Muhammad A

19 Februari 2024 02:09

Iklan

Iklan

Muhammad A

19 Februari 2024 02:09

Pertanyaan

Bandingkan pendapat Ricklefs dan pringgodigdo tentang faktor-faktor yang menyebabkan berkembangnya pergerakan nasional di Indonesia?


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

20 Februari 2024 02:45

Jawaban terverifikasi

<h2>Perbandingan Pendapat Ricklefs dan Pringgodigdo tentang Faktor-faktor yang Menyebabkan Berkembangnya Pergerakan Nasional di Indonesia</h2><p><strong>Ricklef:</strong></p><ul><li><strong>Faktor internal:</strong><ul><li>Kesadaran nasional yang tumbuh akibat pendidikan dan pers</li><li>Munculnya kaum terpelajar</li><li>Ketidakpuasan terhadap politik etis</li><li>Lahirnya organisasi-organisasi modern</li></ul></li><li><strong>Faktor eksternal:</strong><ul><li>Munculnya nasionalisme di Asia dan Afrika</li><li>Kemenangan Jepang atas Rusia</li></ul></li></ul><p><strong>Pringgodigdo:</strong></p><ul><li><strong>Faktor internal:</strong><ul><li>Penderitaan rakyat akibat penjajahan</li><li>Kebangkitan nasionalisme</li><li>Lahirnya kaum terpelajar</li><li>Perkembangan pers</li><li>Munculnya organisasi-organisasi modern</li></ul></li><li><strong>Faktor eksternal:</strong><ul><li>Pengaruh Revolusi Perancis</li><li>Munculnya nasionalisme di Asia dan Afrika</li></ul></li></ul><p><strong>Persamaan:</strong></p><ul><li>Kedua sejarawan sepakat bahwa faktor internal dan eksternal berperan dalam berkembangnya pergerakan nasional.</li><li>Faktor internal yang disepakati:<ul><li>Munculnya kaum terpelajar</li><li>Perkembangan pers</li><li>Munculnya organisasi-organisasi modern</li></ul></li><li>Faktor eksternal yang disepakati:<ul><li>Munculnya nasionalisme di Asia dan Afrika</li></ul></li></ul><p><strong>Perbedaan:</strong></p><ul><li>Ricklefs menekankan pada ketidakpuasan terhadap politik etis sebagai faktor internal. Pringgodigdo tidak menyebutkannya.</li><li>Ricklefs menyebut kemenangan Jepang atas Rusia sebagai faktor eksternal. Pringgodigdo tidak menyebutkannya.</li><li>Pringgodigdo menyebut penderitaan rakyat akibat penjajahan dan kebangkitan nasionalisme sebagai faktor internal. Ricklefs tidak menyebutkannya secara eksplisit.</li><li>Pringgodigdo menyebut pengaruh Revolusi Perancis sebagai faktor eksternal. Ricklefs tidak menyebutkannya.</li></ul><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Ricklefs dan Pringgodigdo memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan dalam pendapat mereka tentang faktor-faktor yang menyebabkan berkembangnya pergerakan nasional di Indonesia. Perbedaan ini mungkin disebabkan oleh fokus penelitian dan interpretasi mereka terhadap sejarah.</p><p>&nbsp;</p>

Perbandingan Pendapat Ricklefs dan Pringgodigdo tentang Faktor-faktor yang Menyebabkan Berkembangnya Pergerakan Nasional di Indonesia

Ricklef:

  • Faktor internal:
    • Kesadaran nasional yang tumbuh akibat pendidikan dan pers
    • Munculnya kaum terpelajar
    • Ketidakpuasan terhadap politik etis
    • Lahirnya organisasi-organisasi modern
  • Faktor eksternal:
    • Munculnya nasionalisme di Asia dan Afrika
    • Kemenangan Jepang atas Rusia

Pringgodigdo:

  • Faktor internal:
    • Penderitaan rakyat akibat penjajahan
    • Kebangkitan nasionalisme
    • Lahirnya kaum terpelajar
    • Perkembangan pers
    • Munculnya organisasi-organisasi modern
  • Faktor eksternal:
    • Pengaruh Revolusi Perancis
    • Munculnya nasionalisme di Asia dan Afrika

Persamaan:

  • Kedua sejarawan sepakat bahwa faktor internal dan eksternal berperan dalam berkembangnya pergerakan nasional.
  • Faktor internal yang disepakati:
    • Munculnya kaum terpelajar
    • Perkembangan pers
    • Munculnya organisasi-organisasi modern
  • Faktor eksternal yang disepakati:
    • Munculnya nasionalisme di Asia dan Afrika

Perbedaan:

  • Ricklefs menekankan pada ketidakpuasan terhadap politik etis sebagai faktor internal. Pringgodigdo tidak menyebutkannya.
  • Ricklefs menyebut kemenangan Jepang atas Rusia sebagai faktor eksternal. Pringgodigdo tidak menyebutkannya.
  • Pringgodigdo menyebut penderitaan rakyat akibat penjajahan dan kebangkitan nasionalisme sebagai faktor internal. Ricklefs tidak menyebutkannya secara eksplisit.
  • Pringgodigdo menyebut pengaruh Revolusi Perancis sebagai faktor eksternal. Ricklefs tidak menyebutkannya.

Kesimpulan:

Ricklefs dan Pringgodigdo memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan dalam pendapat mereka tentang faktor-faktor yang menyebabkan berkembangnya pergerakan nasional di Indonesia. Perbedaan ini mungkin disebabkan oleh fokus penelitian dan interpretasi mereka terhadap sejarah.

 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Februari 2024 06:36

Jawaban terverifikasi

<p>Sebagai informasi, J. B. Pringgodigdo adalah seorang sejarawan Indonesia yang menulis tentang sejarah Indonesia, sementara M. C. Ricklefs adalah sejarawan asing yang juga mengkhususkan diri dalam sejarah Indonesia. Keduanya memiliki pandangan yang berbeda dalam menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan berkembangnya pergerakan nasional di Indonesia.</p><p><strong>M. C. Ricklefs:</strong></p><p>Ricklefs, dalam karyanya yang terkenal "A History of Modern Indonesia Since c. 1300," cenderung menekankan pada faktor-faktor eksternal dan struktural yang memainkan peran dalam perkembangan pergerakan nasional di Indonesia. Ia menyoroti dampak kolonialisme, modernisasi, dan dinamika politik global pada masyarakat Indonesia.</p><p>Ricklefs menunjukkan bagaimana interaksi dengan kekuatan-kekuatan kolonial, terutama Belanda, serta masuknya gagasan-gagasan modern dan perubahan ekonomi, memainkan peran penting dalam membentuk kesadaran nasional di kalangan masyarakat Indonesia.</p><p><strong>J. B. Pringgodigdo:</strong></p><p>Pringgodigdo, di sisi lain, dapat ditemui dalam tulisannya "Asal Mula Pergerakan Nasional," menekankan lebih pada faktor-faktor internal yang melibatkan kesadaran nasional yang tumbuh di kalangan elit pribumi. Ia menyoroti peran pemikir-pemikir, aktivis, dan tokoh-tokoh nasionalis dalam membentuk semangat persatuan dan perlawanan terhadap kolonialisme.</p><p>Pringgodigdo menggambarkan bagaimana munculnya kelompok intelektual dan perkumpulan-perkumpulan politik lokal di awal abad ke-20 memainkan peran penting dalam membentuk identitas nasional dan semangat perjuangan melawan penjajahan.</p><p><strong>Perbandingan:</strong></p><p>Secara umum, sementara Ricklefs menekankan faktor eksternal dan perubahan struktural, Pringgodigdo lebih menyoroti faktor internal, khususnya peran kelompok intelektual dan elit pribumi dalam merumuskan identitas nasional.</p>

Sebagai informasi, J. B. Pringgodigdo adalah seorang sejarawan Indonesia yang menulis tentang sejarah Indonesia, sementara M. C. Ricklefs adalah sejarawan asing yang juga mengkhususkan diri dalam sejarah Indonesia. Keduanya memiliki pandangan yang berbeda dalam menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan berkembangnya pergerakan nasional di Indonesia.

M. C. Ricklefs:

Ricklefs, dalam karyanya yang terkenal "A History of Modern Indonesia Since c. 1300," cenderung menekankan pada faktor-faktor eksternal dan struktural yang memainkan peran dalam perkembangan pergerakan nasional di Indonesia. Ia menyoroti dampak kolonialisme, modernisasi, dan dinamika politik global pada masyarakat Indonesia.

Ricklefs menunjukkan bagaimana interaksi dengan kekuatan-kekuatan kolonial, terutama Belanda, serta masuknya gagasan-gagasan modern dan perubahan ekonomi, memainkan peran penting dalam membentuk kesadaran nasional di kalangan masyarakat Indonesia.

J. B. Pringgodigdo:

Pringgodigdo, di sisi lain, dapat ditemui dalam tulisannya "Asal Mula Pergerakan Nasional," menekankan lebih pada faktor-faktor internal yang melibatkan kesadaran nasional yang tumbuh di kalangan elit pribumi. Ia menyoroti peran pemikir-pemikir, aktivis, dan tokoh-tokoh nasionalis dalam membentuk semangat persatuan dan perlawanan terhadap kolonialisme.

Pringgodigdo menggambarkan bagaimana munculnya kelompok intelektual dan perkumpulan-perkumpulan politik lokal di awal abad ke-20 memainkan peran penting dalam membentuk identitas nasional dan semangat perjuangan melawan penjajahan.

Perbandingan:

Secara umum, sementara Ricklefs menekankan faktor eksternal dan perubahan struktural, Pringgodigdo lebih menyoroti faktor internal, khususnya peran kelompok intelektual dan elit pribumi dalam merumuskan identitas nasional.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ketika menjabat sebagai khatib di Masjid Agung Kesultanan, K.H. Ahmad Dahlan mulai melakukan ide pembaruan. Pernyataan yang terkait ialah HOTS a. Mengimbau untuk merapatkan saf ketika salat b. Menggarisi lantai masjid sesuai tarah kiblat C. Memindahkan tata letak tempat skhotbah d. Menggunakan pengeras suara bagi imam masjid e. Mengimbau jamaah anak-anak ditempatkan di saf belakang

16

0.0

Jawaban terverifikasi