Tissa Y

11 Oktober 2023 08:32

Iklan

Tissa Y

11 Oktober 2023 08:32

Pertanyaan

Cermatilah kutipan proposal berikut ! Proposal 1 Membaca dan menulis merupakan dua jenis keterampilan yang harus dikuasai para siswa dalam bahasa dan sastra Indonesia, di samping menyimak dan berbicara. Namun, sayangnya dua keterampilan inilah yang selalu menjadi persoalan classic dalam dunia pendidikan di Indonesia. Realitas kemampuan membaca dan menulis para siswa kita memang belum menggembirakan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh sastrawan Taufiq Ismail, melalui sebuah observation pada beberapa siswa di kawasan ASEAN bahwa anak-anak Indonesia rabun membaca dan pincak menulis. Proposal 2 Secara khusus pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan daya baca dan tulis para pelajar dalam beragam keterampilan membaca. Siswa juga diharapkan akan mampu meningkatkan kemampuan berliterasi secara baik. Selain itu, juga akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelajar dalam mengembangkan bakat dan minat membaca dan menulis di sekolah. Perbedaan struktur proposal 1 dan proposal 2 beradasarkan kutipan tersebut adalah

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

11

:

55

:

12

Klaim

2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Faiz D

Community

11 Oktober 2023 12:42

Jawaban terverifikasi

Perbedaan struktur antara Proposal 1 dan Proposal 2 berdasarkan kutipan tersebut adalah sebagai berikut: Fokus dan Tujuan: Proposal 1: Fokus pada masalah kemampuan membaca dan menulis siswa di Indonesia dan mencatat bahwa kemampuan ini adalah persoalan klasik dalam dunia pendidikan di Indonesia. Tujuan yang disebutkan adalah mengatasi persoalan ini. Proposal 2: Lebih fokus pada pelatihan yang diharapkan dapat meningkatkan daya baca dan tulis para pelajar, serta meningkatkan berliterasi, pengetahuan, dan keterampilan dalam mengembangkan bakat dan minat membaca dan menulis di sekolah. Penyebutan Sumber: Proposal 1: Mengutip sastrawan Taufiq Ismail dan mengacu pada observasinya terhadap siswa di kawasan ASEAN untuk memberikan gambaran tentang masalah membaca dan menulis di Indonesia. Proposal 2: Tidak menyebutkan sumber atau pengamatan spesifik seperti yang terdapat dalam Proposal 1. Pendekatan: Proposal 1: Lebih menjelaskan realitas masalah dan permasalahan yang ada terkait kemampuan membaca dan menulis siswa. Proposal 2: Lebih menjelaskan hasil yang diharapkan dari pelatihan yang direncanakan. Penekanan: Proposal 1: Menyoroti masalah kemampuan membaca dan menulis siswa di Indonesia sebagai masalah utama dalam pendidikan. Proposal 2: Menekankan hasil yang diharapkan dari pelatihan sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa. Dalam rangkaian kutipan ini, Proposal 1 lebih berfokus pada penyajian masalah dan masukan dari sumber tertentu, sementara Proposal 2 lebih berfokus pada tujuan pelatihan dan hasil yang diharapkan


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

268

5.0

Jawaban terverifikasi