Intan M

13 Juni 2024 11:57

Iklan

Intan M

13 Juni 2024 11:57

Pertanyaan

bagaimana menurutmu jika terjadi kasus perzinahan sedangkan salah satu pelaku nya adalah anak kecil? apakah ia tetap dikenai hukuman had?

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

21

:

28

:

47

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Navniaaa N

13 Juni 2024 13:11

Jawaban terverifikasi

<p>šŸŒ·Terkait penahanan, <strong>anak yang melakukan tindak pidana dapat</strong> ditahan dengan syarat <strong>anak</strong> tersebut telah berumur 14 tahun atau diduga <strong>melakukan tindak pidana</strong> dengan ancaman penjara 7 tahun atau lebih</p><p>namun Selanjutnya dalam hal anak belum berumur 12 tahun melakukan atau diduga melakukan tindak pidana, maka penyidik, pembimbing kemasyarakatan, mengambil keputusan untuk menyerahkanan kepada orang tua/wali atau mengikutsertakannya dalam program pendidikan, pembinaan pada instansi pemerintah atau lembaga penyelenggaraan.</p><p>Berdasarkan penjelasan di atas, sekaligus menjawab pertanyaan Anda yang lain, apakah anak yang melakukan tindak pidana boleh dipenjara? Jawabannya ya, hukuman pidana untuk anak berupa penjara dapat dijatuhkan kepada anak sebagai salah satu pidana pokok.</p><p>&nbsp;</p>

šŸŒ·Terkait penahanan, anak yang melakukan tindak pidana dapat ditahan dengan syarat anak tersebut telah berumur 14 tahun atau diduga melakukan tindak pidana dengan ancaman penjara 7 tahun atau lebih

namun Selanjutnya dalam hal anak belum berumur 12 tahun melakukan atau diduga melakukan tindak pidana, maka penyidik, pembimbing kemasyarakatan, mengambil keputusan untuk menyerahkanan kepada orang tua/wali atau mengikutsertakannya dalam program pendidikan, pembinaan pada instansi pemerintah atau lembaga penyelenggaraan.

Berdasarkan penjelasan di atas, sekaligus menjawab pertanyaan Anda yang lain, apakah anak yang melakukan tindak pidana boleh dipenjara? Jawabannya ya, hukuman pidana untuk anak berupa penjara dapat dijatuhkan kepada anak sebagai salah satu pidana pokok.

 


Iklan

Nanda R

Community

18 Juni 2024 03:50

Jawaban terverifikasi

<p>Pertanyaan ini melibatkan dua aspek yang penting untuk dipertimbangkan: pertama, definisi dan implementasi hukuman had dalam hukum Islam, dan kedua, bagaimana hukum tersebut diterapkan terhadap anak-anak.</p><p><strong>Hukuman Had dalam Hukum Islam</strong>: Hukuman had dalam hukum Islam adalah hukuman yang dijatuhkan berdasarkan ketentuan yang jelas dalam Al-Qur'an dan hadis, dan biasanya dikenakan untuk kejahatan yang sangat serius seperti zi-na (perzi-nahan), mencuri, atau minum khamar (mi-ras). Hukuman had untuk zi-na melibatkan cambukan atau hukuman lainnya, tergantung pada interpretasi hukum Islam yang berlaku di masing-masing negara atau yurisdiksi.</p><p><strong>Anak-anak dalam Konteks Hukuman Had</strong>: Anak-anak dalam hukum Islam diperlakukan secara berbeda tergantung pada interpretasi mazhab dan hukum yang berlaku di suatu tempat. Umumnya, anak-anak yang belum mencapai usia dewasa atau usia pubertas seringkali tidak dikenai hukuman had yang keras seperti yang dikenakan pada orang dewasa. Ini karena dalam hukum Islam, tanggung jawab hukum dipertimbangkan berdasarkan kematangan mental dan keberadaan kemampuan untuk memahami dan menanggung akibat dari tindakan mereka.</p><p><strong>Pertimbangan Khusus untuk Anak-anak</strong>: Ketika seorang anak kecil terlibat dalam kasus perzi-nahan, hukum Islam biasanya memberikan pertimbangan khusus. Anak-anak yang belum mencapai usia pubertas mungkin tidak menerima hukuman had seperti cambukan yang diterapkan pada orang dewasa. Sebagai gantinya, mereka mungkin mendapatkan tindakan pendidikan atau rehabilitasi, atau mereka mungkin dibebaskan dari hukuman secara langsung, tergantung pada keadaan individu dan keputusan dari otoritas hukum Islam yang kompeten.</p>

Pertanyaan ini melibatkan dua aspek yang penting untuk dipertimbangkan: pertama, definisi dan implementasi hukuman had dalam hukum Islam, dan kedua, bagaimana hukum tersebut diterapkan terhadap anak-anak.

Hukuman Had dalam Hukum Islam: Hukuman had dalam hukum Islam adalah hukuman yang dijatuhkan berdasarkan ketentuan yang jelas dalam Al-Qur'an dan hadis, dan biasanya dikenakan untuk kejahatan yang sangat serius seperti zi-na (perzi-nahan), mencuri, atau minum khamar (mi-ras). Hukuman had untuk zi-na melibatkan cambukan atau hukuman lainnya, tergantung pada interpretasi hukum Islam yang berlaku di masing-masing negara atau yurisdiksi.

Anak-anak dalam Konteks Hukuman Had: Anak-anak dalam hukum Islam diperlakukan secara berbeda tergantung pada interpretasi mazhab dan hukum yang berlaku di suatu tempat. Umumnya, anak-anak yang belum mencapai usia dewasa atau usia pubertas seringkali tidak dikenai hukuman had yang keras seperti yang dikenakan pada orang dewasa. Ini karena dalam hukum Islam, tanggung jawab hukum dipertimbangkan berdasarkan kematangan mental dan keberadaan kemampuan untuk memahami dan menanggung akibat dari tindakan mereka.

Pertimbangan Khusus untuk Anak-anak: Ketika seorang anak kecil terlibat dalam kasus perzi-nahan, hukum Islam biasanya memberikan pertimbangan khusus. Anak-anak yang belum mencapai usia pubertas mungkin tidak menerima hukuman had seperti cambukan yang diterapkan pada orang dewasa. Sebagai gantinya, mereka mungkin mendapatkan tindakan pendidikan atau rehabilitasi, atau mereka mungkin dibebaskan dari hukuman secara langsung, tergantung pada keadaan individu dan keputusan dari otoritas hukum Islam yang kompeten.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Budi memulai suatu usaha dagang (UD) dengan nama "Maju Jaya". Usaha yang Budi jalankan merupakan usaha dagang yang menjual satu produk saja dan diproduksi oleh Budi sendiri bersama karyawannya. Selama satu bulan Budi sudah menjalankan usahanya tersebut, akan tetapi Budi masih bingung apakah usahanya sudah mendapatkan laba atau rugi. UD Maju Jaya Budi mempunyai data sebagai berikut: 1.Biaya-biaya yang terjadi selama satu bulan meliputi: ā€¢ Biaya penyusutan mobil Pick-up sebesar Rp 15.000.000,- ā€¢ Biaya gaji mandor sebesar Rp 10.000.000,- ā€¢ Biaya asuransi kesehatan untuk semua karyawannya sebesar Rp 10.000.000,- ā€¢ Biaya bahan baku per-unit nya sebesar Rp 35.000,- dan biaya bahan penolong nya sebesar Rp 10.000 per-unit nya. ā€¢ Biaya listrik &amp; air sebesar Rp 15.000.000,- ā€¢ Biaya gaji buruh pabrik (tenaga kerja langsung) sebesar Rp 15.000,- untuk tiap unit yang bisa diselesaikan. ā€¢ Biaya gaji pegawai kantor sebesar Rp 5.000.000,- ā€¢ Biaya sewa pabrik yang digunakan untuk memproduksi adalah sebesar Rp 30.000.000,- 2. Harga jual produknya adalah Rp 100.000 untuk tiap unit nya. 3. Produk yang bisa dihasilkan dalam sebulan tersebut adalah 1.000 unit Pertanyaannya: 1) Bagaimana cara menghitung unit yang harus dijual dan omset rupiah yang harus dihasilkan agar Budi bisa tahu pada angka berapa UD Maju Jaya dalam keadaan tidak untung dan tidak rugi? 2) Dan jika Budi sebagai pemilik menginginkan untung sebesar Rp 50.000.000,- berapa unit kah produk yang harus dijual? minta tolong yaa kakšŸ™šŸ»šŸ™šŸ»

8

5.0

Jawaban terverifikasi

Sahabat yang Tergadai Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di bangku sekolah yang sama, bahkan berbagi mimpi untuk bisa terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau sekadar mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan nyaman, penuh dengan canda tawa dan rasa kekeluargaan. Maya adalah teman yang selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi. Namun, suatu hari segalanya berubah. Ayah Maya, yang sebelumnya memiliki usaha sukses, mengalami kebangkrutan. Usahanya gulung tikar setelah dihadapkan pada masalah keuangan yang tak terduga. Keluarga Maya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru yang biasa mereka beli bersama di awal tahun ajaran. Kini, pakaian Maya tampak kusam, dan sepatu yang dia kenakan mulai berlubang di ujungnya. Pada awalnya, Rina tetap berteman dengan Maya seperti biasa. Mereka masih bertemu di sekolah, dan Rina sesekali mengundang Maya ke rumahnya. Namun, Rina mulai mendengar bisik-bisik dari teman-teman lainnya. "Kenapa masih berteman dengan Maya? Keluarganya sudah jatuh miskin. Nanti kamu jadi terlihat seperti dia." Salah seorang teman di kelas berkata dengan nada mengejek. Bisikan-bisikan itu semakin keras, bahkan beberapa di antaranya terang-terangan menertawakan Maya di depan Rina. Rina merasa tersudut. Di satu sisi, dia merasa bersalah kepada Maya, sahabatnya sejak kecil, yang tidak pernah memintanya apa-apa kecuali persahabatan tulus. Namun di sisi lain, dia merasa takut dijauhi oleh teman-teman lain yang mulai memandang rendah Maya. Rina mulai menjaga jarak. Suatu sore, Maya mendatangi Rina. "Kenapa kamu menjauh? Aku merindukanmu, Rina," Maya bertanya dengan mata yang penuh harap, mencoba mencari jawaban atas perubahan sikap sahabatnya. Rina menghindari tatapan Maya, menunduk dan berpura-pura sibuk dengan bukunya. "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya." Maya terdiam. Hatinya hancur. Dia tahu apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia berharap itu tidak benar. Namun, kenyataannya terlalu menyakitkan untuk diabaikan. Sejak itu Maya tak pernah lagi mengajak Rina berbicara. Mereka masih bertemu di sekolah, tetapi Maya belajar untuk menahan diri dari rasa sakit ditinggalkan. Waktu berlalu, dan pertemanan mereka tergerus oleh jarak yang diciptakan Rina. Suatu hari, sekolah mengadakan reuni kecil bagi siswa-siswa angkatan mereka. Maya, yang sekarang telah menemukan jalan hidupnya sendiri, datang dengan percaya diri. Dia tak lagi terjebak dalam bayang-bayang masa lalu. Rina melihat Maya dari jauh, merasa tertampar oleh keberadaan sahabatnya yang dulu. Maya telah tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan sukses, meski tanpa dirinya. Rina mendekat dengan perasaan bersalah. "Maya... maafkan aku." Maya menatapnya, senyumnya tenang. "Rina, aku sudah memaafkanmu sejak lama. Aku hanya belajar bahwa tidak semua hal bisa kita pertahankan, bahkan persahabatan. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa. Yang penting, kita tetap berdiri dan melanjutkan hidup." Rina menahan air matanya. Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia telah kehilangan lebih dari sekadar seorang sahabat. Dia telah kehilangan kesempatan untuk setia pada seseorang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Tapi, waktu tak bisa diputar kembali. Rina hanya bisa menerima kenyataan bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi. Maya pun berbalik dan melangkah pergi, meninggalkan Rina dalam kesunyian yang menyesakkan. Ubahlah cerpen tersebut menjadi sebuah adegan 1, adegan 2, adegan 3, dan adegan 4

13

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

kisi-kisi UTS BAB Tauhid dan Asmaul Husna 1. Apa itu tauhid dan mengapa konsep ini menjadi pondasi utama dalam Islam? Pertanyaan ini akan menggali pemahaman dasar tentang tauhid dan pentingnya mengesakan Allah dalam semua aspek kehidupan.. . 2. Bagaimana hubungan antara tauhid dan Asmaul Husna? Pertanyaan ini akan mengkaji bagaimana nama-nama baik Allah (Asmaul Husna) merefleksikan sifat-sifat kesempurnaan Allah dan memperkuat keyakinan akan tauhid... 3. Apa saja jenis-jenis tauhid dan bagaimana kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari? Pertanyaan ini akan membahas tiga jenis tauhid (rububiyah, uluhiyah, dan asma wa sifat) dan penerapannya dalam berbagai aspek kehidupan.... 4. Bagaimana Asmaul Husna dapat menjadi panduan dalam meningkatkan kualitas ibadah dan akhlak kita? Pertanyaan ini akan mengeksplorasi bagaimana merenungkan makna Asmaul Husna dapat mengubah perilaku dan sikap kita... 5. Apa saja tantangan dalam mengimani tauhid di era modern ini dan bagaimana kita dapat mengatasinya? Pertanyaan ini akan membahas berbagai pengaruh negatif yang dapat melemahkan iman seseorang dan solusi untuk menghadapinya... 6. Bagaimana kita dapat mengajarkan konsep tauhid kepada anak-anak dengan cara yang efektif dan menarik? Pertanyaan ini akan membahas metode-metode yang tepat untuk menanamkan akidah tauhid sejak dini... 7. Apa hubungan antara tauhid dengan ilmu pengetahuan? Pertanyaan ini akan mengkaji apakah ada pertentangan antara ilmu pengetahuan dan keyakinan terhadap tauhid serta bagaimana keduanya dapat saling melengkapi.... 8. Bagaimana kita dapat menerapkan nilai-nilai tauhid dalam kehidupan bermasyarakat? Pertanyaan ini akan membahas pentingnya toleransi, keadilan, dan persaudaraan dalam konteks tauhid.... 9. Apa peran ulama dalam menjaga kemurnian akidah tauhid? Pertanyaan ini akan membahas peran ulama dalam memberikan pemahaman yang benar tentang tauhid dan membentengi umat dari penyimpangan akidah.... 10. Bagaimana kita dapat menjaga keimanan kepada tauhid agar tetap kuat dan kokoh sepanjang hidup? Pertanyaan ini akan membahas pentingnya terus belajar, beribadah, dan berdzikir untuk memperkuat iman.....

4

0.0

Jawaban terverifikasi