Shakila M

31 Januari 2024 04:55

Iklan

Iklan

Shakila M

31 Januari 2024 04:55

Pertanyaan

Jelaskan penyebab kekalahan Vietnam Selatan pada Perang Indocina ke-2!


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 06:46

Jawaban terverifikasi

<p>Perang Indocina Kedua, atau yang sering disebut Perang Vietnam, adalah konflik yang berlangsung antara Vietnam Utara yang didukung oleh Tentara Nasional Vietnam (Viet Cong) dan Vietnam Selatan yang didukung oleh Amerika Serikat serta sekutu-sekutunya. Kekalahan Vietnam Selatan pada Perang Indocina Kedua memiliki beberapa penyebab utama:</p><p><strong>Pergolakan Politik dan Korupsi:</strong></p><ul><li>Pemerintahan Vietnam Selatan dipenuhi dengan korupsi, otoriter, dan tidak stabil secara politik. Ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintahan yang otoriter dan korup mendorong banyak orang untuk mendukung gerakan komu-nis di Vietnam Selatan.</li></ul><p><strong>Kurangnya Dukungan Rakyat:</strong></p><ul><li>Meskipun ada upaya untuk menerapkan reformasi dan program pembangunan di Vietnam Selatan, banyak rakyat yang masih merasa terpinggirkan dan tidak puas dengan kebijakan pemerintah yang diskriminatif terhadap golongan etnis dan agama tertentu. Hal ini mengakibatkan kurangnya dukungan rakyat terhadap pemerintahan Vietnam Selatan.</li></ul><p><strong>Korupsi dan Inefisiensi Militer:</strong></p><ul><li>Angkatan Bersenjata Vietnam Selatan mengalami masalah serius terkait korupsi, inefisiensi, dan kurangnya motivasi. Korupsi merajalela di kalangan perwira tinggi dan rendah, yang mempengaruhi moral dan disiplin militer.</li></ul><p><strong>Pertempuran dan Strategi Militer yang Buruk:</strong></p><ul><li>Militer Vietnam Selatan tidak mampu mengatasi strategi perang gerilya yang dilakukan oleh Viet Cong dan Vietnam Utara. Kekurangan taktik dan strategi yang efektif dalam pertempuran dan kurangnya koordinasi antara pasukan menyebabkan kekalahan militer secara bertahap.</li></ul><p><strong>Ketergantungan pada Dukungan Asing:</strong></p><ul><li>Pemerintah Vietnam Selatan sangat bergantung pada dukungan militer dan keuangan dari Amerika Serikat. Namun, dukungan ini tidak cukup untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi di medan perang.</li></ul><p><strong>Pelepasan Dukungan Internasional:</strong></p><ul><li>Ketika dukungan internasional terhadap perang Vietnam Selatan semakin menurun, baik dalam hal dukungan politik maupun dukungan militer, Vietnam Selatan kehilangan dukungan strategis yang diperlukan untuk bertahan dalam perang.</li></ul>

Perang Indocina Kedua, atau yang sering disebut Perang Vietnam, adalah konflik yang berlangsung antara Vietnam Utara yang didukung oleh Tentara Nasional Vietnam (Viet Cong) dan Vietnam Selatan yang didukung oleh Amerika Serikat serta sekutu-sekutunya. Kekalahan Vietnam Selatan pada Perang Indocina Kedua memiliki beberapa penyebab utama:

Pergolakan Politik dan Korupsi:

  • Pemerintahan Vietnam Selatan dipenuhi dengan korupsi, otoriter, dan tidak stabil secara politik. Ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintahan yang otoriter dan korup mendorong banyak orang untuk mendukung gerakan komu-nis di Vietnam Selatan.

Kurangnya Dukungan Rakyat:

  • Meskipun ada upaya untuk menerapkan reformasi dan program pembangunan di Vietnam Selatan, banyak rakyat yang masih merasa terpinggirkan dan tidak puas dengan kebijakan pemerintah yang diskriminatif terhadap golongan etnis dan agama tertentu. Hal ini mengakibatkan kurangnya dukungan rakyat terhadap pemerintahan Vietnam Selatan.

Korupsi dan Inefisiensi Militer:

  • Angkatan Bersenjata Vietnam Selatan mengalami masalah serius terkait korupsi, inefisiensi, dan kurangnya motivasi. Korupsi merajalela di kalangan perwira tinggi dan rendah, yang mempengaruhi moral dan disiplin militer.

Pertempuran dan Strategi Militer yang Buruk:

  • Militer Vietnam Selatan tidak mampu mengatasi strategi perang gerilya yang dilakukan oleh Viet Cong dan Vietnam Utara. Kekurangan taktik dan strategi yang efektif dalam pertempuran dan kurangnya koordinasi antara pasukan menyebabkan kekalahan militer secara bertahap.

Ketergantungan pada Dukungan Asing:

  • Pemerintah Vietnam Selatan sangat bergantung pada dukungan militer dan keuangan dari Amerika Serikat. Namun, dukungan ini tidak cukup untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi di medan perang.

Pelepasan Dukungan Internasional:

  • Ketika dukungan internasional terhadap perang Vietnam Selatan semakin menurun, baik dalam hal dukungan politik maupun dukungan militer, Vietnam Selatan kehilangan dukungan strategis yang diperlukan untuk bertahan dalam perang.

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

16 Februari 2024 12:53

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan kamu berkaitan dengan penyebab kekalahan Vietnam Selatan pada Perang Indocina ke-2. Penjelasan: 1. Salah satu penyebab kekalahan Vietnam Selatan adalah kurangnya dukungan dan legitimasi pemerintahannya di kalangan rakyat. Banyak rakyat Vietnam Selatan yang tidak puas dengan pemerintahan yang korup dan otoriter. 2. Selain itu, tentara Vietnam Utara yang didukung oleh Uni Soviet dan Tiongkok memiliki kekuatan yang lebih besar dan strategi yang lebih efektif dalam perang gerilya. 3. Keterlibatan Amerika Serikat dalam perang juga memiliki dampak negatif. Meskipun Amerika Serikat memberikan dukungan militer dan finansial kepada Vietnam Selatan, tetapi adanya keterlibatan asing ini juga menimbulkan kontroversi dan protes di dalam negeri. Kesimpulan: Kekalahan Vietnam Selatan pada Perang Indocina ke-2 disebabkan oleh kurangnya dukungan dan legitimasi pemerintahannya, kekuatan dan strategi yang lebih efektif dari Vietnam Utara, serta dampak negatif dari keterlibatan Amerika Serikat. Semoga penjelasan ini membantu kamu memahami sejarah ini lebih baik πŸ™‚.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

soal majapahit

7

0.0

Jawaban terverifikasi