Syabilla N

04 April 2024 07:05

Iklan

Iklan

Syabilla N

04 April 2024 07:05

Pertanyaan

Bagaimana struktur kontrol keputusan dalam informatika? Jelaskan!

Bagaimana struktur kontrol keputusan dalam informatika? Jelaskan!


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

06 April 2024 06:00

Jawaban terverifikasi

<p>Struktur kontrol keputusan dalam informatika merujuk pada cara program atau algoritma mengambil keputusan berdasarkan kondisi-kondisi tertentu. Struktur ini memungkinkan program untuk menjalankan perintah atau tindakan tertentu berdasarkan evaluasi kondisi yang diberikan. Dalam bahasa pemrograman, struktur kontrol keputusan biasanya diimplementasikan melalui pernyataan kondisional seperti <strong>if</strong>, <strong>else</strong>, dan <strong>else if</strong>. Terdapat beberapa jenis struktur kontrol keputusan yang umum digunakan:</p><p><strong>Pernyataan if</strong>: Pernyataan ini digunakan untuk mengevaluasi sebuah kondisi, dan jika kondisi tersebut benar (true), maka blok kode yang terkait akan dieksekusi. Jika kondisi salah (false), maka blok kode tersebut tidak dieksekusi.</p><p><strong>Pernyataan else</strong>: Pernyataan ini biasanya digunakan bersama dengan pernyataan <strong>if</strong>, dan dieksekusi jika kondisi pada pernyataan <strong>if</strong> tidak terpenuhi.</p><p><strong>Pernyataan else if</strong>: Pernyataan ini digunakan ketika terdapat beberapa kondisi yang harus dievaluasi secara berurutan. Jika kondisi pada pernyataan <strong>if</strong> tidak terpenuhi, maka kondisi pada pernyataan <strong>else if</strong> akan dievaluasi. Jika salah satu kondisi terpenuhi, maka blok kode yang terkait akan dieksekusi, dan evaluasi kondisi berhenti.</p><p><strong>Switch-case</strong>: Struktur ini digunakan untuk memeriksa nilai dari sebuah ekspresi dan menjalankan blok kode yang sesuai dengan nilai tersebut. Ini lebih cocok digunakan ketika terdapat beberapa pilihan yang berbeda yang harus dievaluasi.</p>

Struktur kontrol keputusan dalam informatika merujuk pada cara program atau algoritma mengambil keputusan berdasarkan kondisi-kondisi tertentu. Struktur ini memungkinkan program untuk menjalankan perintah atau tindakan tertentu berdasarkan evaluasi kondisi yang diberikan. Dalam bahasa pemrograman, struktur kontrol keputusan biasanya diimplementasikan melalui pernyataan kondisional seperti if, else, dan else if. Terdapat beberapa jenis struktur kontrol keputusan yang umum digunakan:

Pernyataan if: Pernyataan ini digunakan untuk mengevaluasi sebuah kondisi, dan jika kondisi tersebut benar (true), maka blok kode yang terkait akan dieksekusi. Jika kondisi salah (false), maka blok kode tersebut tidak dieksekusi.

Pernyataan else: Pernyataan ini biasanya digunakan bersama dengan pernyataan if, dan dieksekusi jika kondisi pada pernyataan if tidak terpenuhi.

Pernyataan else if: Pernyataan ini digunakan ketika terdapat beberapa kondisi yang harus dievaluasi secara berurutan. Jika kondisi pada pernyataan if tidak terpenuhi, maka kondisi pada pernyataan else if akan dievaluasi. Jika salah satu kondisi terpenuhi, maka blok kode yang terkait akan dieksekusi, dan evaluasi kondisi berhenti.

Switch-case: Struktur ini digunakan untuk memeriksa nilai dari sebuah ekspresi dan menjalankan blok kode yang sesuai dengan nilai tersebut. Ini lebih cocok digunakan ketika terdapat beberapa pilihan yang berbeda yang harus dievaluasi.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

08 April 2024 09:54

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam informatika, struktur kontrol keputusan merujuk pada mekanisme yang digunakan dalam pemrograman untuk mengatur aliran eksekusi program berdasarkan kondisi atau keputusan tertentu. Ini memungkinkan program untuk melakukan tindakan yang berbeda tergantung pada kondisi yang diberikan. Struktur kontrol keputusan utama dalam pemrograman mencakup:</p><p><strong>Struktur Pemilihan (Selection Structures)</strong>:</p><ul><li><strong>Statement IF</strong>: Ini adalah struktur kontrol yang paling umum. Ini memungkinkan program untuk memeriksa kondisi dan menjalankan serangkaian pernyataan jika kondisi tersebut benar. Jika kondisi salah, program dapat melanjutkan ke bagian lain dari kode.</li><li><strong>Statement IF-ELSE</strong>: Struktur ini memungkinkan program untuk menjalankan satu blok kode jika kondisi benar dan blok kode lainnya jika kondisi salah.</li></ul><p><strong>Struktur Perulangan (Looping Structures)</strong>:</p><ul><li><strong>Statement WHILE</strong>: Ini adalah struktur perulangan yang sederhana. Program akan menjalankan blok kode selama kondisi yang ditentukan benar.</li><li><strong>Statement FOR</strong>: Struktur ini digunakan untuk melakukan iterasi sejumlah tertentu. Program akan menjalankan blok kode sejumlah kali sesuai dengan parameter yang ditentukan.</li><li><strong>Statement DO-WHILE</strong>: Mirip dengan WHILE, namun perbedaannya adalah kode akan dijalankan setidaknya satu kali sebelum kondisi dipertimbangkan.</li></ul><p><strong>Struktur Pilihan Berganda (Multiple Choice Structures)</strong>:</p><ul><li><strong>Statement SWITCH</strong>: Struktur ini memungkinkan program untuk mengevaluasi ekspresi dan menjalankan blok kode yang sesuai dengan nilai ekspresi tersebut. Ini memberikan alternatif yang lebih terstruktur daripada serangkaian pernyataan IF yang bersarang.</li></ul>

Dalam informatika, struktur kontrol keputusan merujuk pada mekanisme yang digunakan dalam pemrograman untuk mengatur aliran eksekusi program berdasarkan kondisi atau keputusan tertentu. Ini memungkinkan program untuk melakukan tindakan yang berbeda tergantung pada kondisi yang diberikan. Struktur kontrol keputusan utama dalam pemrograman mencakup:

Struktur Pemilihan (Selection Structures):

  • Statement IF: Ini adalah struktur kontrol yang paling umum. Ini memungkinkan program untuk memeriksa kondisi dan menjalankan serangkaian pernyataan jika kondisi tersebut benar. Jika kondisi salah, program dapat melanjutkan ke bagian lain dari kode.
  • Statement IF-ELSE: Struktur ini memungkinkan program untuk menjalankan satu blok kode jika kondisi benar dan blok kode lainnya jika kondisi salah.

Struktur Perulangan (Looping Structures):

  • Statement WHILE: Ini adalah struktur perulangan yang sederhana. Program akan menjalankan blok kode selama kondisi yang ditentukan benar.
  • Statement FOR: Struktur ini digunakan untuk melakukan iterasi sejumlah tertentu. Program akan menjalankan blok kode sejumlah kali sesuai dengan parameter yang ditentukan.
  • Statement DO-WHILE: Mirip dengan WHILE, namun perbedaannya adalah kode akan dijalankan setidaknya satu kali sebelum kondisi dipertimbangkan.

Struktur Pilihan Berganda (Multiple Choice Structures):

  • Statement SWITCH: Struktur ini memungkinkan program untuk mengevaluasi ekspresi dan menjalankan blok kode yang sesuai dengan nilai ekspresi tersebut. Ini memberikan alternatif yang lebih terstruktur daripada serangkaian pernyataan IF yang bersarang.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimana cara kerja panel surya jelaskan

1

0.0

Jawaban terverifikasi