Balqisia B

04 Agustus 2024 13:16

Iklan

Balqisia B

04 Agustus 2024 13:16

Pertanyaan

Faktor utama yang mendukung kemunculan banyak perangkat gamelan di Bali afalah kegiatan keagaamaan, kgususnya agama Hindu di Bali, yang membutuhkan karawitan atau gamelan sebagai pemberi suasana religius atau sebagai rangkaian upacara keagamaan Gamelan Bali selalu dinamis dan terbuka bagi pembaharuan dan pengembangan bentuk bentuk baru selaras perkembangan zamab. Hal ini membuat gamelan Bali terus eksis dan mendapat tempat ditengah masyarakat. Dalam beberapa dekade belakangan, sejumlah musisi menyusun komposisi baru dan secara kreatif memasukkan elemen gamelan ke dalam karya komposisi mereka, yang disebut sebagai komposisi kontemporer kak gagasan pokok paragraf satu itu ada di kalimat yang mana dan paragraf dua itu ada di kalimat yang mana juga?

  • Faktor utama yang mendukung kemunculan banyak perangkat gamelan di Bali afalah kegiatan keagaamaan, kgususnya agama Hindu di Bali, yang membutuhkan karawitan atau gamelan sebagai pemberi suasana religius atau sebagai rangkaian upacara keagamaan
  • Gamelan Bali selalu dinamis dan terbuka bagi pembaharuan dan pengembangan bentuk bentuk baru selaras perkembangan zamab. Hal ini membuat gamelan Bali terus eksis dan mendapat tempat ditengah masyarakat. Dalam beberapa dekade belakangan, sejumlah musisi menyusun komposisi baru dan secara kreatif memasukkan elemen gamelan ke dalam karya komposisi mereka, yang disebut sebagai komposisi kontemporer

 

kak gagasan pokok paragraf satu itu ada di kalimat yang mana dan paragraf dua itu ada di kalimat yang mana juga? 

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

01

:

46

:

19

Klaim

77

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Indana F

04 Agustus 2024 16:23

Jawaban terverifikasi

<p>1. Gagasan pokok paragraf pertama: Faktor utama yang mendukung kemunculan banyak perangkat gamelan di Bali.</p><p>2. Gagasan pokok paragraf kedua: Gamelan Bali selalu dinamis dan terbuka bagi pembaharuan dan pengembangan bentuk-bentuk baru selaras perkembangan zaman.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

1. Gagasan pokok paragraf pertama: Faktor utama yang mendukung kemunculan banyak perangkat gamelan di Bali.

2. Gagasan pokok paragraf kedua: Gamelan Bali selalu dinamis dan terbuka bagi pembaharuan dan pengembangan bentuk-bentuk baru selaras perkembangan zaman.

 

 


Iklan

Ilhamhaqiqi I

05 Agustus 2024 07:41

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk menentukan gagasan pokok dari masing-masing paragraf, kita harus mencari kalimat yang merangkum isi utama dari paragraf tersebut.</p><p>**Paragraf pertama:**<br>"Faktor utama yang mendukung kemunculan banyak perangkat gamelan di Bali adalah kegiatan keagamaan, khususnya agama Hindu di Bali, yang membutuhkan karawitan atau gamelan sebagai pemberi suasana religius atau sebagai rangkaian upacara keagamaan."</p><p>Gagasan pokok paragraf pertama ada di kalimat pertama: "Faktor utama yang mendukung kemunculan banyak perangkat gamelan di Bali adalah kegiatan keagamaan, khususnya agama Hindu di Bali, yang membutuhkan karawitan atau gamelan sebagai pemberi suasana religius atau sebagai rangkaian upacara keagamaan."</p><p>**Paragraf kedua:**<br>"Gamelan Bali selalu dinamis dan terbuka bagi pembaharuan dan pengembangan bentuk-bentuk baru selaras perkembangan zaman. Hal ini membuat gamelan Bali terus eksis dan mendapat tempat ditengah masyarakat. Dalam beberapa dekade belakangan, sejumlah musisi menyusun komposisi baru dan secara kreatif memasukkan elemen gamelan ke dalam karya komposisi mereka, yang disebut sebagai komposisi kontemporer."</p><p>Gagasan pokok paragraf kedua ada di kalimat pertama: "Gamelan Bali selalu dinamis dan terbuka bagi pembaharuan dan pengembangan bentuk-bentuk baru selaras perkembangan zaman."</p>

Untuk menentukan gagasan pokok dari masing-masing paragraf, kita harus mencari kalimat yang merangkum isi utama dari paragraf tersebut.

**Paragraf pertama:**
"Faktor utama yang mendukung kemunculan banyak perangkat gamelan di Bali adalah kegiatan keagamaan, khususnya agama Hindu di Bali, yang membutuhkan karawitan atau gamelan sebagai pemberi suasana religius atau sebagai rangkaian upacara keagamaan."

Gagasan pokok paragraf pertama ada di kalimat pertama: "Faktor utama yang mendukung kemunculan banyak perangkat gamelan di Bali adalah kegiatan keagamaan, khususnya agama Hindu di Bali, yang membutuhkan karawitan atau gamelan sebagai pemberi suasana religius atau sebagai rangkaian upacara keagamaan."

**Paragraf kedua:**
"Gamelan Bali selalu dinamis dan terbuka bagi pembaharuan dan pengembangan bentuk-bentuk baru selaras perkembangan zaman. Hal ini membuat gamelan Bali terus eksis dan mendapat tempat ditengah masyarakat. Dalam beberapa dekade belakangan, sejumlah musisi menyusun komposisi baru dan secara kreatif memasukkan elemen gamelan ke dalam karya komposisi mereka, yang disebut sebagai komposisi kontemporer."

Gagasan pokok paragraf kedua ada di kalimat pertama: "Gamelan Bali selalu dinamis dan terbuka bagi pembaharuan dan pengembangan bentuk-bentuk baru selaras perkembangan zaman."


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan