Nurlaela N

29 Januari 2024 07:35

Iklan

Iklan

Nurlaela N

29 Januari 2024 07:35

Pertanyaan

Definisi desinfeksi


1

1


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

14 Februari 2024 01:25

<p><br>Desinfeksi adalah proses atau tindakan untuk menghilangkan atau membunuh sebagian besar mikroorganisme patogen (mikroba penyebab penyakit) pada suatu benda atau permukaan. Tujuan dari desinfeksi adalah untuk mengurangi risiko penularan penyakit melalui pengendalian mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi.</p><p>Desinfeksi biasanya melibatkan penggunaan bahan kimia atau metode fisik tertentu untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen. Beberapa bahan kimia yang umum digunakan untuk desinfeksi termasuk klorin, peroksida hidrogen, alkohol, atau quaternary ammonium compounds. Metode fisik seperti pemanasan, radiasi ultraviolet, atau penggunaan sinar gamma juga dapat digunakan untuk mencapai tujuan desinfeksi.</p><p>Proses desinfeksi berbeda dari sterilisasi, di mana sterilisasi bertujuan untuk menghilangkan semua bentuk kehidupan mikroorganisme, termasuk spora bakteri yang sangat tahan terhadap kondisi ekstrem. Desinfeksi lebih fokus pada mengurangi jumlah mikroorganisme patogen hingga tingkat yang dapat diterima untuk mencegah penularan penyakit. Desinfeksi umumnya digunakan di lingkungan rumah sakit, laboratorium, pabrik pengolahan makanan, dan tempat-tempat lain yang memerlukan pengendalian infeksi.</p>


Desinfeksi adalah proses atau tindakan untuk menghilangkan atau membunuh sebagian besar mikroorganisme patogen (mikroba penyebab penyakit) pada suatu benda atau permukaan. Tujuan dari desinfeksi adalah untuk mengurangi risiko penularan penyakit melalui pengendalian mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi.

Desinfeksi biasanya melibatkan penggunaan bahan kimia atau metode fisik tertentu untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen. Beberapa bahan kimia yang umum digunakan untuk desinfeksi termasuk klorin, peroksida hidrogen, alkohol, atau quaternary ammonium compounds. Metode fisik seperti pemanasan, radiasi ultraviolet, atau penggunaan sinar gamma juga dapat digunakan untuk mencapai tujuan desinfeksi.

Proses desinfeksi berbeda dari sterilisasi, di mana sterilisasi bertujuan untuk menghilangkan semua bentuk kehidupan mikroorganisme, termasuk spora bakteri yang sangat tahan terhadap kondisi ekstrem. Desinfeksi lebih fokus pada mengurangi jumlah mikroorganisme patogen hingga tingkat yang dapat diterima untuk mencegah penularan penyakit. Desinfeksi umumnya digunakan di lingkungan rumah sakit, laboratorium, pabrik pengolahan makanan, dan tempat-tempat lain yang memerlukan pengendalian infeksi.


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jenderal Sudirman lahir pada 24 Januari 1916 di Bodas Karangjati, Purbalingga, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Karsid Kartawiradji adalah seorang pekerja di Pabrik Gula Kalibagor, Banyumas. Ibunya Siyem adalah keturunan Wedana Rembang. Sejak umur 8 bulan Sudirman diangkat menjadi anak oleh Toeridowati dan Raden Tjokrosoenaryo. Raden Tjokrosoenaryo adalah seorang Asisten Wedana Rembang yang masih saudara dari ibunya. Sudirman seorang anak yang pandai dan sangat menyukai organisasi. Ia mendapatkan pendidikan formal di sekolah Taman Siswa. Ia melanjutkan ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Surakarta, tetapi tidak sampai tamat hanya 1 tahun bersekolah. Pada saat itu, Sudirman giat berorganisasi Pramuka Hizbul Wathan. Sudirman juga pernah mengikuti pendidikan tentara PETA (Pembela Tanah Air) di Bogor. Selanjutnya, Sudirman mengajar di sekolah HIS Muhammadiyah di cilacap. 16. Sikap yang dapat diteladan dari tokoh Sudirman adalah a. Sudirman seorang anak yang pandai dan giat berorganisasi. b. Sudirman mengikuti pendidikan tentara PETA. c. Sudirman bersekolah di Taman Siswa. d. Sudirman merupakan keturunan Wedana Rembang. e. Sudirman diangkat menjadi anak oleh asisten Wedana Rembang.

4

5.0

Jawaban terverifikasi