Qurratu A

25 Agustus 2024 11:41

Iklan

Qurratu A

25 Agustus 2024 11:41

Pertanyaan

B. Lubang telinga untuk menjaga keseimbangan tubuh C. Selaput gendang untuk menangkap getaran yang masuk ke telinga D. Saluran eutachius untuk menghubungkan mulut dengan telinga Bantu jawab mana yang benar ya

B. Lubang telinga untuk menjaga keseimbangan tubuh

C. Selaput gendang untuk menangkap getaran yang masuk ke telinga

D. Saluran eutachius untuk menghubungkan mulut dengan telinga

Bantu jawab mana yang benar ya

alt

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

01

:

43

:

26

Klaim

24

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rendi R

Community

26 Agustus 2024 01:11

Jawaban terverifikasi

<p>Pada gambar tersebut, huruf <strong>R</strong> menunjuk ke bagian telinga yang dikenal sebagai <strong>selaput gendang (timpani)</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Jawaban yang benar adalah:</p><p><strong>C. Selaput gendang untuk menangkap getaran yang masuk ke telinga</strong></p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan:</p><p>Selaput gendang atau membran timpani adalah bagian telinga yang berfungsi menangkap getaran suara yang masuk melalui saluran telinga. Ketika gelombang suara mencapai selaput gendang, getaran suara tersebut akan membuat selaput ini bergetar. Getaran ini kemudian diteruskan ke tiga tulang pendengaran di telinga tengah, yang pada akhirnya akan mengirimkan sinyal ke otak untuk diproses sebagai suara.</p><p>Pilihan lain:</p><ul><li><strong>A. lubang telinga untuk meneruskan getaran bunyi yang masuk ke telinga</strong> tidak benar karena lubang telinga berfungsi sebagai saluran untuk menyalurkan gelombang suara ke selaput gendang, bukan bagian yang ditunjukkan oleh huruf R.</li><li><strong>B. Lubang telinga untuk menjaga keseimbangan tubuh</strong> tidak benar karena keseimbangan tubuh dijaga oleh sistem vestibular yang berada di telinga dalam, bukan di lubang telinga.</li><li><strong>D. Saluran eustachius untuk menghubungkan mulut dengan telinga</strong> tidak tepat karena saluran eustachius adalah bagian yang menghubungkan telinga tengah dengan nasofaring (bagian atas tenggorokan) untuk menyeimbangkan tekanan udara, bukan bagian yang ditunjukkan oleh huruf R.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Jadi, jawaban yang tepat adalah <strong>C</strong>.</p>

Pada gambar tersebut, huruf R menunjuk ke bagian telinga yang dikenal sebagai selaput gendang (timpani).

 

 

Jawaban yang benar adalah:

C. Selaput gendang untuk menangkap getaran yang masuk ke telinga

 

Penjelasan:

Selaput gendang atau membran timpani adalah bagian telinga yang berfungsi menangkap getaran suara yang masuk melalui saluran telinga. Ketika gelombang suara mencapai selaput gendang, getaran suara tersebut akan membuat selaput ini bergetar. Getaran ini kemudian diteruskan ke tiga tulang pendengaran di telinga tengah, yang pada akhirnya akan mengirimkan sinyal ke otak untuk diproses sebagai suara.

Pilihan lain:

  • A. lubang telinga untuk meneruskan getaran bunyi yang masuk ke telinga tidak benar karena lubang telinga berfungsi sebagai saluran untuk menyalurkan gelombang suara ke selaput gendang, bukan bagian yang ditunjukkan oleh huruf R.
  • B. Lubang telinga untuk menjaga keseimbangan tubuh tidak benar karena keseimbangan tubuh dijaga oleh sistem vestibular yang berada di telinga dalam, bukan di lubang telinga.
  • D. Saluran eustachius untuk menghubungkan mulut dengan telinga tidak tepat karena saluran eustachius adalah bagian yang menghubungkan telinga tengah dengan nasofaring (bagian atas tenggorokan) untuk menyeimbangkan tekanan udara, bukan bagian yang ditunjukkan oleh huruf R.

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.


Qurratu A

27 Agustus 2024 09:28

thank you kakk

Iklan

Robin N

27 Agustus 2024 11:02

Jawaban terverifikasi

<p>Penjelasan serta Jawaban :</p><p>&nbsp;</p><p>Bagian alat indra yang ditunjukkan huruf R adalah...</p><p>&nbsp;</p><p>Pada bagian yang di tunjukkan huruf R adalah Gendang Telinga (Timpani).</p><p>&nbsp;</p><p>Jawaban : C. Selaput Gendang untuk menangkap getaran yang masuk ke telinga&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan :&nbsp;</p><p>Selaput bening atau bisa juga di sebut Membran Timpani adalah bagian telinga yang berfungsi untuk menangkap getaran suara yang melalui saluran telinga. ketika gelombang suara mencapai selaput gendang, getaran tersebut akan membuat selaput ini bergetar. Getaran inilah yang akan di teruskan ke 3 tulang pendengaran di telinga tengah, yang akan memberikan sinyal kepada otak untuk diproses sebagai suara yang kita hasilkan .&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Pilihan yang lain :</p><p>&nbsp;</p><ul><li>A. Lubang telinga untuk meneruskan getaran bunyi yang masuk ke telinga. Lubang yang berfungsi sebagai saluran untuk menyalurkan gelombang suara ke selaput gendang.</li><li>B. Lubang telinga untuk menjaga keseimbangan tubuh. Keseimbangan tubuh di jaga oleh sistem Vestibular yang berada di telinga dalam , bukan di lubang telinga</li><li>D. Saluran eustachius untuk menghubungkan mulut dengan telinga. Saluran eustachius adalah bagian yang menghubungkan telinga tengah dengan nasofaring (bagian atas tenggorokkan) untuk menyeimbangkan tekanan udara.&nbsp;</li></ul><p>Jadi pada pilihan A.,B.,D, adalah pilihan yang tidak bnar</p><p>&nbsp;</p>

Penjelasan serta Jawaban :

 

Bagian alat indra yang ditunjukkan huruf R adalah...

 

Pada bagian yang di tunjukkan huruf R adalah Gendang Telinga (Timpani).

 

Jawaban : C. Selaput Gendang untuk menangkap getaran yang masuk ke telinga 

 

Penjelasan : 

Selaput bening atau bisa juga di sebut Membran Timpani adalah bagian telinga yang berfungsi untuk menangkap getaran suara yang melalui saluran telinga. ketika gelombang suara mencapai selaput gendang, getaran tersebut akan membuat selaput ini bergetar. Getaran inilah yang akan di teruskan ke 3 tulang pendengaran di telinga tengah, yang akan memberikan sinyal kepada otak untuk diproses sebagai suara yang kita hasilkan . 

 

Pilihan yang lain :

 

  • A. Lubang telinga untuk meneruskan getaran bunyi yang masuk ke telinga. Lubang yang berfungsi sebagai saluran untuk menyalurkan gelombang suara ke selaput gendang.
  • B. Lubang telinga untuk menjaga keseimbangan tubuh. Keseimbangan tubuh di jaga oleh sistem Vestibular yang berada di telinga dalam , bukan di lubang telinga
  • D. Saluran eustachius untuk menghubungkan mulut dengan telinga. Saluran eustachius adalah bagian yang menghubungkan telinga tengah dengan nasofaring (bagian atas tenggorokkan) untuk menyeimbangkan tekanan udara. 

Jadi pada pilihan A.,B.,D, adalah pilihan yang tidak bnar

 


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan