Lavenn L

26 Mei 2024 10:27

Iklan

Iklan

Lavenn L

26 Mei 2024 10:27

Pertanyaan

Ali Audah lahir pada 14 Juli 1924 di Bondowos Jawa derita. Ayahnya meningga Jawa Timur. Sejak kecil, ia terbiasa hidu berumur tujuh tahun. Ali hanya menikma pendidikan formal sampai kelas dua sekola dasar. Meskipun demikian, ia mempunya kemauan belajar yang sangat tinggi. Ali mencoba belajar sendiri atau bersama teman-teman sepermainannya. Ia belajar menulis dengan mencoret-coret tanah sambil bermain gundu. Ia juga belajar membaca dan koran bekas pembungkus kue, majalah bekas serta buku-buku pelajaran dan bacaan anak- anak milik teman sepermainannya. Setelah dewasa, barulah Ali berkesempatan mengikuti kursus. Ali Audah menguasai sejumlah bahasa asing, seperti Arab, Inggris, Prancis, Jerman, dan Belanda. Berkat perkenalannya dengan Moh. Dimyati seorang wartawan dan sastrawan, Ali mendapat dorongan untuk belajar menulis. Tidal disangka, Ali ternyata berbakat di bidang itu bidang pendidikan. Sejak tahun 1952 Ali mulai bekerja sebaga wartawan lepas di berbagai harian. Ali beker sebagai penerjemah. Kemudian Ali bekerja di bidang pendidikan. Semangat kemauan belajar Ali yang cukup tinggi dan bakat yang dimiliki Ali dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita semua. Keterbatasan kemampuan untuk bersekolah tidak menghalangi Ali untuk tetap bisa belajar membaca dan menulis. Semoga kita semua dapat meniru semangat Ali Audah. Penggunaan adjektiva berdasarkan teks biografi tersebut terdapat pada kalimat.. A. Ali sudah lahir pada 14 Juli 1924 di Bondowoso, Jawa Timur. b. Sejak kecil, ia terbiasa hidup menderita. C. Ibunya meninggal ketika ia berumur tujuh tahun. d. Ali hanya menikmati pendidikan formal sampai kelas dua sekolah dasar. E. Meskipun demikian, ia mempunyai kemauan belajar yang sangat tinggi


24

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Celine G

26 Mei 2024 10:43

Jawaban terverifikasi

<p>Adjektiva atau kata sifat adalah kelas kata yang mengubah nomina atau pronomina, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Kata sifat dapat menerangkan kuantitas, kecukupan, urutan, kualitas, maupun penekanan suatu kata. Adjektiva digunakan untuk memberikan keterangan atau menjelaskan sifat atau keadaan.</p><p>Kata adjektiva banyak digunakan dalam teks biografi untuk memberikan informasi tentang sifat-sifat tokoh secara detail, seperti untuk mendeskripsikan bagaimana sifat dan karakter dari tokoh biografi yang dijelaskan.</p><p>Ciri-ciri</p><ol><li>Dapat ditambahkan dengan kata keterangan pembanding (bahasa Inggris: <i>comparative</i>); lebih, paling</li><li>Dapat ditambahkan dengan kata keterangan penguat; sangat, amat</li><li>Dapat diingkari dengan kata "tidak"; tidak buruk</li><li>Dapat diulang; serapi-rapinya</li><li>Pada kata tertentu dapat memiliki akhiran; -er, -wi, -iah, -if, -al, -ik</li></ol><p>Berdasarkan maknanya, kata adjektiva dibedakan menjadi dua jenis yaitu kata bertaraf dan kata tidak bertaraf.&nbsp;</p><ul><li>Kata sifat bertaraf menyatakan kualitas, contohnya: rapi, lama, dekat, panjang, manis, sedih, senang, putih, merah</li><li>Kata sifat tak bertaraf menyatakan keanggotaan dalam suatu golongan. Contoh: abadi.&nbsp;</li></ul><p>Berdasarkan fungsinya dalam kalimat, kata adjektiva dibedakan menjadi 3, yaitu atributif, predikatif, dan predikatif inversi.</p><ul><li>Atributif sebagai pelengkap atau penjelas subjek atau objek dalam sebuah kalimat.&nbsp;</li><li>Predikatif sebagai predikat dalam sebuah kalimat.&nbsp;</li><li>Inversi berfungsi sebagai predikat yang letaknya di awal kalimat.&nbsp;</li></ul><p>Berdasarkan bentuknya, kata adjektiva dibedakan menjadi dua yaitu kata dasar dan kata turunan.&nbsp;</p><ul><li>Kata dasar merupakan kata sifat asli yang tidak mengalami imbuhan. Contoh: banyak, tinggi, lama.</li><li>Sedangkan kata turunan merupakan kata sifat yang sudah mengalami proses penambahan imbuhan, pengulangan, dan pemajemukan. Contoh: sebenarnya, terbaik, sekurang-kurangnya.&nbsp;</li></ul><p><strong>Jadi, jawaban yang paling tepat adalah E. Meskipun demikian, ia mempunyai kemauan belajar yang tinggi (dikarenakan ada kata "tinggi")</strong></p>

Adjektiva atau kata sifat adalah kelas kata yang mengubah nomina atau pronomina, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Kata sifat dapat menerangkan kuantitas, kecukupan, urutan, kualitas, maupun penekanan suatu kata. Adjektiva digunakan untuk memberikan keterangan atau menjelaskan sifat atau keadaan.

Kata adjektiva banyak digunakan dalam teks biografi untuk memberikan informasi tentang sifat-sifat tokoh secara detail, seperti untuk mendeskripsikan bagaimana sifat dan karakter dari tokoh biografi yang dijelaskan.

Ciri-ciri

  1. Dapat ditambahkan dengan kata keterangan pembanding (bahasa Inggris: comparative); lebih, paling
  2. Dapat ditambahkan dengan kata keterangan penguat; sangat, amat
  3. Dapat diingkari dengan kata "tidak"; tidak buruk
  4. Dapat diulang; serapi-rapinya
  5. Pada kata tertentu dapat memiliki akhiran; -er, -wi, -iah, -if, -al, -ik

Berdasarkan maknanya, kata adjektiva dibedakan menjadi dua jenis yaitu kata bertaraf dan kata tidak bertaraf. 

  • Kata sifat bertaraf menyatakan kualitas, contohnya: rapi, lama, dekat, panjang, manis, sedih, senang, putih, merah
  • Kata sifat tak bertaraf menyatakan keanggotaan dalam suatu golongan. Contoh: abadi. 

Berdasarkan fungsinya dalam kalimat, kata adjektiva dibedakan menjadi 3, yaitu atributif, predikatif, dan predikatif inversi.

  • Atributif sebagai pelengkap atau penjelas subjek atau objek dalam sebuah kalimat. 
  • Predikatif sebagai predikat dalam sebuah kalimat. 
  • Inversi berfungsi sebagai predikat yang letaknya di awal kalimat. 

Berdasarkan bentuknya, kata adjektiva dibedakan menjadi dua yaitu kata dasar dan kata turunan. 

  • Kata dasar merupakan kata sifat asli yang tidak mengalami imbuhan. Contoh: banyak, tinggi, lama.
  • Sedangkan kata turunan merupakan kata sifat yang sudah mengalami proses penambahan imbuhan, pengulangan, dan pemajemukan. Contoh: sebenarnya, terbaik, sekurang-kurangnya. 

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah E. Meskipun demikian, ia mempunyai kemauan belajar yang tinggi (dikarenakan ada kata "tinggi")


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

26 Mei 2024 10:46

Jawaban terverifikasi

Adjektiva adalah kata sifat yang digunakan untuk memberikan keterangan lebih lanjut tentang sifat atau keadaan suatu benda, orang, atau hal. Dalam teks biografi tersebut, adjektiva digunakan untuk menggambarkan sifat atau keadaan dari tokoh atau hal yang sedang dibicarakan. Berikut penjelasan mengenai penggunaan adjektiva di kalimat-kalimat yang diberikan dalam pilihan: A. **"Ali sudah lahir pada 14 Juli 1924 di Bondowoso, Jawa Timur."** - Kalimat ini tidak mengandung adjektiva. Kalimat ini hanya menyatakan fakta tentang tanggal dan tempat lahir Ali Audah. B. **"Sejak kecil, ia terbiasa hidup menderita."** - Kalimat ini mengandung adjektiva "menderita," yang menggambarkan keadaan hidup Ali saat kecil. "Menderita" adalah kata sifat yang memberikan informasi tentang kualitas atau kondisi hidup yang dialami oleh Ali. C. **"Ibunya meninggal ketika ia berumur tujuh tahun."** - Kalimat ini tidak mengandung adjektiva. Kalimat ini hanya menyatakan fakta tentang peristiwa yang terjadi pada umur tertentu Ali. D. **"Ali hanya menikmati pendidikan formal sampai kelas dua sekolah dasar."** - Kalimat ini tidak mengandung adjektiva. Kalimat ini menyatakan fakta mengenai tingkat pendidikan formal yang dinikmati oleh Ali. E. **"Meskipun demikian, ia mempunyai kemauan belajar yang sangat tinggi."** - Kalimat ini mengandung adjektiva "tinggi," yang digunakan untuk menggambarkan seberapa besar kemauan belajar Ali. "Tinggi" di sini memberikan informasi lebih lanjut tentang intensitas atau derajat kemauan belajar yang dimiliki oleh Ali. **Kesimpulan:** Jawaban yang benar untuk penggunaan adjektiva berdasarkan teks biografi tersebut adalah: **E. Meskipun demikian, ia mempunyai kemauan belajar yang sangat tinggi.** Penjelasannya adalah karena kalimat tersebut menggunakan kata sifat "tinggi" untuk memberikan keterangan lebih lanjut tentang kemauan belajar Ali.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jenderal Sudirman lahir pada 24 Januari 1916 di Bodas Karangjati, Purbalingga, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Karsid Kartawiradji adalah seorang pekerja di Pabrik Gula Kalibagor, Banyumas. Ibunya Siyem adalah keturunan Wedana Rembang. Sejak umur 8 bulan Sudirman diangkat menjadi anak oleh Toeridowati dan Raden Tjokrosoenaryo. Raden Tjokrosoenaryo adalah seorang Asisten Wedana Rembang yang masih saudara dari ibunya. Sudirman seorang anak yang pandai dan sangat menyukai organisasi. Ia mendapatkan pendidikan formal di sekolah Taman Siswa. Ia melanjutkan ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Surakarta, tetapi tidak sampai tamat hanya 1 tahun bersekolah. Pada saat itu, Sudirman giat berorganisasi Pramuka Hizbul Wathan. Sudirman juga pernah mengikuti pendidikan tentara PETA (Pembela Tanah Air) di Bogor. Selanjutnya, Sudirman mengajar di sekolah HIS Muhammadiyah di Cilacap. Penggunaan konjungsi subordinatif dalam teks biografi tersebut adalah. a. Ia mendapatkan pendidikan formal di Sekolah Taman Siswa. b. Sudirman seorang anak yang pandai dan sangat menyukai organisasi. c. Selanjutnya, Sudirman mengajar di sekolah HIS Muhammadiyah di Cilacap. d. Sejak umur 8 bulan Sudirman diangkat menjadi anak oleh Toeridowati dan Raden Tjokrosoenaryo. e. Ia melanjutkan ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Surakarta, tetapi tidak sampai tamat hanya 1 tahun bersekolah.

30

5.0

Jawaban terverifikasi

1. Jong Minahasa merupakan organisasi kepemudaan yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Organisasi ini bergerak dibidang a. politik dan pendidikan b. agama dan politik c. kesenian, olahraga, dan budaya d. politik, pendidikan, dan agama 2.Salah satu nilai perjuangan 1945 yang harus dihayati dan dilaksanakan oleh generasi muda adalah...... a. suka berdiskusi b. anti pada orang asing c. rela berkorban d. mempertahankan diri 3. Upaya nyata pembelaan negara bagi para pemuda Indonesia adalah.... a. memperingati sumpah pemuda b. membantu orang tua c. mempertahankan kemerdekaan d. mendirikan organisasi pemuda 4. Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah... a. membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri b. terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela tanah air c. melakukan demonstrasi kepada petinggi negara d. menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri 5.Dalam rangka untuk pembelaan negara, setiap warga negara memenuhi syarat- syarat tertentu dan dilarang untuk a. mengutamakan kepentingan pribadi dengan mengorbankan negara b. menggunakan hak pribadi dalam menentukan pemilihan pekerjaan c. menolak mobilisasi pada saat negara mendapat ancaman musuh d. memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan 6.Equality before the law mengandung makna a. hukum yang lebih rendah harus mengacu pada hukum yang lebih tinggi b. setiap warga negara memiliki persamaan kedudukan di depan hukum c. hukum menjunjung tinggi adanya perbedaan pendapat d. setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada hukum yang berlaku 7. Tindakan bela negara yang bisa dilakukan di lingkungan negara adalah a. patuh terhadap nasihat orang tua b. menjadi anggota militer c. mengajak teman mengikuti kegiatan ekstrakurikuler d. menjaga lingkungan sekitar 8.Soetomo seorang tokoh yang penuh dedikasi, berjuang demi bangsa dan negara dengan cara yang damai dan modern. Cara yang dipakai tidak lagi melalui perjuangan fisik. Perjuangannya diubah dari yang sifatnya lokal kedaerahan menjadi terorganisasi. Dikemudian hari terbukti cukup ampuh bahwa dengan kesadaran rasa kebersamaan sebagai satu bangsa, pergerakan kebangsaan ini dapat berhasil. Peran Soetomo dalam membangun semangat dan komitmen kebangsaan adalah a. mengembangkan sifat kesukuan b. mengambangkan sifat individualisme c. mengutamakan kepentingan golongan d. mengutamakan persatuan dan kesatuan 9.Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam rangka bela negara dan bangsa. Hal ini adalah pandangan Indonesia sebagai satu kesatuan a. wilayah b. politik c. pertahanan dan keamanan d. kesatuan ekonomi 10.Menjaga nama baik bangsa dan negara merupakan perwujudan pembelaan bang- sa dan negara yang dapat kita lihat dalam tindakan a. selalu menggunakan produk luar negeri b. selalu mengadakan wisata ke luar negeri c. berkompetisi di bidang olahraga d. mau menjadi warga negara asing 11. Wujud partisipasi siswa dalam usaha bela negara dapat dilakukan melalui a. Milsuk, Wamil, dan Organisasi Pertahanan Wilayah b. Satpam, Satgas, dan Milsuk c. Hansip, Satpam, dan preman d. PMR, PMI dan Tim SAR 12.Salah satu hal yang menjadi alasan demografis tentang pentingnya usaha pembelaan negara adalah.... a. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia b. Indonesia terletak pada posisi silang dunia c. wilayah Indonesia sangat strategis d. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah 13. Alasan historis pentingnya usaha pembelaan negara seperti berikut, kecuali .... a. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia b. Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing lebih kurang tiga setengah abad lamanya c. kemerdekaan Indonesia berkat kegigihan perjuangan seluruh rakyatnya d. sejak dahulu banyak negara yang ingin menguasai Indonesia 14. Ancaman terhadap keutuhan Negara Ke- satuan Republik Indonesia yang berasal dari luar negeri seperti berikut, kecuali a. agresi berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara b. pemberontakan bersenjata c. aksi teror bersenjata yang dilakukan oleh teroris internasional d. disintegrasi bangsa, melalui gerakan- gerakan separatis 15.Nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila, Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan UUD 1945 merupakan nilai dasar dari jiwa dan semangat 45. Nilai-nilai 45 lahir dan berkembang dalam perjuangan bangsa Indonesia dan merupakan daya dorong mental spiritual yang kuat untuk mencapai kemerdekaan adalah a. nasionalisme b. chauvinisme c. mudah menyerah d. diskriminasi 16.Generasi muda adalah generasi penerus enbangsa yang memiliki semangat, penuh rasa ingin tahu dan senantiasa menggebu- gebu untuk berjuang karena kelak. melanjutkan cita-cita bangsanya. Namun, semangat generasi muda juga dapat luntur dan hancur. Salah satu faktor penyebab lunturnya semangat kebangsaan generasi muda adalah a. munculnya rasa iri sebagian masyarakat terhadap para publik figur b. kurangnya keteladanan dari para pejabat negara di masyarakat c. tingginya semangat untuk memperlihatkan kekayaan pribadi d. rendahnya kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya

3

0.0

Jawaban terverifikasi