Waode S

01 Maret 2024 00:24

Iklan

Iklan

Waode S

01 Maret 2024 00:24

Pertanyaan

jelaskan 3 contoh kolaborasi budaya lokal dengan budaya asing

jelaskan 3 contoh kolaborasi budaya lokal dengan budaya asing


88

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Yuni H

01 Maret 2024 06:24

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Musik dan Seni Pertunjukan</strong></p><ul><li><strong>Contoh:</strong> Fusion Jazz dengan Gamelan</li><li><strong>Penjelasan:</strong> Musisi dari Indonesia dapat bekerja sama dengan musisi jazz dari Barat untuk menciptakan kolaborasi unik dengan menggabungkan instrumen tradisional Gamelan dengan elemen-elemen jazz. Hasilnya adalah pertunjukan musik yang memadukan gaya dan warisan dari kedua budaya.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>Fashion dengan Motif Tradisional</strong></p><ul><li><strong>Contoh:</strong> Batik dalam Desain Fashion Barat</li><li><strong>Penjelasan:</strong> Desainer dari Indonesia dapat bekerjasama dengan perancang busana internasional untuk mengintegrasikan motif tradisional batik ke dalam koleksi busana modern. Ini bukan hanya menciptakan tren mode yang menarik, tetapi juga membawa unsur seni dan warisan budaya lokal ke panggung global.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>Festival Budaya</strong></p><ul><li><strong>Contoh:</strong> Festival makanan yang menggabungkan hidangan lokal dengan cita rasa dan teknik memasak dari berbagai belahan dunia.</li><li><strong>Penjelasan:</strong> Festival budaya dapat menjadi platform untuk menggabungkan tradisi kuliner lokal dengan masakan internasional. Ini bukan hanya menciptakan pengalaman kuliner yang kaya tetapi juga mempromosikan saling pengertian dan apresiasi terhadap beragam rasa dan bahan makanan.</li></ul>

Musik dan Seni Pertunjukan

  • Contoh: Fusion Jazz dengan Gamelan
  • Penjelasan: Musisi dari Indonesia dapat bekerja sama dengan musisi jazz dari Barat untuk menciptakan kolaborasi unik dengan menggabungkan instrumen tradisional Gamelan dengan elemen-elemen jazz. Hasilnya adalah pertunjukan musik yang memadukan gaya dan warisan dari kedua budaya.

 

Fashion dengan Motif Tradisional

  • Contoh: Batik dalam Desain Fashion Barat
  • Penjelasan: Desainer dari Indonesia dapat bekerjasama dengan perancang busana internasional untuk mengintegrasikan motif tradisional batik ke dalam koleksi busana modern. Ini bukan hanya menciptakan tren mode yang menarik, tetapi juga membawa unsur seni dan warisan budaya lokal ke panggung global.

 

Festival Budaya

  • Contoh: Festival makanan yang menggabungkan hidangan lokal dengan cita rasa dan teknik memasak dari berbagai belahan dunia.
  • Penjelasan: Festival budaya dapat menjadi platform untuk menggabungkan tradisi kuliner lokal dengan masakan internasional. Ini bukan hanya menciptakan pengalaman kuliner yang kaya tetapi juga mempromosikan saling pengertian dan apresiasi terhadap beragam rasa dan bahan makanan.

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 21:46

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Festival Kuliner Bersama:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Sebuah kota di Indonesia dan sebuah kota di negara asing menyelenggarakan festival kuliner bersama. Restoran, pedagang kaki lima, dan koki lokal dari kedua negara berkolaborasi untuk mempersembahkan hidangan tradisional dan inovatif dari kedua budaya.</li><li><strong>Manfaat Kolaborasi:</strong> Masyarakat dapat menikmati kekayaan kuliner dari berbagai belahan dunia, sementara para koki dan pedagang kaki lima dapat saling bertukar pengetahuan dan teknik memasak.</li></ul><p><strong>Pertunjukan Seni Gabungan:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Sebuah grup seni pertunjukan tradisional dari Indonesia berkolaborasi dengan grup seni asing dalam pertunjukan seni gabungan. Mereka menggabungkan elemen-elemen seni tradisional dan kontemporer, menciptakan pertunjukan yang unik dan memukau.</li><li><strong>Manfaat Kolaborasi:</strong> Kolaborasi ini tidak hanya menciptakan pengalaman seni yang menarik bagi penonton, tetapi juga memberikan platform bagi seniman untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui persilangan budaya.</li></ul><p><strong>Program Pertukaran Seniman Residensi:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Program pertukaran seniman residensi diatur antara pusat seni di Indonesia dan lembaga seni di negara asing. Seniman-seniman dari berbagai disiplin seni tinggal dan bekerja bersama, saling belajar, dan menciptakan karya kolaboratif yang mencerminkan penggabungan budaya.</li><li><strong>Manfaat Kolaborasi:</strong> Pertukaran seniman residensi menciptakan ikatan personal antara seniman dari berbagai budaya, memungkinkan mereka untuk menggali ide-ide baru dan menghasilkan karya seni yang mencerahkan dan meresapi keanekaragaman budaya.</li></ul>

Festival Kuliner Bersama:

  • Deskripsi: Sebuah kota di Indonesia dan sebuah kota di negara asing menyelenggarakan festival kuliner bersama. Restoran, pedagang kaki lima, dan koki lokal dari kedua negara berkolaborasi untuk mempersembahkan hidangan tradisional dan inovatif dari kedua budaya.
  • Manfaat Kolaborasi: Masyarakat dapat menikmati kekayaan kuliner dari berbagai belahan dunia, sementara para koki dan pedagang kaki lima dapat saling bertukar pengetahuan dan teknik memasak.

Pertunjukan Seni Gabungan:

  • Deskripsi: Sebuah grup seni pertunjukan tradisional dari Indonesia berkolaborasi dengan grup seni asing dalam pertunjukan seni gabungan. Mereka menggabungkan elemen-elemen seni tradisional dan kontemporer, menciptakan pertunjukan yang unik dan memukau.
  • Manfaat Kolaborasi: Kolaborasi ini tidak hanya menciptakan pengalaman seni yang menarik bagi penonton, tetapi juga memberikan platform bagi seniman untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui persilangan budaya.

Program Pertukaran Seniman Residensi:

  • Deskripsi: Program pertukaran seniman residensi diatur antara pusat seni di Indonesia dan lembaga seni di negara asing. Seniman-seniman dari berbagai disiplin seni tinggal dan bekerja bersama, saling belajar, dan menciptakan karya kolaboratif yang mencerminkan penggabungan budaya.
  • Manfaat Kolaborasi: Pertukaran seniman residensi menciptakan ikatan personal antara seniman dari berbagai budaya, memungkinkan mereka untuk menggali ide-ide baru dan menghasilkan karya seni yang mencerahkan dan meresapi keanekaragaman budaya.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Menurut kalian, apakah ketika Hindu-Buddha masuk ke Indonesia memiliki kendala? Apakah Hindu-Buddha mengalami perpaduan dengan budaya sebelumnya (sinkretisme)?

2

5.0

Jawaban terverifikasi