Nayla K

19 Maret 2024 14:31

Iklan

Iklan

Nayla K

19 Maret 2024 14:31

Pertanyaan

Jelaskan 2 jenis nasionalismme ?


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:59

Jawaban terverifikasi

<ol><li><strong>Nasionalisme Etnis</strong>: Jenis nasionalisme ini menekankan pentingnya kesamaan etnis atau rasial dalam membentuk identitas nasional. Dalam nasionalisme etnis, faktor-faktor seperti bahasa, budaya, sejarah bersama, dan keturunan dianggap sebagai dasar bagi kesatuan nasional. Contoh dari nasionalisme etnis adalah nasionalisme Jerman pada abad ke-19 yang menganggap bangsa Jerman sebagai satu kesatuan rasial dan budaya yang unik.</li><li><strong>Nasionalisme Kewarganegaraan</strong>: Jenis nasionalisme ini lebih menekankan pada kesamaan kewarganegaraan dan loyalitas kepada negara. Dalam nasionalisme kewarganegaraan, semua individu yang tinggal di dalam suatu negara dianggap sebagai bagian dari satu kesatuan nasional, terlepas dari etnis, agama, atau latar belakang budaya mereka. Nasionalisme kewarganegaraan menekankan pentingnya nilai-nilai demokrasi, kebebasan, dan kesetaraan dalam membentuk identitas nasional. Contoh dari nasionalisme kewarganegaraan adalah nasionalisme Amerika Serikat yang menekankan pada konsep "melting pot" atau "salad bowl" di mana individu dari berbagai latar belakang dapat menjadi bagian dari masyarakat Amerika dengan menjadi warga negara yang setia.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

  1. Nasionalisme Etnis: Jenis nasionalisme ini menekankan pentingnya kesamaan etnis atau rasial dalam membentuk identitas nasional. Dalam nasionalisme etnis, faktor-faktor seperti bahasa, budaya, sejarah bersama, dan keturunan dianggap sebagai dasar bagi kesatuan nasional. Contoh dari nasionalisme etnis adalah nasionalisme Jerman pada abad ke-19 yang menganggap bangsa Jerman sebagai satu kesatuan rasial dan budaya yang unik.
  2. Nasionalisme Kewarganegaraan: Jenis nasionalisme ini lebih menekankan pada kesamaan kewarganegaraan dan loyalitas kepada negara. Dalam nasionalisme kewarganegaraan, semua individu yang tinggal di dalam suatu negara dianggap sebagai bagian dari satu kesatuan nasional, terlepas dari etnis, agama, atau latar belakang budaya mereka. Nasionalisme kewarganegaraan menekankan pentingnya nilai-nilai demokrasi, kebebasan, dan kesetaraan dalam membentuk identitas nasional. Contoh dari nasionalisme kewarganegaraan adalah nasionalisme Amerika Serikat yang menekankan pada konsep "melting pot" atau "salad bowl" di mana individu dari berbagai latar belakang dapat menjadi bagian dari masyarakat Amerika dengan menjadi warga negara yang setia.

 

 

 


 


Nayla K

26 Maret 2024 13:49

Pembahasan membantu sekali, sangat bermanfaat 😊

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 Maret 2024 06:15

Jawaban terverifikasi

<p>Nasionalisme adalah ideologi atau gerakan politik yang menekankan pada kepentingan, identitas, dan kebanggaan nasional suatu bangsa. Terdapat beberapa jenis nasionalisme, dua di antaranya adalah:</p><p><strong>Nasionalisme Eksklusif</strong>: Nasionalisme eksklusif atau chauvinisme adalah bentuk nasionalisme yang menekankan superioritas atau keunggulan suatu bangsa atas bangsa lainnya. Dalam konteks ini, kelompok atau bangsa tertentu dianggap sebagai yang terbaik atau yang paling layak untuk mendapatkan hak-hak politik, ekonomi, atau sosial. Nasionalisme eksklusif sering kali menyebabkan konflik antarbangsa dan diskriminasi terhadap minoritas atau kelompok lain yang dianggap tidak sejalan dengan identitas nasional yang dominan.</p><p><strong>Nasionalisme Inklusif</strong>: Nasionalisme inklusif adalah bentuk nasionalisme yang menerima dan mengakui keberagaman budaya, agama, atau etnis dalam suatu bangsa. Nasionalisme ini menekankan pada ide kesatuan di dalam keberagaman, di mana setiap individu atau kelompok diakui sebagai bagian integral dari bangsa tersebut. Nasionalisme inklusif mendorong pembentukan identitas nasional yang berdasarkan pada nilai-nilai bersama dan persatuan dalam keberagaman. Pendekatan ini bertujuan untuk membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan harmonis.</p><p><br>&nbsp;</p>

Nasionalisme adalah ideologi atau gerakan politik yang menekankan pada kepentingan, identitas, dan kebanggaan nasional suatu bangsa. Terdapat beberapa jenis nasionalisme, dua di antaranya adalah:

Nasionalisme Eksklusif: Nasionalisme eksklusif atau chauvinisme adalah bentuk nasionalisme yang menekankan superioritas atau keunggulan suatu bangsa atas bangsa lainnya. Dalam konteks ini, kelompok atau bangsa tertentu dianggap sebagai yang terbaik atau yang paling layak untuk mendapatkan hak-hak politik, ekonomi, atau sosial. Nasionalisme eksklusif sering kali menyebabkan konflik antarbangsa dan diskriminasi terhadap minoritas atau kelompok lain yang dianggap tidak sejalan dengan identitas nasional yang dominan.

Nasionalisme Inklusif: Nasionalisme inklusif adalah bentuk nasionalisme yang menerima dan mengakui keberagaman budaya, agama, atau etnis dalam suatu bangsa. Nasionalisme ini menekankan pada ide kesatuan di dalam keberagaman, di mana setiap individu atau kelompok diakui sebagai bagian integral dari bangsa tersebut. Nasionalisme inklusif mendorong pembentukan identitas nasional yang berdasarkan pada nilai-nilai bersama dan persatuan dalam keberagaman. Pendekatan ini bertujuan untuk membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan harmonis.


 


Nayla K

26 Maret 2024 13:49

Pembahasan membantu sekali, sangat bermanfaat 😊

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jika suatu bilangan dibagi dengan 2, maka menghasilkan bilangan 15. Jika bilangan tersebut dikali dengan 3, maka menghasilkan bilangan ....

2

0.0

Jawaban terverifikasi