Avrellia S

07 April 2024 00:55

Iklan

Iklan

Avrellia S

07 April 2024 00:55

Pertanyaan

Beberapa agenda yang disuarakan para mahasiswa dalam gerakan reformasi adalah sebagai berikut, kecuali?

Beberapa agenda yang disuarakan para mahasiswa dalam gerakan reformasi adalah sebagai berikut, kecuali?

 


14

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Zhao M

15 April 2024 13:50

Jawaban terverifikasi

<p>Agenda reformasi yang disuarakan oleh para mahasiswa terdiri dari :&nbsp;</p><p>1. Amandemen UUD 1945</p><p>2. Otonomi daerah yang seluas-luasnya</p><p>3. Penghapusan Dwi fungsi ABRI</p><p>4. Penghapusan KKN (Kolusi, Korupsi, Nepotisme)</p><p>5. Tegakkan supremasi hukum&nbsp;</p><p>6. Adili Soeharto&nbsp;</p>

Agenda reformasi yang disuarakan oleh para mahasiswa terdiri dari : 

1. Amandemen UUD 1945

2. Otonomi daerah yang seluas-luasnya

3. Penghapusan Dwi fungsi ABRI

4. Penghapusan KKN (Kolusi, Korupsi, Nepotisme)

5. Tegakkan supremasi hukum 

6. Adili Soeharto 


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

26 April 2024 23:40

Jawaban terverifikasi

<p>Gerakan reformasi yang diprakarsai oleh mahasiswa pada tahun 1998 di Indonesia memiliki beberapa agenda yang disuarakan sebagai tuntutan perubahan dalam sistem pemerintahan dan tatanan politik. Beberapa agenda yang disuarakan para mahasiswa dalam gerakan reformasi tersebut antara lain:</p><p><strong>Reformasi Politik</strong>: Tuntutan untuk menghapuskan kediktatoran, oligarki, nepotisme, dan korupsi dalam pemerintahan serta mendorong transparansi, akuntabilitas, dan demokratisasi dalam sistem politik.</p><p><strong>Reformasi Hukum</strong>: Menuntut reformasi peradilan dan penegakan hukum yang lebih adil, transparan, dan bebas dari intervensi politik serta menegakkan supremasi hukum.</p><p><strong>Reformasi Ekonomi</strong>: Memperjuangkan kebijakan ekonomi yang lebih inklusif, adil, dan berpihak pada rakyat, serta menentang monopoli dan kolusi ekonomi yang merugikan masyarakat.</p><p><strong>Reformasi Sosial</strong>: Menuntut perbaikan sistem pendidikan dan kesehatan yang merata dan berkualitas, serta perlindungan terhadap hak-hak buruh dan hak asasi manusia secara umum.</p><p><strong>Reformasi Birokrasi</strong>: Mengusulkan perbaikan sistem birokrasi yang lebih efisien, transparan, dan bebas dari praktik korupsi serta penempatan pejabat berdasarkan kompetensi dan integritas.</p><p><strong>Reformasi Media</strong>: Menuntut kebebasan berekspresi, kebebasan pers, dan regulasi media yang lebih adil, serta menentang sensor dan manipulasi informasi.</p><p><strong>Reformasi Pemilihan Umum</strong>: Memperjuangkan penyelenggaraan pemilihan umum yang bebas, jujur, dan adil, serta menghapuskan praktik politik uang dan manipulasi hasil pemilu.</p><p><strong>Reformasi Lingkungan</strong>: Menyuarakan perlindungan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, serta menentang eksploitasi sumber daya alam yang tidak bertanggung jawab.</p>

Gerakan reformasi yang diprakarsai oleh mahasiswa pada tahun 1998 di Indonesia memiliki beberapa agenda yang disuarakan sebagai tuntutan perubahan dalam sistem pemerintahan dan tatanan politik. Beberapa agenda yang disuarakan para mahasiswa dalam gerakan reformasi tersebut antara lain:

Reformasi Politik: Tuntutan untuk menghapuskan kediktatoran, oligarki, nepotisme, dan korupsi dalam pemerintahan serta mendorong transparansi, akuntabilitas, dan demokratisasi dalam sistem politik.

Reformasi Hukum: Menuntut reformasi peradilan dan penegakan hukum yang lebih adil, transparan, dan bebas dari intervensi politik serta menegakkan supremasi hukum.

Reformasi Ekonomi: Memperjuangkan kebijakan ekonomi yang lebih inklusif, adil, dan berpihak pada rakyat, serta menentang monopoli dan kolusi ekonomi yang merugikan masyarakat.

Reformasi Sosial: Menuntut perbaikan sistem pendidikan dan kesehatan yang merata dan berkualitas, serta perlindungan terhadap hak-hak buruh dan hak asasi manusia secara umum.

Reformasi Birokrasi: Mengusulkan perbaikan sistem birokrasi yang lebih efisien, transparan, dan bebas dari praktik korupsi serta penempatan pejabat berdasarkan kompetensi dan integritas.

Reformasi Media: Menuntut kebebasan berekspresi, kebebasan pers, dan regulasi media yang lebih adil, serta menentang sensor dan manipulasi informasi.

Reformasi Pemilihan Umum: Memperjuangkan penyelenggaraan pemilihan umum yang bebas, jujur, dan adil, serta menghapuskan praktik politik uang dan manipulasi hasil pemilu.

Reformasi Lingkungan: Menyuarakan perlindungan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, serta menentang eksploitasi sumber daya alam yang tidak bertanggung jawab.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dio adalah siswa baru yang berasal dari Riau yang bersekolah di Bandung. Saat istirahat, Lala melihat Dio duduk sendiri di kelas tanpa ada yang menemani. Sikap yang sebaiknya dilakukan Lala adalah …. A. Membiarkan Dio istirahat sendiri di kelas B. Mengejek Dio yang sedang istirahat sendiri C. Mengajak Dio untuk istirahat bersama di luar kelas D. Menyuruh teman kelas lain untuk menemani Dio

6

0.0

Jawaban terverifikasi