Fatihah F

25 Maret 2024 22:10

Iklan

Iklan

Fatihah F

25 Maret 2024 22:10

Pertanyaan

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan wacana kegiatan! Wacana 1 Ibu yati adalah salah seorang pedagang buah di pasar Dewantara. Bu yati berjualan buah setiap harinya, namun bu yati mengaku jika di pendapatannya di hari minggu selalu naik dikarenakan banyak pembeli di akhir pekan. Oleh sebab itu setiap hari senin bu yati selalu membeli buah baru untuk menambah stok dagangannya. Pada hari itu pula bu yati akan berkerja ekstra untuk memindahkankan kotak-kotak berisi buah-buahan. Bu yati menarik kotak buah dengan sebuah tali untuk memindahkan kotak buah ke tempat yang akan dia susun, seperti pada gambar. Bedasarkan wacana tersebut jawablah pertanyaan berikut! a. Kemanakah arah gaya yang diberikan bu yati ketika menarik kotak ? b. Bergerakkah kotak tersebut? c. Kemanakah arah perpindahan kotak setelah kotak digeser seseorang bu yati ? d. Samakah arah gaya yang diberikan bu yati dengan arah perpindahan kotak ? Wacana 2 Pak bahar adalah seorang narapidana atas tuduhan pencurian sepeda motor. Pak bahar dihukum dengan hukuman penjara selama 2 tahun 3 bulan. Setelah beberapa hari berlalu di dalam sel tahanan, pak bahar mulai depresi dan berusaha melarikan diri. Pak bahar dengan sengaja dan dengan sekuat tenaga mendorong dinding sel tahan setiap harinya. Namun, sangat disayangkan sekuat apapun pak bahar berusaha dinding tersebut tidak kunjung runtuh. Jawablah pertanyaan berikut sesuai pengamatan mu terhadap wacana 2 a. Kemanakah arah gaya yang diberikan pak bahar terhadap dinding tembok ? b. Kemanakah arah pergerakan tembok ? c. Berdasarkan rumus W = F.s, kegiatan pada wacana manakah yang dikatakan melakukan usaha ? mengapa?

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan wacana kegiatan!


 

Wacana 1

Ibu yati adalah salah seorang pedagang buah di pasar Dewantara. Bu yati berjualan buah setiap harinya, namun bu yati mengaku jika di pendapatannya di hari minggu selalu naik dikarenakan banyak pembeli di akhir pekan. Oleh sebab itu setiap hari senin bu yati selalu membeli buah baru untuk menambah stok dagangannya. Pada hari itu pula bu yati akan berkerja ekstra untuk memindahkankan kotak-kotak berisi buah-buahan. Bu yati menarik kotak buah dengan sebuah tali untuk memindahkan kotak buah ke tempat yang akan dia susun, seperti pada gambar.

Bedasarkan wacana tersebut jawablah pertanyaan berikut! 

a. Kemanakah arah gaya yang diberikan bu yati ketika menarik kotak ?

b. Bergerakkah kotak tersebut?

c. Kemanakah arah perpindahan kotak setelah kotak digeser seseorang bu yati ?

d. Samakah arah gaya yang diberikan bu yati dengan arah perpindahan kotak ?

 

 

Wacana 2

Pak bahar adalah seorang narapidana atas tuduhan pencurian sepeda motor. Pak bahar dihukum dengan hukuman penjara selama 2 tahun 3 bulan. Setelah beberapa hari berlalu di dalam sel tahanan, pak bahar mulai depresi dan berusaha melarikan diri. Pak bahar dengan sengaja dan dengan sekuat tenaga mendorong dinding sel tahan setiap harinya. Namun, sangat disayangkan sekuat apapun pak bahar berusaha dinding tersebut tidak kunjung runtuh. 

Jawablah pertanyaan berikut sesuai pengamatan mu terhadap wacana 2

a. Kemanakah arah gaya yang diberikan pak bahar terhadap dinding tembok ?

b. Kemanakah arah pergerakan tembok ?

c. Berdasarkan rumus W = F.s, kegiatan pada wacana manakah yang dikatakan melakukan usaha ? mengapa?

alt
alt

6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

26 Maret 2024 10:18

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah arah gaya ke kanan.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Kakak hanya akan menjawab soal wacana 1 poin a. Untuk poin selanjutnya silahkan upload kembali soal kamu ya</strong></p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>Gaya merupakan dorongan ataupun tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak, berubah arah, maupun perubahan bentuk benda.</p><p>&nbsp;</p><p>Gaya yang diberikan pada benda apabila membentuk sudut tertentu, maka gaya tersebut memiliki dua vektor gaya bergantung arah yang diberikan.</p><p>Pada gambar tersebut, benda ditarik dengan gaya sebesar F dan membentuk sudut θ terhadap sumbu horizontal. Ketika diuraikan vektor gayanya, maka diperoleh bahwa benda tersebut mendapatkan gaya dengan arah ke atas dan ke kanan. Akan tetapi, karena diperlihatkan pada gambar bahwa balok akhirnya bergeser beberapa meter pada sumbu horizontal, maka gaya yang bekerja pada benda arahnya ke kanan.</p><p>&nbsp;</p><p>Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah arah gaya ke kanan.</p>

Jawaban yang benar adalah arah gaya ke kanan.

 

Kakak hanya akan menjawab soal wacana 1 poin a. Untuk poin selanjutnya silahkan upload kembali soal kamu ya

 

Pembahasan:

Gaya merupakan dorongan ataupun tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak, berubah arah, maupun perubahan bentuk benda.

 

Gaya yang diberikan pada benda apabila membentuk sudut tertentu, maka gaya tersebut memiliki dua vektor gaya bergantung arah yang diberikan.

Pada gambar tersebut, benda ditarik dengan gaya sebesar F dan membentuk sudut θ terhadap sumbu horizontal. Ketika diuraikan vektor gayanya, maka diperoleh bahwa benda tersebut mendapatkan gaya dengan arah ke atas dan ke kanan. Akan tetapi, karena diperlihatkan pada gambar bahwa balok akhirnya bergeser beberapa meter pada sumbu horizontal, maka gaya yang bekerja pada benda arahnya ke kanan.

 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah arah gaya ke kanan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

B. Jawablah soal-soal di bawah ini! Bacalah teks cerita inspiratif di bawah ini dan jawablah pertanyaannya! RAJA DAN KOTA MEGAHYA Alkisah, hiduplah seorang rata yang kaya raya. Pada suatu hari ia memanggil seluruh pakar bangunan, insinyur, dan desainer kita yang ada di dunia. Kepada mereka ia meminta untuk dibuatkan sebuah kota yang paling megah dan paling pindah di seluruh dunia. Pekerjaan pun dimulai. Semua dikerjakan dengan sangat teliti untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Rata tidak menawar harga. Berapa pun biaya yang dibutuhkan ia siap membayarnya. Setelah sekian lama dikerjakan, akhirnya semuanya selesai. Sebuah kota yang teramat megah dan pindah hasil karya para pakar dunia pun tercipta. Memasuki kota itu seperti masuk surga. Raja mengadakan pesta dan mengundang rakyatnya dan tamu-tamu negara. Setiap orang yang datang pasti berdetak kagum menyaksikan karya jagung yang dahsyat dan sempurna itu. Rata pun sangat bangga dan puas karena semua itu berkat kecemerlangan idenya. Rata memerintahkan kepada penjaga agar menandai setiap tamu yang datang tentang celah kekurangan kota yang dibangunnya. Tiba-tiba ada seorang pengunjung rakyat bisa berseloroh. "Ah, seindah apa pun kota ini, tetap tidak sempurna". Mendengar kalimat itu rata tersinggung. Apa lagi yang mengatakannya adalah orang desa yang tidak tahu sama sekali tentang arsitektur kota. “Hai, memang dirimu siapa? Apa maksudmu kota ini tidak sempurna? Coba katakan, apa yang kurang dari karya hebat ini?" "Maafkan, tuan raja. Benar, memang kota yang Anda bangun sangat pindah. Tapi tetap saja mengandung dua cacat". "Apa itu? Sebutkan!" "Pertama, suatu ketika kota ini akan pudar keindahannya, akan rusak, bahkan boleh jadi musnah. Yang kedua, pemilik kota ini juga akan musnah, suatu saat kematian akan menjemputnya. Apakah hal ini bisa dibilang sempurna?" "Aha, memangnya ada yang tak akan rusak dan pemiliknya tak akan mati? Tentu saja ada, Tuan Rata. Yang tak akan rusak adalah kota pindah surganya Allah, dan pemiliknya yaitu Allah, yang tak akan pernah mati. Itulah tempat yang sempurna". "Kau benar, saudaraku. Hamper saja kemewahan dan kemegahan dunia melarikan dan menjerumuskanku. Terima kasih kau telah menyadarkanku". Selanjutnya yang rata memeluk orang yang memberikan usul tersebut. Pertanyaan : 1. Apa ide sang raja itu? 2. Mengapa ia mewujudkan ide tersebut? 3. Apa yang dilakukan raja agar idenya bisa dilaksanakan? 4. Apa yang dilakukan raja setelah idenya terwujud? 5. Apa yang diperintahkan raja kepada setiap tamu yang datang? 6. Mengapa raja melakukan hal tersebut? 7. Siapakah yang memberikan usul? 8. Apakah usulnya tersebut? 9. Siapa saja yang diundang? 10. Di manakah pesta itu diadakan? 11. Kapankah pesta itu dilaksanakan? 12. Bagaimana reaksi raja setelah mendengar salah satu rakyatnya memberikan usul?

20

5.0

Jawaban terverifikasi