Ferina M

02 Agustus 2024 14:02

Iklan

Ferina M

02 Agustus 2024 14:02

Pertanyaan

fungsi dari pemecahan air atau h2o pada proses fotosistem 2 adalah

fungsi dari pemecahan air atau h2o pada proses fotosistem 2 adalah

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

05

:

06

:

13

Klaim

16

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

02 Agustus 2024 14:19

Jawaban terverifikasi

Pemecahan air atau H2O pada proses fotosistem 2 memiliki fungsi utama dalam fotosintesis. Ketika air dipisahkan menjadi oksigen (O2), proton (H+), dan elektron (e-), oksigen dilepaskan ke udara sebagai hasil sampingan yang penting untuk kehidupan di Bumi. Proton digunakan untuk membangun gradien elektrokimia yang diperlukan untuk pembentukan energi kimia dalam bentuk ATP (adenosine triphosphate). Sedangkan elektron yang dihasilkan dari pemecahan air akan digunakan untuk menggantikan elektron yang hilang dari klorofil yang teroksidasi saat menangkap energi cahaya. Proses pemecahan air ini juga membantu menjaga keseimbangan elektron dalam fotosistem 2, sehingga proses fotosintesis dapat terus berlangsung dengan efisien. Dengan demikian, fungsi dari pemecahan air pada proses fotosistem 2 adalah untuk menyediakan elektron yang diperlukan untuk menghasilkan energi kimia (ATP) dan oksigen sebagai produk sampingan.


Iklan

Nanda R

Community

03 Agustus 2024 00:41

Jawaban terverifikasi

<p>Pemecahan air (H₂O) pada proses fotosistem II dalam fotosintesis memiliki beberapa fungsi penting:</p><p><strong>Menyediakan Elektron (e⁻)</strong>:</p><ul><li>Pemecahan molekul air menghasilkan elektron yang kemudian ditransfer ke fotosistem II. Elektron-elektron ini menggantikan elektron yang tereksitasi dan dikeluarkan dari klorofil dalam fotosistem II akibat penyerapan cahaya. Elektron ini sangat penting untuk menjaga rantai transport elektron tetap berjalan.</li></ul><p><strong>Menghasilkan Oksigen (O₂)</strong>:</p><ul><li>Proses pemecahan air menghasilkan oksigen sebagai produk sampingan. Oksigen ini dilepaskan ke atmosfer melalui stomata pada daun. Ini adalah sumber utama oksigen yang menopang kehidupan di Bumi.</li></ul><p><strong>Menyediakan Proton (H⁺)</strong>:</p><ul><li>Pemecahan air juga menghasilkan ion hidrogen (proton). Proton-proton ini berperan dalam pembentukan gradien proton di dalam tilakoid kloroplas. Gradien proton ini sangat penting untuk proses kemiosmosis, yang pada akhirnya menghasilkan ATP (adenosin trifosfat) melalui enzim ATP sintase.</li></ul>

Pemecahan air (H₂O) pada proses fotosistem II dalam fotosintesis memiliki beberapa fungsi penting:

Menyediakan Elektron (e⁻):

  • Pemecahan molekul air menghasilkan elektron yang kemudian ditransfer ke fotosistem II. Elektron-elektron ini menggantikan elektron yang tereksitasi dan dikeluarkan dari klorofil dalam fotosistem II akibat penyerapan cahaya. Elektron ini sangat penting untuk menjaga rantai transport elektron tetap berjalan.

Menghasilkan Oksigen (O₂):

  • Proses pemecahan air menghasilkan oksigen sebagai produk sampingan. Oksigen ini dilepaskan ke atmosfer melalui stomata pada daun. Ini adalah sumber utama oksigen yang menopang kehidupan di Bumi.

Menyediakan Proton (H⁺):

  • Pemecahan air juga menghasilkan ion hidrogen (proton). Proton-proton ini berperan dalam pembentukan gradien proton di dalam tilakoid kloroplas. Gradien proton ini sangat penting untuk proses kemiosmosis, yang pada akhirnya menghasilkan ATP (adenosin trifosfat) melalui enzim ATP sintase.

Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan