Khofifa A

24 Juli 2024 15:23

Khofifa A

24 Juli 2024 15:23

Pertanyaan

Bisakah rantai DNA dirubah untuk manusia, tumbuhan, dan hewan?

Bisakah rantai DNA dirubah untuk manusia, tumbuhan, dan hewan?

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

00

:

26

:

16

Klaim

12

2

Jawaban terverifikasi

Dina I

25 Juli 2024 03:58

Jawaban terverifikasi

<p>Dengan bantuan teknologi perubahan tersebut dapat di lakukan, namun memerlukan pertimbangan yang dilakukan secara hati-hati terkait dengan etika dan keamanannya&nbsp;</p>

Dengan bantuan teknologi perubahan tersebut dapat di lakukan, namun memerlukan pertimbangan yang dilakukan secara hati-hati terkait dengan etika dan keamanannya 


Nanda R

Community

26 Juli 2024 00:29

Jawaban terverifikasi

<p>Ya, rantai DNA dapat diubah pada manusia, tumbuhan, dan hewan melalui teknik rekayasa genetika. Berikut adalah beberapa metode dan aplikasi dari rekayasa genetika:</p><p><strong>CRISPR-Cas9</strong>: Teknologi pengeditan gen yang memungkinkan perubahan spesifik pada DNA. CRISPR-Cas9 dapat digunakan untuk memperbaiki mutasi genetik pada manusia, meningkatkan hasil panen pada tumbuhan, dan meningkatkan resistensi penyakit pada hewan.</p><p><strong>Transgenik</strong>: Proses memasukkan gen dari satu spesies ke spesies lain. Misalnya, tanaman transgenik yang tahan hama atau tanaman yang diperkaya nutrisi.</p><p><strong>Kloning</strong>: Penggandaan organisme dengan menyalin DNA dari satu individu. Misalnya, hewan kloning seperti domba Dolly.</p><p><strong>Terapi Gen</strong>: Digunakan dalam pengobatan manusia untuk mengobati atau mencegah penyakit genetik dengan memasukkan, menghapus, atau mengganti gen yang rusak.</p><p><strong>Penyuntingan Genom</strong>: Selain CRISPR, ada teknologi lain seperti TALEN dan ZFN yang digunakan untuk mengedit genom organisme.</p>

Ya, rantai DNA dapat diubah pada manusia, tumbuhan, dan hewan melalui teknik rekayasa genetika. Berikut adalah beberapa metode dan aplikasi dari rekayasa genetika:

CRISPR-Cas9: Teknologi pengeditan gen yang memungkinkan perubahan spesifik pada DNA. CRISPR-Cas9 dapat digunakan untuk memperbaiki mutasi genetik pada manusia, meningkatkan hasil panen pada tumbuhan, dan meningkatkan resistensi penyakit pada hewan.

Transgenik: Proses memasukkan gen dari satu spesies ke spesies lain. Misalnya, tanaman transgenik yang tahan hama atau tanaman yang diperkaya nutrisi.

Kloning: Penggandaan organisme dengan menyalin DNA dari satu individu. Misalnya, hewan kloning seperti domba Dolly.

Terapi Gen: Digunakan dalam pengobatan manusia untuk mengobati atau mencegah penyakit genetik dengan memasukkan, menghapus, atau mengganti gen yang rusak.

Penyuntingan Genom: Selain CRISPR, ada teknologi lain seperti TALEN dan ZFN yang digunakan untuk mengedit genom organisme.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

faktor pendukung interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

9

0.0

Jawaban terverifikasi