Tissa T

07 Mei 2024 14:11

Iklan

Iklan

Tissa T

07 Mei 2024 14:11

Pertanyaan

Contoh molekul senyawa adalah ... A. belerang B. oksigen C. fosfat D. glukosa

Contoh molekul senyawa adalah ...
A. belerang
B. oksigen
C. fosfat
D. glukosa 


7

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dea K

08 Mei 2024 04:41

Jawaban terverifikasi

<p><strong>D. GLUKOSA</strong></p><p>Mari kita bahas satu persatu</p><p>&nbsp;</p><p>A. <strong>Belerang:</strong> Belerang (S) adalah unsur kimia dengan nomor atom 16 dan merupakan salah satu unsur kimia dalam tabel periodik. Belerang biasanya ditemukan dalam bentuk unsur tunggal, bukan senyawa, meskipun dapat membentuk senyawa dengan unsur lain seperti oksigen.</p><p>B. <strong>Oksigen:</strong> Oksigen (O) juga merupakan unsur kimia, dengan nomor atom 8. Oksigen dalam bentuk gas di atmosfer merupakan unsur yang sangat penting untuk proses kehidupan, tetapi itu adalah unsur tunggal, bukan senyawa.</p><p>C. <strong>Fosfat:</strong> Fosfat adalah garam dari asam fosfat. Meskipun fosfat dapat menjadi bagian dari senyawa, seperti fosfat organik dalam molekul DNA atau fosfolipid dalam membran sel, namun dalam konteks pertanyaan ini, "fosfat" dirujuk sebagai unsur kimia (P), bukan senyawa.</p><p>D. <strong>Glukosa:</strong> Glukosa adalah contoh molekul senyawa. Ini adalah karbohidrat yang tersusun dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen dalam perbandingan yang tepat (C6H12O6). Glukosa adalah senyawa yang sangat penting dalam biologi, digunakan sebagai sumber energi oleh banyak organisme hidup.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Jadi, dari pilihan yang diberikan, hanya glukosa yang merupakan contoh molekul senyawa.</strong></p>

D. GLUKOSA

Mari kita bahas satu persatu

 

A. Belerang: Belerang (S) adalah unsur kimia dengan nomor atom 16 dan merupakan salah satu unsur kimia dalam tabel periodik. Belerang biasanya ditemukan dalam bentuk unsur tunggal, bukan senyawa, meskipun dapat membentuk senyawa dengan unsur lain seperti oksigen.

B. Oksigen: Oksigen (O) juga merupakan unsur kimia, dengan nomor atom 8. Oksigen dalam bentuk gas di atmosfer merupakan unsur yang sangat penting untuk proses kehidupan, tetapi itu adalah unsur tunggal, bukan senyawa.

C. Fosfat: Fosfat adalah garam dari asam fosfat. Meskipun fosfat dapat menjadi bagian dari senyawa, seperti fosfat organik dalam molekul DNA atau fosfolipid dalam membran sel, namun dalam konteks pertanyaan ini, "fosfat" dirujuk sebagai unsur kimia (P), bukan senyawa.

D. Glukosa: Glukosa adalah contoh molekul senyawa. Ini adalah karbohidrat yang tersusun dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen dalam perbandingan yang tepat (C6H12O6). Glukosa adalah senyawa yang sangat penting dalam biologi, digunakan sebagai sumber energi oleh banyak organisme hidup.

 

Jadi, dari pilihan yang diberikan, hanya glukosa yang merupakan contoh molekul senyawa.


Iklan

Iklan

D. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

08 Mei 2024 04:50

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah D. glukosa</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p><strong>Molekul </strong>adalah gabungan dari dua atau lebih atom, bisa terbentuk dari atom yang sama. Contoh molekul di antaranya, hidrogen (H2) dan oksigen (O2). Bisa juga terbentuk dari atom yang berbeda, contohnya, air (H2O), karbon dioksida (CO2), atau karbon monoksida (CO).</p><p><br>Molekul yang tersusun atas atom yang sama dinamakan <strong>molekul unsur</strong>, sedangkan molekul yang dibangun oleh atom berbeda disebut <strong>molekul senyawa</strong>. Molekul yang terbentuk dari dua atom, baik atom yang sama ataupun beda disebut <strong>molekul diatomik</strong>. Selain itu, atom juga bisa membentuk <strong>molekul poliatomik</strong>, yaitu molekul yang tersusun atas tiga atau lebih atom, contohnya seperti ozon (O3) dan belerang atau sulfur (S8).</p><p>&nbsp;</p><p>A. Belerang</p><p>Molekul belerang atau sulfur (S8) terdiri atas atom sulfur sebanyak 8 dan termasuk ke dalam jenis molekul unsur poliatomik.</p><p><strong>(SALAH)</strong></p><p>&nbsp;</p><p>B. Oksigen</p><p>Molekul oksigen (O2) terdiri atas atom oksigen sebanyak 2 dan termasuk ke dalam jenis molekul unsur diatomik.</p><p><strong>(SALAH)</strong></p><p>&nbsp;</p><p>C. Fosfat</p><p>Molekul fosfat (P) adalah garam dari asam fosfat yang terdiri atas 1 unsur fosfor (P) dan termasuk ke dalam jenis molekul unsur.</p><p><strong>(SALAH)</strong></p><p>&nbsp;</p><p>D. Glukosa</p><p>Molekul glukosa atau gula (C6H12O6) terdiri atas 6 unsur karbon (C), 12 unsur hidrogen (H), dan 6 unsur oksigen (O). Sehingga, molekul glukosa termasuk ke dalam jenis molekul senyawa.</p><p><strong>(BENAR)</strong></p><p>&nbsp;</p><p>Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D</p>

Jawaban yang benar adalah D. glukosa

 

Pembahasan:

Molekul adalah gabungan dari dua atau lebih atom, bisa terbentuk dari atom yang sama. Contoh molekul di antaranya, hidrogen (H2) dan oksigen (O2). Bisa juga terbentuk dari atom yang berbeda, contohnya, air (H2O), karbon dioksida (CO2), atau karbon monoksida (CO).


Molekul yang tersusun atas atom yang sama dinamakan molekul unsur, sedangkan molekul yang dibangun oleh atom berbeda disebut molekul senyawa. Molekul yang terbentuk dari dua atom, baik atom yang sama ataupun beda disebut molekul diatomik. Selain itu, atom juga bisa membentuk molekul poliatomik, yaitu molekul yang tersusun atas tiga atau lebih atom, contohnya seperti ozon (O3) dan belerang atau sulfur (S8).

 

A. Belerang

Molekul belerang atau sulfur (S8) terdiri atas atom sulfur sebanyak 8 dan termasuk ke dalam jenis molekul unsur poliatomik.

(SALAH)

 

B. Oksigen

Molekul oksigen (O2) terdiri atas atom oksigen sebanyak 2 dan termasuk ke dalam jenis molekul unsur diatomik.

(SALAH)

 

C. Fosfat

Molekul fosfat (P) adalah garam dari asam fosfat yang terdiri atas 1 unsur fosfor (P) dan termasuk ke dalam jenis molekul unsur.

(SALAH)

 

D. Glukosa

Molekul glukosa atau gula (C6H12O6) terdiri atas 6 unsur karbon (C), 12 unsur hidrogen (H), dan 6 unsur oksigen (O). Sehingga, molekul glukosa termasuk ke dalam jenis molekul senyawa.

(BENAR)

 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D


Metta K

08 Mei 2024 03:32

<p>D. Glukosa</p><p>&nbsp;</p>

D. Glukosa

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang bukan merupakan unsur dari pendukung tari yaitu …. A. cantik atau tampan B. gerak C. busana D. ekspresi

4

0.0

Jawaban terverifikasi