Aypiogilrs A

05 September 2024 00:14

Iklan

Aypiogilrs A

05 September 2024 00:14

Pertanyaan

asbabun nuzul surat luqman ayat 13 dan 14

asbabun nuzul surat luqman ayat 13 dan 14

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

05

:

04

:

03

Klaim

11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Shofiyyah Z

05 September 2024 11:55

Jawaban terverifikasi

<p>Asbabun Nuzul Surat Luqman ayat 13 sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim. Dari Abdullah yang menceritakan bahwa ketika diturunkan firman-Nya: Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik). (Al-An'am: 82) Hal itu terasa berat bagi para sahabat Nabi Saw.</p><p>&nbsp;asbabun nuzul ayat 14: Imam Tabrani mengatakan di dalam Kitabul 'Isyarh-nya, bahwa Sa'd ibnu Malik merupakan sahabat Nabi SAW yang sangat berbakti kepada ibunya meskipun belum memeluk Islam. Ketika ia masuk Islam, ibunya berkata kepadanya, "Hai Sa'd, mengapa engkau berubah pendirian? Kamu harus tinggalkan agama barumu itu (Islam) atau aku tidak akan makan dan minum hingga mati, maka kamu akan dicela karena apa yang telah kulakukan itu, dan orang-orang akan menyerumu dengan panggilan, 'Hai pembunuh ibunya!'."&nbsp;</p><p>Sa'ad ibnu Malik menjawab, "Jangan engkau lakukan itu, Ibu karena sesungguhnya aku tidak bakal meninggalkan agamaku karena sesuatu." Maka ibuku selama beberapa hari tidak mau makan hingga sangat lemah.&nbsp;</p><p>Sa'ad kemudian berkata kepada ibunya: "Hai ibu, perlu engkau ketahui, demi Allah, seandainya engkau mempunyai seratus jiwa, lalu satu persatu keluar dari tubuhmu, niscaya aku tidak akan meninggalkan agamaku karena sesuatu. Dan jika engkau tidak ingin makan, silakan tidak usah makan; dan jika engkau ingin makan silakan makan saja," Akhirnya ibuku mau makan.</p>

Asbabun Nuzul Surat Luqman ayat 13 sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim. Dari Abdullah yang menceritakan bahwa ketika diturunkan firman-Nya: Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik). (Al-An'am: 82) Hal itu terasa berat bagi para sahabat Nabi Saw.

 asbabun nuzul ayat 14: Imam Tabrani mengatakan di dalam Kitabul 'Isyarh-nya, bahwa Sa'd ibnu Malik merupakan sahabat Nabi SAW yang sangat berbakti kepada ibunya meskipun belum memeluk Islam. Ketika ia masuk Islam, ibunya berkata kepadanya, "Hai Sa'd, mengapa engkau berubah pendirian? Kamu harus tinggalkan agama barumu itu (Islam) atau aku tidak akan makan dan minum hingga mati, maka kamu akan dicela karena apa yang telah kulakukan itu, dan orang-orang akan menyerumu dengan panggilan, 'Hai pembunuh ibunya!'." 

Sa'ad ibnu Malik menjawab, "Jangan engkau lakukan itu, Ibu karena sesungguhnya aku tidak bakal meninggalkan agamaku karena sesuatu." Maka ibuku selama beberapa hari tidak mau makan hingga sangat lemah. 

Sa'ad kemudian berkata kepada ibunya: "Hai ibu, perlu engkau ketahui, demi Allah, seandainya engkau mempunyai seratus jiwa, lalu satu persatu keluar dari tubuhmu, niscaya aku tidak akan meninggalkan agamaku karena sesuatu. Dan jika engkau tidak ingin makan, silakan tidak usah makan; dan jika engkau ingin makan silakan makan saja," Akhirnya ibuku mau makan.


Iklan

Listiana I

07 September 2024 23:49

Jawaban terverifikasi

<p><i>Asbabun nuzul </i>dari surat Luqman ayat 13-14:</p><ul><li>Ayat 13 berisi peringatan Luqman kepada anaknya agar tidak mempersekutukan Allah.</li><li>Ayat 14 berisi perintah Allah kepada manusia agar berbakti kepada kedua orang tua mereka.</li></ul><p>Ayat-ayat ini juga menegaskan pesan orang tua kepada anaknya agar senantiasa bertakwa.</p>

Asbabun nuzul dari surat Luqman ayat 13-14:

  • Ayat 13 berisi peringatan Luqman kepada anaknya agar tidak mempersekutukan Allah.
  • Ayat 14 berisi perintah Allah kepada manusia agar berbakti kepada kedua orang tua mereka.

Ayat-ayat ini juga menegaskan pesan orang tua kepada anaknya agar senantiasa bertakwa.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan