowos Jawa derita. Ayahnya meningga Jawa Timur. Sejak kecil, ia terbiasa hidu berumur tujuh tahun. Ali hanya menikma pendidikan formal sampai kelas dua sekola dasar. Meskipun demikian, ia mempunya kemauan belajar yang sangat tinggi. Ali mencoba belajar sendiri atau bersama teman-teman sepermainannya. Ia belajar menulis dengan mencoret-coret tanah sambil bermain gundu. Ia juga belajar membaca dan koran bekas pembungkus kue, majalah bekas serta buku-buku pelajaran dan bacaan anak- anak milik teman sepermainannya. Setelah dewasa, barulah Ali berkesempatan mengikuti kursus. Ali Audah menguasai sejumlah bahasa asing, seperti Arab, Inggris, Prancis, Jerman, dan Belanda. Berkat perkenalannya dengan Moh. Dimyati seorang wartawan dan sastrawan, Ali mendapat dorongan untuk belajar menulis. Tidal disangka, Ali ternyata berbakat di bidang itu bidang pendidikan. Sejak tahun 1952 Ali mulai bekerja sebaga wartawan lepas di berbagai harian. Ali beker sebagai penerjemah. Kemudian Ali bekerja di bidang pendidikan. Semangat kemauan belajar Ali yang cukup tinggi dan bakat yang dimiliki Ali dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita semua. Keterbatasan kemampuan untuk bersekolah tidak menghalangi Ali untuk tetap bisa belajar membaca dan menulis. Semoga kita semua dapat meniru semangat Ali Audah. Penggunaan adjektiva berdasarkan teks biografi tersebut terdapat pada kalimat.. A. Ali sudah lahir pada 14 Juli 1924 di Bondowoso, Jawa Timur. b. Sejak kecil, ia terbiasa hidup menderita. C. Ibunya meninggal ketika ia berumur tujuh tahun. d. Ali hanya menikmati pendidikan formal sampai kelas dua sekolah dasar. E. Meskipun demikian, ia mempunyai kemauan belajar yang sangat tinggi

24

5.0

Jawaban terverifikasi