Muhamad F

05 April 2024 01:53

Iklan

Iklan

Muhamad F

05 April 2024 01:53

Pertanyaan

bank indonesia mempunyai tugas untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran. salah satunya adalah mewajibkan penyelenggaraan jasa sistem pembayaran untuk menyampaikan

bank indonesia mempunyai tugas untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran. salah satunya adalah mewajibkan penyelenggaraan jasa sistem pembayaran untuk menyampaikan


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

06 April 2024 05:23

Jawaban terverifikasi

<p><br>Informasi yang harus disampaikan oleh penyelenggara jasa sistem pembayaran kepada Bank Indonesia biasanya terkait dengan laporan, data, atau informasi tertentu yang berkaitan dengan operasi dan kinerja sistem pembayaran. Beberapa hal yang mungkin harus disampaikan oleh penyelenggara jasa sistem pembayaran kepada Bank Indonesia termasuk:</p><p><strong>Laporan Transaksi Harian</strong>: Penyelenggara jasa sistem pembayaran biasanya diwajibkan untuk menyampaikan laporan harian tentang volume transaksi, nilai transaksi, dan jenis transaksi yang dilakukan melalui sistem pembayaran yang mereka kelola. Ini membantu Bank Indonesia untuk memantau aktivitas dan volume pembayaran secara keseluruhan.</p><p><strong>Laporan Kepatuhan</strong>: Penyelenggara jasa sistem pembayaran juga mungkin diminta untuk menyampaikan laporan tentang kepatuhan mereka terhadap peraturan dan standar yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau badan pengatur lainnya. Ini termasuk laporan tentang langkah-langkah keamanan yang diimplementasikan oleh penyelenggara untuk melindungi sistem pembayaran dari penipuan dan kegiatan ilegal lainnya.</p><p><strong>Pengumuman Perubahan Sistem</strong>: Ketika terjadi perubahan signifikan dalam sistem pembayaran yang dikelola oleh penyelenggara, seperti perubahan kebijakan, biaya, atau fitur teknis, mereka mungkin diwajibkan untuk memberikan pengumuman kepada Bank Indonesia dan pihak terkait lainnya.</p><p><strong>Pengawasan dan Pemeriksaan</strong>: Bank Indonesia dapat meminta akses untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap penyelenggara jasa sistem pembayaran untuk memastikan bahwa operasinya sesuai dengan peraturan dan standar yang berlaku.</p><p><strong>Konsultasi dan Kerjasama</strong>: Selain itu, Bank Indonesia juga dapat bekerja sama dengan penyelenggara jasa sistem pembayaran dalam hal-hal seperti pengembangan kebijakan, perencanaan strategis, atau penanganan masalah teknis.</p>


Informasi yang harus disampaikan oleh penyelenggara jasa sistem pembayaran kepada Bank Indonesia biasanya terkait dengan laporan, data, atau informasi tertentu yang berkaitan dengan operasi dan kinerja sistem pembayaran. Beberapa hal yang mungkin harus disampaikan oleh penyelenggara jasa sistem pembayaran kepada Bank Indonesia termasuk:

Laporan Transaksi Harian: Penyelenggara jasa sistem pembayaran biasanya diwajibkan untuk menyampaikan laporan harian tentang volume transaksi, nilai transaksi, dan jenis transaksi yang dilakukan melalui sistem pembayaran yang mereka kelola. Ini membantu Bank Indonesia untuk memantau aktivitas dan volume pembayaran secara keseluruhan.

Laporan Kepatuhan: Penyelenggara jasa sistem pembayaran juga mungkin diminta untuk menyampaikan laporan tentang kepatuhan mereka terhadap peraturan dan standar yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau badan pengatur lainnya. Ini termasuk laporan tentang langkah-langkah keamanan yang diimplementasikan oleh penyelenggara untuk melindungi sistem pembayaran dari penipuan dan kegiatan ilegal lainnya.

Pengumuman Perubahan Sistem: Ketika terjadi perubahan signifikan dalam sistem pembayaran yang dikelola oleh penyelenggara, seperti perubahan kebijakan, biaya, atau fitur teknis, mereka mungkin diwajibkan untuk memberikan pengumuman kepada Bank Indonesia dan pihak terkait lainnya.

Pengawasan dan Pemeriksaan: Bank Indonesia dapat meminta akses untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap penyelenggara jasa sistem pembayaran untuk memastikan bahwa operasinya sesuai dengan peraturan dan standar yang berlaku.

Konsultasi dan Kerjasama: Selain itu, Bank Indonesia juga dapat bekerja sama dengan penyelenggara jasa sistem pembayaran dalam hal-hal seperti pengembangan kebijakan, perencanaan strategis, atau penanganan masalah teknis.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

06 April 2024 14:51

Jawaban terverifikasi

<p>Laporan berkala yang mencakup informasi tentang volume transaksi, nilai transaksi, dan statistik lainnya terkait sistem pembayaran yang mereka kelola. Laporan-laporan ini membantu Bank Indonesia untuk memonitor dan menganalisis kinerja sistem pembayaran secara menyeluruh, serta mengidentifikasi potensi risiko atau masalah yang perlu ditangani. Selain itu, laporan-laporan ini juga dapat digunakan untuk membuat kebijakan dan regulasi yang relevan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan sistem pembayaran.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Laporan berkala yang mencakup informasi tentang volume transaksi, nilai transaksi, dan statistik lainnya terkait sistem pembayaran yang mereka kelola. Laporan-laporan ini membantu Bank Indonesia untuk memonitor dan menganalisis kinerja sistem pembayaran secara menyeluruh, serta mengidentifikasi potensi risiko atau masalah yang perlu ditangani. Selain itu, laporan-laporan ini juga dapat digunakan untuk membuat kebijakan dan regulasi yang relevan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan sistem pembayaran.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam komponen sistem pembayaran terdapat alat pembayaran dan instrumen. Apakah perbedaan dua komponen tersebut?

3

5.0

Jawaban terverifikasi