Elsya Z

25 Mei 2024 11:43

Iklan

Iklan

Elsya Z

25 Mei 2024 11:43

Pertanyaan

jelaskan pengaruh sriwijaya dan majapahit terhadap perkembangannya perdagangan nusantara!


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

25 Mei 2024 13:17

Jawaban terverifikasi

<p>Majapahit <strong>membuat pelabuhan-pelabuhan dagang di sepanjang aliran sungai untuk memaksimalkan kegiatan dagang</strong>. Salah satu pelabuhan sungai yang penting pada masa Majapahit adalah Pelabuhan Canggu. Letak pelabuhan Canggu di masa Majapahit, pada masa kini dapat diidentikkan dengan Desa Canggu di Kecamatan Jetis Mojokerto.</p><p>dan <strong>Karena daerah Kerajaan Sriwijaya dianggap gudang pengangkutan barang Arab, India dalam bahasa Cina</strong>. selama masa pemerintahan Sriwijaya memiliki beberapa kota besar, Salah satu kota tersebut adalah Keda Semenanjung Malaysia, Pantai Barus Sumatera Barat, Sumatera, Jambi dan Palembang di pantai timur laut Sumatera.</p><p>Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan Indonesia yang pernah mengalami kemajuan di bidang perdagangan. Perdagangan di Kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena letak wilayahnya yang strategis. Kerajaan yang berdiri sekitar abad ke-7 Masehi itu semula terletak di Muara Takus, Riau.</p><p>Aktivitas para pedagang masa itu ketika tiba di Sriwijaya yaitu mereka melakukan bongkar muat barang dagangan. Hal inilah yang kemudian membuat Kerajaan Sriwijaya menjadi semakin ramai dan bisa mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat pesat hingga nantinya Sriwijaya menjadi pusat perdagangan internasional.</p><p>Kerajaan Majapahit memanfaatkan aliran Sungai Brantas yang bermuara ke Laut Jawa untuk menghubungkan kawasan pedalaman dengan pesisir. Melalui sungai itu, Kerajaan Majapahit menyalurkan komoditasnya ke pesisir, kemudian mengedarkannya ke wilayah-wilayah lain di Nusantara.</p><p>&nbsp;</p>

Majapahit membuat pelabuhan-pelabuhan dagang di sepanjang aliran sungai untuk memaksimalkan kegiatan dagang. Salah satu pelabuhan sungai yang penting pada masa Majapahit adalah Pelabuhan Canggu. Letak pelabuhan Canggu di masa Majapahit, pada masa kini dapat diidentikkan dengan Desa Canggu di Kecamatan Jetis Mojokerto.

dan Karena daerah Kerajaan Sriwijaya dianggap gudang pengangkutan barang Arab, India dalam bahasa Cina. selama masa pemerintahan Sriwijaya memiliki beberapa kota besar, Salah satu kota tersebut adalah Keda Semenanjung Malaysia, Pantai Barus Sumatera Barat, Sumatera, Jambi dan Palembang di pantai timur laut Sumatera.

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan Indonesia yang pernah mengalami kemajuan di bidang perdagangan. Perdagangan di Kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena letak wilayahnya yang strategis. Kerajaan yang berdiri sekitar abad ke-7 Masehi itu semula terletak di Muara Takus, Riau.

Aktivitas para pedagang masa itu ketika tiba di Sriwijaya yaitu mereka melakukan bongkar muat barang dagangan. Hal inilah yang kemudian membuat Kerajaan Sriwijaya menjadi semakin ramai dan bisa mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat pesat hingga nantinya Sriwijaya menjadi pusat perdagangan internasional.

Kerajaan Majapahit memanfaatkan aliran Sungai Brantas yang bermuara ke Laut Jawa untuk menghubungkan kawasan pedalaman dengan pesisir. Melalui sungai itu, Kerajaan Majapahit menyalurkan komoditasnya ke pesisir, kemudian mengedarkannya ke wilayah-wilayah lain di Nusantara.

 


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Mei 2024 12:04

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan perdagangan di Nusantara. Sriwijaya dikenal sebagai pusat perdagangan maritim yang makmur dan maju, sedangkan Majapahit dikenal sebagai kerajaan maritim terbesar di Nusantara yang memiliki pengaruh yang luas hingga ke India, China, dan Timur Tengah. 【Penjelasan】: Kerajaan Sriwijaya yang berdiri pada abad ke-7 hingga ke-9 Masehi, berlokasi di Sumatera Selatan, menjadi pusat perdagangan maritim yang penting di Nusantara. Sriwijaya mengendalikan jalur perdagangan penting yang menghubungkan India dan China, sehingga menjadi pusat perdagangan yang strategis. Kerajaan ini juga dikenal dengan kekayaan dan kemakmurannya, serta kemampuannya dalam mengendalikan perdagangan di kawasan tersebut. Kerajaan Majapahit, yang berdiri pada abad ke-13 hingga ke-16 Masehi, berlokasi di Jawa Timur. Majapahit dikenal sebagai kerajaan maritim terbesar di Nusantara dengan wilayah kekuasaan yang luas, mencakup hampir seluruh Nusantara dan sebagian wilayah di Asia Tenggara. Majapahit memiliki armada laut yang kuat dan mampu mengendalikan jalur perdagangan penting di kawasan tersebut. Kerajaan ini juga dikenal dengan kekayaan dan kemakmurannya, serta kemampuannya dalam mengendalikan perdagangan di kawasan tersebut. Dengan demikian, kedua kerajaan ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan perdagangan di Nusantara. Mereka mampu mengendalikan jalur perdagangan penting dan menjadi pusat perdagangan yang strategis di kawasan tersebut.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sikap keperwiraan yang patut diteladani dari sosok pendiri Daulah Ayyubiyah adalahsikap toleransi dengan pemeluk agama lain, saat Sultan Salahuddin Al-Ayyubiberhasil menguasaiBaitul Maqdis. Wujud tolerasi itu adalah

5

0.0

Jawaban terverifikasi