Alya L

13 Juli 2024 07:32

Iklan

Iklan

Alya L

13 Juli 2024 07:32

Pertanyaan

jelaskan apa yang dimaksud dengan mitosis dan meiosis

jelaskan apa yang dimaksud dengan mitosis dan meiosis


26

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dea K

13 Juli 2024 07:47

Jawaban terverifikasi

<h1><strong>Mitosis</strong></h1><p>Mitosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang <strong>identik</strong> dengan sel induk. Mitosis terjadi pada <strong>semua sel tubuh (sel somatik)</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p><u>Ilustrasi Mitosis</u></p><p>1 sel induk dengan 46 kromosom akan membelah menjadi 2 sel dengan masing-masing 46 kromosom (jumlah kromosom persis seperti induknya; tetap 46)</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pertumbuhan dengan Mitosis</strong></p><p>Misalnya, tubuhmu terus tumbuh tinggi, karena sel-sel di tubuhmu membelah diri melalui mitosis sehingga jumlahnya bertambah. Pembelahan mitosis akan menambah jumlah sel sehingga tubuh bisa bertambah besar dan memperbaiki jaringan yang rusak.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Perkembangan dengan Mitosis</strong></p><p>Ketika masih embrio, sel-sel akan terus membelah secara mitosis sampai menjadi organ tubuh. Sel-sel yang dihasilkan oleh mitosis kemudian juga akan berkembang menjadi berbagai jenis sel yang berbeda, seperti sel otot, sel darah, dan sel kulit.</p><p>&nbsp;</p><h1><strong>Meiosis</strong></h1><p>Meiosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan empat sel anak dengan <strong>setengah</strong> jumlah kromosom dari sel induk. Meiosis hanya terjadi pada <strong>sel kelamin</strong> (gamet jantan dan sel telur).</p><p>&nbsp;</p><p><u>Ilustrasi Meiosis</u></p><p>1 sel dengan 46 kromosom akan membelah menjadi 2 sel dengan masing-masing 23 kromosom, kemudian akan membelah lagi menjadi 4 sel dengan masing-masing 23 kromosom (<strong>jumlah kromosomnya menjadi setengah dari induknya; 46 ---&gt; 23</strong>)</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pertumbuhan dengan Meiosis</strong></p><p>Meiosis <strong>tidak terlibat</strong> dalam pertumbuhan tubuh. Hal ini dikarenakan meiosis hanya menghasilkan sel yang digunakan untuk reproduksi, bukan untuk menambah jumlah sel tubuh.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Perkembangan dengan Meiosis</strong></p><p>Meiosis berperan dalam pembentukan gamet jantan pada pria dan sel telur pada wanita. Meiosis menghasilkan sel reproduksi yang memiliki variasi genetik, sehingga anak yang dihasilkan dari pembuahan memiliki kombinasi gen dari kedua orang tua, yakni 23 kromosom dari Ibu dan 23 kromosom dari ayah yang saling berkombinasi menjadi 46 kromosom untuk Individu baru (bayi).</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Kesimpulan</strong></p><p><strong>Mitosis</strong> penting untuk menambah jumlah sel dan memperbaiki tubuh (pertumbuhan), serta membuat berbagai jenis sel dalam tubuh (perkembangan). <strong>Meiosis</strong> penting untuk menghasilkan sel reproduksi dengan variasi genetik, tetapi <u>tidak berperan</u> dalam menambah jumlah sel tubuh (pertumbuhan).</p><p>&nbsp;</p><p><i>*Note: ini adalah jawaban yg juga saya gunakan untuk menjawab pertanyaan di Br@inly </i>(Deakss)</p>

Mitosis

Mitosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang identik dengan sel induk. Mitosis terjadi pada semua sel tubuh (sel somatik).

 

Ilustrasi Mitosis

1 sel induk dengan 46 kromosom akan membelah menjadi 2 sel dengan masing-masing 46 kromosom (jumlah kromosom persis seperti induknya; tetap 46)

 

Pertumbuhan dengan Mitosis

Misalnya, tubuhmu terus tumbuh tinggi, karena sel-sel di tubuhmu membelah diri melalui mitosis sehingga jumlahnya bertambah. Pembelahan mitosis akan menambah jumlah sel sehingga tubuh bisa bertambah besar dan memperbaiki jaringan yang rusak.

 

Perkembangan dengan Mitosis

Ketika masih embrio, sel-sel akan terus membelah secara mitosis sampai menjadi organ tubuh. Sel-sel yang dihasilkan oleh mitosis kemudian juga akan berkembang menjadi berbagai jenis sel yang berbeda, seperti sel otot, sel darah, dan sel kulit.

 

Meiosis

Meiosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan empat sel anak dengan setengah jumlah kromosom dari sel induk. Meiosis hanya terjadi pada sel kelamin (gamet jantan dan sel telur).

 

Ilustrasi Meiosis

1 sel dengan 46 kromosom akan membelah menjadi 2 sel dengan masing-masing 23 kromosom, kemudian akan membelah lagi menjadi 4 sel dengan masing-masing 23 kromosom (jumlah kromosomnya menjadi setengah dari induknya; 46 ---> 23)

 

Pertumbuhan dengan Meiosis

Meiosis tidak terlibat dalam pertumbuhan tubuh. Hal ini dikarenakan meiosis hanya menghasilkan sel yang digunakan untuk reproduksi, bukan untuk menambah jumlah sel tubuh.

 

Perkembangan dengan Meiosis

Meiosis berperan dalam pembentukan gamet jantan pada pria dan sel telur pada wanita. Meiosis menghasilkan sel reproduksi yang memiliki variasi genetik, sehingga anak yang dihasilkan dari pembuahan memiliki kombinasi gen dari kedua orang tua, yakni 23 kromosom dari Ibu dan 23 kromosom dari ayah yang saling berkombinasi menjadi 46 kromosom untuk Individu baru (bayi).

 

Kesimpulan

Mitosis penting untuk menambah jumlah sel dan memperbaiki tubuh (pertumbuhan), serta membuat berbagai jenis sel dalam tubuh (perkembangan). Meiosis penting untuk menghasilkan sel reproduksi dengan variasi genetik, tetapi tidak berperan dalam menambah jumlah sel tubuh (pertumbuhan).

 

*Note: ini adalah jawaban yg juga saya gunakan untuk menjawab pertanyaan di Br@inly (Deakss)


Iklan

Iklan

Kevin L

Gold

13 Juli 2024 10:29

Jawaban terverifikasi

Mitosis dan meiosis adalah dua jenis pembelahan sel yang penting dalam organisme hidup. Berikut penjelasan rincinya: Mitosis Mitosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang identik dengan sel induknya. Proses ini terjadi pada sel-sel tubuh untuk pertumbuhan, perbaikan, dan regenerasi. Tahapan Mitosis: * Interfase: Sel bersiap untuk membelah dengan menduplikasi kromosomnya. * Prometafase: Membran nukleus mulai larut dan kromosom mulai berkondensasi. * Metafase: Kromosom berbaris di tengah sel. * Anafase: Kromosom memisahkan diri dan bergerak ke kutub sel yang berlawanan. * Telofase: Membran nukleus terbentuk kembali dan kromosom mulai de-kondensasi. * Sitokinesis: Sitoplasma terbagi menjadi dua sel anak. Meiosis Meiosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan empat sel anak yang berbeda secara genetik dengan sel induknya. Proses ini terjadi pada sel-sel reproduksi untuk menghasilkan gamet (sel telur dan sperma). Tahapan Meiosis: * Meiosis I: a. Prometafase I: Membran nukleus mulai larut dan kromosom mulai berkondensasi. b. Metafase I: Kromosom berbaris di tengah sel, dengan kromosom homolog berpasangan. c. Anafase I: Kromosom homolog memisahkan diri dan bergerak ke kutub sel yang berlawanan. d. Telofase I: Membran nukleus terbentuk kembali dan kromosom mulai de-kondensasi. e. Sitokinesis I: Sitoplasma terbagi menjadi dua sel anak. * Meiosis II: a. Prometafase II: Membran nukleus mulai larut dan kromosom mulai berkondensasi. b. Metafase II: Kromosom berbaris di tengah sel. c. Anafase II: Kromatid memisahkan diri dan bergerak ke kutub sel yang berlawanan. d. Telofase II: Membran nukleus terbentuk kembali dan kromosom mulai de-kondensasi. e. Sitokinesis II: Sitoplasma terbagi menjadi dua sel anak. Perbedaan Utama Antara Mitosis dan Meiosis: | Fitur | Mitosis | Meiosis | |---|---|---| | Jumlah sel anak | 2 | 4 | | Kesamaan genetik dengan sel induk | Identik | Berbeda | | Tujuan | Pertumbuhan, perbaikan, regenerasi | Reproduksi seksual | | Lokasi | Sel-sel tubuh | Sel-sel reproduksi | | Tahapan pembelahan | Satu siklus pembelahan | Dua siklus pembelahan | | Peristiwa penting | - | Crossing over | Semoga penjelasan ini membantu!


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa yang bisa anda pahami dari gambar di atas

7

0.0

Jawaban terverifikasi