Ponek P

22 Februari 2024 17:24

Iklan

Iklan

Ponek P

22 Februari 2024 17:24

Pertanyaan

bacalah kalimat persuasif berikut, kemudian temukanlah satu kalimat persuasif serta lima pendapat dan fakta dalam teks tersebut! Pentingnya Sarapan Pagi Menurut penelitian yang dilakukan International Journal of Gastronomy and Food Science konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang dapat memberikan energi di pagi hari. Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas.Tidak hanya itu, melewatkan sarapan pagi juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi. Menunda sarapan terus-menerus saat beraktivitas tidak akan menghasilkan output yang maksimal pada kegiatan yang sedang dikerjakan, terlebih untuk pelajar. Tanpa sarapan akan membuat pelajar sulit menerima materi pelajaran di sekolah. Selain itu, sarapan juga dapat menjaga berat badan ideal. Hal ini didukung oleh hasil penelitian dari National Weight Control Registry yang menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan membiasakan diri sarapan pagi sebelum melakukan kegiatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainnya. Makan makanan yang bergizi, seperti oat atau bubur gandum, buah, dan sayuran dapat menjadi pilihan untuk sarapan pagi. Sarapan tidak perlu makanan yang terlalu berat dengan porsi yang banyak. Hal yang paling penting adalah tubuh terisi energi. Sarapan itulah yang akan membuat setiap orang memiliki tubuh kuat dan sehat untuk beraktivitas. Selain itu, pikiran akan lebih fokus dalam mengerjakan segala kegiatan.


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nico V

23 Februari 2024 02:27

Jawaban terverifikasi

<p>Pendapat dan Fakta dalam Teks:<br>1. Pendapat: Konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang dapat memberikan energi di pagi hari.<br>2. Fakta: Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas.<br>3. Fakta: Melewatkan sarapan pagi juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi.<br>4. Pendapat: Tidak melakukan sarapan terus-menerus saat beraktivitas tidak akan menghasilkan output yang maksimal pada kegiatan yang sedang dikerjakan, terlebih untuk pelajar.<br>5. Fakta: Tanpa sarapan akan membuat pelajar sulit menerima materi pelajaran di sekolah.<br>6. Pendapat: Sarapan juga dapat menjaga berat badan ideal.<br>7. Fakta: Hasil penelitian dari National Weight Control Registry menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan.</p>

Pendapat dan Fakta dalam Teks:
1. Pendapat: Konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang dapat memberikan energi di pagi hari.
2. Fakta: Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas.
3. Fakta: Melewatkan sarapan pagi juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi.
4. Pendapat: Tidak melakukan sarapan terus-menerus saat beraktivitas tidak akan menghasilkan output yang maksimal pada kegiatan yang sedang dikerjakan, terlebih untuk pelajar.
5. Fakta: Tanpa sarapan akan membuat pelajar sulit menerima materi pelajaran di sekolah.
6. Pendapat: Sarapan juga dapat menjaga berat badan ideal.
7. Fakta: Hasil penelitian dari National Weight Control Registry menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 06:25

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Kalimat Persuasif:</strong></p><ul><li>"Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan membiasakan diri sarapan pagi..."</li></ul><p><strong>Pendapat dan Fakta:</strong></p><ol><li><strong>Pendapat:</strong> "Menurut penelitian yang dilakukan International Journal of Gastronomy and Food Science konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang dapat memberikan energi di pagi hari."</li><li><strong>Fakta:</strong> "Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas."</li><li><strong>Fakta:</strong> "Melewatkan sarapan pagi juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi."</li><li><strong>Fakta:</strong> "Tanpa sarapan akan membuat pelajar sulit menerima materi pelajaran di sekolah."</li><li><strong>Fakta:</strong> "Hasil penelitian dari National Weight Control Registry menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan."</li></ol><p>Teks ini menggunakan fakta-fakta dan pendapat dari penelitian untuk meyakinkan pembaca tentang pentingnya sarapan pagi. Kalimat persuasif di akhir juga mengajak pembaca untuk menerapkan pola hidup sehat dengan sarapan pagi.</p>

Kalimat Persuasif:

  • "Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan membiasakan diri sarapan pagi..."

Pendapat dan Fakta:

  1. Pendapat: "Menurut penelitian yang dilakukan International Journal of Gastronomy and Food Science konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang dapat memberikan energi di pagi hari."
  2. Fakta: "Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas."
  3. Fakta: "Melewatkan sarapan pagi juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi."
  4. Fakta: "Tanpa sarapan akan membuat pelajar sulit menerima materi pelajaran di sekolah."
  5. Fakta: "Hasil penelitian dari National Weight Control Registry menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan."

Teks ini menggunakan fakta-fakta dan pendapat dari penelitian untuk meyakinkan pembaca tentang pentingnya sarapan pagi. Kalimat persuasif di akhir juga mengajak pembaca untuk menerapkan pola hidup sehat dengan sarapan pagi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

"Pengguna plastik sekali pakai saat ini sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. plastik sekali pakai mudah didapat dan murah harganya‚ sehingga banyak orang yang menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti berbelanja makan dan minum. namun‚ plastik sekali pakai sulit terurai dan dapat mencemari lingkungan plastik sekali pakai yang terbuang ke laut dapat membahayakan hewan laut seperti ikan dan penyu plastik sekali pakai yang terbakar dapat menghasilkan omisi gas rumah kaca yang dapat menyebabkan perubahan iklim oleh karena itu kita harus mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan beralih ke alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti tas kain botol minum isi ulang dan peralatan makan yang bisa digunakan kembali" Berdasarkan teks diskusi tersebut. buatlah daftar langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai!

11

5.0

Jawaban terverifikasi