Bani N

02 September 2022 12:43

Iklan

Iklan

Bani N

02 September 2022 12:43

Pertanyaan

Bacalah teks berikut! Meraup keuntungan dari Kayu Dewa Judul Buku : Budi Daya Gaharu Penulis : Ir. Jaka Taswaya Penerbit : Citra Aji Parama Kota Terbit : Jakarta Jumlah Halaman : iv + 44 Tahun Terbit : Cetakan ke-2, Juli 2009 Harga : Rp 23.000,00 Buku ini termasuk jenis buku nonfiksi yang berisi pengetahuan pertanian. Buku ini terdiri atas lima bagian. Bagian pertama mengenali karakteristik gaharu. Bagian kedua botani. Bagian ketiga menjelaskan budi daya gaharu. Bagian keempat membahas teknik memproduksi gaharu. Bagian terakhir menjelaskan proses panen dan pascapanen. Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena banyak ilmu pengetahuan tentang pertanian yang sangat bermanfaat. Pembahasan oleh penulis sangat runtut, mulai dari pengenalan jenis gaharu, penanaman, perawatan, panen, hingga pemasaran hasil panen. Ilustrasi yang disajikan mempermudah pembaca dalam memahami isi buku. Hal ini juga diperindah dengan penggunaan warna sehingga lebih menarik minat pembaca. Namun, ada beberapa tabel data yang tidak disertai pembahasan. Hal ini agak mengganggu pemahaman, terutama bagi pembaca awam. Secara umum, buku ini cocok dibaca oleh calon wiraswasta baru yang ingin menggeluti usaha di bidang pertanian. Buku ini dapat dijadikan panduan bagi orang yang ingin membudidayakan gaharu. Jadi, segeralah membaca buku ini dan ambillah ilmu sebanyak-banyaknya. Jelaskan hal-hal penting yang dianalisis resentator dalam buku tersebut sehingga menghasilkan penilaian seperti dalam resensi.


1

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. Avivah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

08 November 2022 15:27

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah jenis buku, bagian buku, pembahasan buku, serta penyajian ilustrasi dan tabel dalam buku.</p><p>&nbsp;</p><p>Teks di atas merupakan teks resensi yang berisi ulasan mengenai buku yang berjudul Budidaya Gaharu. Selain menampilkan identitas buku, teks ini juga memberikan penilaian terhadap buku tersebut. Hasil penilaian pada buku ini yaitu sangat menarik untuk dibaca karena banyak ilmu pengetahuan tentang pertanian yang sangat bermanfaat. Penulis memuji bagian detail pembahasan yang runtut dan ilustrasi serta warna yang memudahkan pembaca memahami isi buku. Namun, menurut penulis beberapa tabel data yang disajikan tidak disertai pembahasan, sehingga mengganggu pemahaman, terutama bagi pembaca awam.</p><p>&nbsp;</p><p>Untuk mendukung penilaian tersebut, penulis teks membahas mengenai :</p><p>1. Jenis buku, hal ini dibuktikan dengan kutipan "Buku ini termasuk jenis buku nonfiksi yang berisi pengetahuan pertanian".</p><p>2. Bagian buku, dibuktikan dengan kutipan "Buku ini terdiri atas lima bagian. Bagian pertama mengenali karakteristik gaharu. Bagian kedua botani. Bagian ketiga menjelaskan budi daya gaharu. Bagian keempat membahas teknik memproduksi gaharu. Bagian terakhir menjelaskan proses panen dan pascapanen. Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena banyak ilmu pengetahuan tentang pertanian yang sangat bermanfaat".</p><p>3. Detail pembahasan buku, dibuktikan dengan "Pembahasan oleh penulis sangat runtut, mulai dari pengenalan jenis gaharu, penanaman, perawatan, panen, hingga pemasaran hasil panen".</p><p>4. Penyajian ilustrasi dan tabel, dengan adanya kutipan dalam teks "Ilustrasi yang disajikan mempermudah pembaca dalam memahami isi buku. Hal ini juga diperindah dengan penggunaan warna sehingga lebih menarik minat pembaca. Namun, ada beberapa tabel data yang tidak disertai pembahasan".</p><p>&nbsp;</p><p>Maka, dapat disimpulkan bahwa hal yang dianalisis oleh resentator dalam teks di atas adalah jenis buku, bagian &nbsp;buku, pembahasan buku, serta penyajian ilustrasi dan tabel dalam buku.</p>

Jawaban yang benar adalah jenis buku, bagian buku, pembahasan buku, serta penyajian ilustrasi dan tabel dalam buku.

 

Teks di atas merupakan teks resensi yang berisi ulasan mengenai buku yang berjudul Budidaya Gaharu. Selain menampilkan identitas buku, teks ini juga memberikan penilaian terhadap buku tersebut. Hasil penilaian pada buku ini yaitu sangat menarik untuk dibaca karena banyak ilmu pengetahuan tentang pertanian yang sangat bermanfaat. Penulis memuji bagian detail pembahasan yang runtut dan ilustrasi serta warna yang memudahkan pembaca memahami isi buku. Namun, menurut penulis beberapa tabel data yang disajikan tidak disertai pembahasan, sehingga mengganggu pemahaman, terutama bagi pembaca awam.

 

Untuk mendukung penilaian tersebut, penulis teks membahas mengenai :

1. Jenis buku, hal ini dibuktikan dengan kutipan "Buku ini termasuk jenis buku nonfiksi yang berisi pengetahuan pertanian".

2. Bagian buku, dibuktikan dengan kutipan "Buku ini terdiri atas lima bagian. Bagian pertama mengenali karakteristik gaharu. Bagian kedua botani. Bagian ketiga menjelaskan budi daya gaharu. Bagian keempat membahas teknik memproduksi gaharu. Bagian terakhir menjelaskan proses panen dan pascapanen. Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena banyak ilmu pengetahuan tentang pertanian yang sangat bermanfaat".

3. Detail pembahasan buku, dibuktikan dengan "Pembahasan oleh penulis sangat runtut, mulai dari pengenalan jenis gaharu, penanaman, perawatan, panen, hingga pemasaran hasil panen".

4. Penyajian ilustrasi dan tabel, dengan adanya kutipan dalam teks "Ilustrasi yang disajikan mempermudah pembaca dalam memahami isi buku. Hal ini juga diperindah dengan penggunaan warna sehingga lebih menarik minat pembaca. Namun, ada beberapa tabel data yang tidak disertai pembahasan".

 

Maka, dapat disimpulkan bahwa hal yang dianalisis oleh resentator dalam teks di atas adalah jenis buku, bagian  buku, pembahasan buku, serta penyajian ilustrasi dan tabel dalam buku.


Iklan

Iklan

Kecyh G

02 Mei 2024 14:46

jelaskan hal hal penting yang di anaslisis resantator dalam buku tersebut sehingga menghasilkan penilaian seperti dalam resensi


Kecyh G

02 Mei 2024 15:36

tuliskan komentar anda mengenai struktur dan isi tersebut


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Assalamu’alaikum Wr. Wb Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haq-Nya. Perhatikan kalimat berikut! Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini. Kalimat tersebut termasuk …. A. salam pembuka B. ucapan terima kasih C. pengenalan topik D. tema E. judul

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi