Era E

12 Februari 2024 07:23

Iklan

Iklan

Era E

12 Februari 2024 07:23

Pertanyaan

jelaskan mengenai konsep ekonomi kreatif

jelaskan mengenai konsep ekonomi kreatif


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

12 Februari 2024 11:08

Jawaban terverifikasi

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep ekonomi yang mengutamakan ide dan kreativitas sebagai nilai utama dalam produksi barang atau jasa. Konsep ini melibatkan berbagai sektor yang berkaitan dengan seni, desain, media, dan teknologi yang inovatif, serta memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

12 Februari 2024 18:12

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Ekonomi kreatif</strong> adalah jenis kegiatan ekonomi dimana pelakunya menggunakan kreativitas dan pengetahuan yang dimilikinya sebagai bahan baku utama pada proses produksi. Jadi, pada ekonomi kreatif sumber daya alam merupakan faktor pendukung dalam proses produksi, bukan sebagai bahan baku utamanya. Berikut adalah manfaat dari ekonomi kreatif :</p><ul><li><strong>Inovasi</strong>: karena kreativitas merupakan hal yang sangat dijunjung tinggi dalam ekonomi kreatif, maka hal ini akan mendorong terjadinya inovasi dan penemuan baru.</li><li><strong>Menciptkan lapangan pekerjaan baru</strong>: banyaknya lowongan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan ide-ide untuk mengembangkan suatu perusahaan bisa menyerap tenaga kerja baru. Selain itu, ekonomi kreatif juga memperbesar kemungkinan seseorang untuk melakukan wirausaha karena tidak memerlukan modal serumit dan sebesar ekonomi tradisional.</li><li><strong>Meningkatkan pertumbuhan ekonomi</strong>: dengan menurunnya tingkat pengangguran maka akan mengurangi tingkat kemiskinan. Hal ini akan meningkatkan daya beli dari masyarakat di suatu wilayah. Meningkatnya daya beli masyarakat ini akan membuat semua roda ekonomi di suatu wilayah menjadi lancar dan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional</li></ul>

Ekonomi kreatif adalah jenis kegiatan ekonomi dimana pelakunya menggunakan kreativitas dan pengetahuan yang dimilikinya sebagai bahan baku utama pada proses produksi. Jadi, pada ekonomi kreatif sumber daya alam merupakan faktor pendukung dalam proses produksi, bukan sebagai bahan baku utamanya. Berikut adalah manfaat dari ekonomi kreatif :

  • Inovasi: karena kreativitas merupakan hal yang sangat dijunjung tinggi dalam ekonomi kreatif, maka hal ini akan mendorong terjadinya inovasi dan penemuan baru.
  • Menciptkan lapangan pekerjaan baru: banyaknya lowongan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan ide-ide untuk mengembangkan suatu perusahaan bisa menyerap tenaga kerja baru. Selain itu, ekonomi kreatif juga memperbesar kemungkinan seseorang untuk melakukan wirausaha karena tidak memerlukan modal serumit dan sebesar ekonomi tradisional.
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi: dengan menurunnya tingkat pengangguran maka akan mengurangi tingkat kemiskinan. Hal ini akan meningkatkan daya beli dari masyarakat di suatu wilayah. Meningkatnya daya beli masyarakat ini akan membuat semua roda ekonomi di suatu wilayah menjadi lancar dan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

siapa pembuat honda?

4

0.0

Jawaban terverifikasi