Hakam K

18 Februari 2024 09:44

Iklan

Iklan

Hakam K

18 Februari 2024 09:44

Pertanyaan

Halo kakak tolong bantu jawab siapa memimpin serangan umum 1 maret

Halo kakak tolong bantu jawab  siapa memimpin serangan umum 1 maret

 


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

18 Februari 2024 22:06

Jawaban terverifikasi

<p>Pertanyaan mengenai siapa pemimpin Serangan Umum 1 Maret 1949 masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Ada beberapa versi mengenai siapa yang memimpin serangan tersebut, antara lain:</p><p><strong>1. Sri Sultan Hamengkubuwono IX:</strong></p><p>Versi ini menyatakan bahwa Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah penggagas dan pemimpin Serangan Umum 1 Maret 1949. Beliaulah yang menginisiasi dan memerintahkan serangan tersebut untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia masih ada dan melawan Belanda.</p><p><strong>2. Letkol Soeharto:</strong></p><p>Versi ini menyatakan bahwa Letkol Soeharto adalah komandan pelaksana Serangan Umum 1 Maret 1949. Beliaulah yang memimpin pasukan di lapangan dan bertanggung jawab atas jalannya operasi.</p><p><strong>3. Kolonel Bambang Sugeng:</strong></p><p>Versi ini menyatakan bahwa Kolonel Bambang Sugeng, Panglima Divisi III/GM III, adalah pemimpin Serangan Umum 1 Maret 1949. Beliaulah yang mengeluarkan perintah operasi dan bertanggung jawab atas keseluruhan operasi.</p><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Hingga saat ini, tidak ada konsensus yang jelas mengenai siapa pemimpin Serangan Umum 1 Maret 1949. Masing-masing versi memiliki argumen dan bukti yang mendukungnya. Kemungkinan besar, Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan hasil kerja sama dari berbagai pihak, termasuk Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Letkol Soeharto, Kolonel Bambang Sugeng, dan para pejuang lainnya.</p><p>&nbsp;</p>

Pertanyaan mengenai siapa pemimpin Serangan Umum 1 Maret 1949 masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Ada beberapa versi mengenai siapa yang memimpin serangan tersebut, antara lain:

1. Sri Sultan Hamengkubuwono IX:

Versi ini menyatakan bahwa Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah penggagas dan pemimpin Serangan Umum 1 Maret 1949. Beliaulah yang menginisiasi dan memerintahkan serangan tersebut untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia masih ada dan melawan Belanda.

2. Letkol Soeharto:

Versi ini menyatakan bahwa Letkol Soeharto adalah komandan pelaksana Serangan Umum 1 Maret 1949. Beliaulah yang memimpin pasukan di lapangan dan bertanggung jawab atas jalannya operasi.

3. Kolonel Bambang Sugeng:

Versi ini menyatakan bahwa Kolonel Bambang Sugeng, Panglima Divisi III/GM III, adalah pemimpin Serangan Umum 1 Maret 1949. Beliaulah yang mengeluarkan perintah operasi dan bertanggung jawab atas keseluruhan operasi.

Kesimpulan:

Hingga saat ini, tidak ada konsensus yang jelas mengenai siapa pemimpin Serangan Umum 1 Maret 1949. Masing-masing versi memiliki argumen dan bukti yang mendukungnya. Kemungkinan besar, Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan hasil kerja sama dari berbagai pihak, termasuk Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Letkol Soeharto, Kolonel Bambang Sugeng, dan para pejuang lainnya.

 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

20 Februari 2024 10:19

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Letnan Kolonel Soeharto</strong> saat itu memimpin serangan ini. Adanya Serangan Umum 1 Maret 1949 membuktikan kepada dunia internasional bahwa Indonesia tetap ada.</p>

Letnan Kolonel Soeharto saat itu memimpin serangan ini. Adanya Serangan Umum 1 Maret 1949 membuktikan kepada dunia internasional bahwa Indonesia tetap ada.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

"seakan ombak perlahan menggulung lembut hatinya pada sore itu" potongan teks tersebut termasuk dari majas... A. metafora B. personifikasi C. hiperbola D. litotes E. ironi boleh tolong di bantu guys ...

28

0.0

Jawaban terverifikasi