Archie S

18 April 2024 15:06

Iklan

Iklan

Archie S

18 April 2024 15:06

Pertanyaan

carilah informasi tentang renewable energy beserta teknik pembuatan yang sederhana!

carilah informasi tentang renewable energy beserta teknik pembuatan yang sederhana!


8

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

18 April 2024 23:55

Jawaban terverifikasi

<p>Energi terbarukan adalah sumber energi yang tersedia oleh alam dan bisa dimanfaatkan secara terus-menerus (artinya tidak akan habis)Hal ini senada dengan keterangan International Energy Agency (IEA) yang juga menyatakan bahwa energi terbarukan adalah energi yang berasal dari proses alam yang diisi ulang terus menerus.&nbsp;</p><p>Beberapa sumber energi terbarukan (Renewable Energy Resources (RES)) yang potensial dan ketersediaanya berlimpah di Indonesia antara lain: angin, geothermal, hydropower, surya, biomassa (biogas, biofuel padat dan biofuel cair). sedangkan, Angin tergolong RES yang paling berlimpah di dunia.</p><p>contoh renewable dan tehnik sederhana:&nbsp;</p><p>Kincir Angin</p><p>Cara kerja pembangkit tenaga angin yang dikenal sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) cukup sederhana. Energi angin yang memutar kincir diteruskan untuk memutar baling-baling pada generator di bagian belakang kincir angin, sehingga menghasilkan energi listrik, yang nantinya dapat kita gunakan saat ini.</p><p>&nbsp;</p><p>semoga membantu ⭐</p>

Energi terbarukan adalah sumber energi yang tersedia oleh alam dan bisa dimanfaatkan secara terus-menerus (artinya tidak akan habis)Hal ini senada dengan keterangan International Energy Agency (IEA) yang juga menyatakan bahwa energi terbarukan adalah energi yang berasal dari proses alam yang diisi ulang terus menerus. 

Beberapa sumber energi terbarukan (Renewable Energy Resources (RES)) yang potensial dan ketersediaanya berlimpah di Indonesia antara lain: angin, geothermal, hydropower, surya, biomassa (biogas, biofuel padat dan biofuel cair). sedangkan, Angin tergolong RES yang paling berlimpah di dunia.

contoh renewable dan tehnik sederhana: 

Kincir Angin

Cara kerja pembangkit tenaga angin yang dikenal sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) cukup sederhana. Energi angin yang memutar kincir diteruskan untuk memutar baling-baling pada generator di bagian belakang kincir angin, sehingga menghasilkan energi listrik, yang nantinya dapat kita gunakan saat ini.

 

semoga membantu ⭐


Iklan

Iklan

D. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

19 April 2024 03:52

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah renewable energy adalah energi yang ketersediaannya dapat dipulihkan dengan cepat setelah energi tersebut digunakan / habis dan teknik pembuatan sederhananya yaitu dengan memanfaatkan dinamo yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:<br>Energi terbarukan (renewable energy) adalah energi yang ketersediaannya dapat dipulihkan dengan cepat setelah energi tersebut digunakan / habis secara alami serta mempunyai proses yang berkelanjutan. Contoh energi terbarukan adalah tenaga angin, tenaga surya, tenaga panas bumi, tenaga pasang surut, dan sebagainya.</p><p>&nbsp;</p><p>Teknik pembuatan renewable energy sederhana yang dapat dipraktikkan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari yaitu pembuatan PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) sederhana berupa kincir angin dari kayu/stik es krim. Kincir yang telah dibuat ketika terkena angin akan berputar yang kemudian energi geraknya diubah ke listrik melalui dinamo yang dihubungkan ke sebuah lampu. Semakin cepat putaran kincir maka semakin terang nyala lampu tersebut. Sehingga kincir angin itu dapat bermanfaat untuk menghidupkan lampu.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, renewable energy adalah energi yang ketersediaannya dapat dipulihkan dengan cepat setelah energi tersebut digunakan / habis dan teknik pembuatan sederhananya yaitu dengan memanfaatkan dinamo yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik.</p>

Jawaban yang benar adalah renewable energy adalah energi yang ketersediaannya dapat dipulihkan dengan cepat setelah energi tersebut digunakan / habis dan teknik pembuatan sederhananya yaitu dengan memanfaatkan dinamo yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

 

Pembahasan:
Energi terbarukan (renewable energy) adalah energi yang ketersediaannya dapat dipulihkan dengan cepat setelah energi tersebut digunakan / habis secara alami serta mempunyai proses yang berkelanjutan. Contoh energi terbarukan adalah tenaga angin, tenaga surya, tenaga panas bumi, tenaga pasang surut, dan sebagainya.

 

Teknik pembuatan renewable energy sederhana yang dapat dipraktikkan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari yaitu pembuatan PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) sederhana berupa kincir angin dari kayu/stik es krim. Kincir yang telah dibuat ketika terkena angin akan berputar yang kemudian energi geraknya diubah ke listrik melalui dinamo yang dihubungkan ke sebuah lampu. Semakin cepat putaran kincir maka semakin terang nyala lampu tersebut. Sehingga kincir angin itu dapat bermanfaat untuk menghidupkan lampu.

 

Jadi, renewable energy adalah energi yang ketersediaannya dapat dipulihkan dengan cepat setelah energi tersebut digunakan / habis dan teknik pembuatan sederhananya yaitu dengan memanfaatkan dinamo yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik.


Ardy S

19 April 2024 12:08

<p>13&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

13 

 

 

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dewasa ini kebutuhan kayu makin meningkat, misalnya untuk membuat perlengkapan rumah tangga, bahan bangunan, bahan dasar pembuatan kertas, dan sebagai bahan bakar. Akibatnya, penebangan hutan secara liar makin marak dilakukan. Kegiatan tersebut dapat memicu terjadinya banjir dan pemanasan global. Oleh karena itu, pemerintah menerapkan kebijakan tebang pilih dan mereboisasi hutan-hutan yang gundul. Kelebihan dari upaya bagi lingkungan adalah A. Ekosistem hutan menjadi stabil B. Konsentrasi gas CFC di udara berkurang C.polusi hama penyebab penyakit berkurang

5

5.0

Jawaban terverifikasi