Aulia A

15 Juni 2024 02:14

Iklan

Iklan

Aulia A

15 Juni 2024 02:14

Pertanyaan

Arti dari ungkapan guru adalah

Arti dari ungkapan guru adalah


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

17 Juni 2024 05:05

Jawaban terverifikasi

<p>Asal Kata Guru dan Artinya<br>&nbsp;</p><p>&nbsp;secara etimologi, kata guru ini berasa dari bahasa Indonesia yang berarti <strong>orang yang mengajar, pengajar, pendidik, dan ahli didik</strong>. Sedangkan dalam bahasa Inggris, guru atau teacher merupakan kata benda yang berarti pengajar atau seorang ahli spiritual.</p><p>Dalam pengertian yang sederhana, guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Guru dalam pandangan masyarakat adalah orang yang melaksanakan pendidikan di tempat-tempat tertentu, tidak mesti dilembaga pendidikan formal, tetapi bisa juga di masjid, di surau atau musholla dan di rumah.</p>

Asal Kata Guru dan Artinya
 

 secara etimologi, kata guru ini berasa dari bahasa Indonesia yang berarti orang yang mengajar, pengajar, pendidik, dan ahli didik. Sedangkan dalam bahasa Inggris, guru atau teacher merupakan kata benda yang berarti pengajar atau seorang ahli spiritual.

Dalam pengertian yang sederhana, guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Guru dalam pandangan masyarakat adalah orang yang melaksanakan pendidikan di tempat-tempat tertentu, tidak mesti dilembaga pendidikan formal, tetapi bisa juga di masjid, di surau atau musholla dan di rumah.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 03:26

Jawaban terverifikasi

<p>Ungkapan "guru adalah" dapat diartikan dalam berbagai konteks tergantung pada kata-kata yang mengikutinya. Secara umum, berikut adalah beberapa interpretasi dari ungkapan ini:</p><p><strong>Guru adalah Pembimbing</strong>:</p><ul><li>Guru tidak hanya mengajar materi akademis, tetapi juga membimbing siswa dalam mengembangkan karakter, moral, dan nilai-nilai kehidupan.</li></ul><p><strong>Guru adalah Pendidik</strong>:</p><ul><li>Seorang guru berperan dalam mendidik siswa, mengembangkan kemampuan intelektual, emosional, dan sosial mereka.</li></ul><p><strong>Guru adalah Fasilitator</strong>:</p><ul><li>Guru memfasilitasi proses belajar dengan menyediakan sumber daya, mendukung eksplorasi, dan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif.</li></ul><p><strong>Guru adalah Panutan</strong>:</p><ul><li>Guru menjadi contoh teladan bagi siswa dalam hal perilaku, etika kerja, dan cara bersikap dalam berbagai situasi.</li></ul><p><strong>Guru adalah Motivator</strong>:</p><ul><li>Guru memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka, baik dalam bidang akademis maupun non-akademis.</li></ul><p><strong>Guru adalah Penyedia Pengetahuan</strong>:</p><ul><li>Guru berperan dalam menyampaikan pengetahuan dan informasi, serta membantu siswa memahami konsep-konsep kompleks dalam berbagai mata pelajaran.</li></ul><p><strong>Guru adalah Penginspirasi</strong>:</p><ul><li>Guru menginspirasi siswa untuk bermimpi besar, menetapkan tujuan, dan bekerja keras untuk mencapainya.</li></ul><p><strong>Guru adalah Pengarah</strong>:</p><ul><li>Guru membantu siswa menemukan minat dan bakat mereka, serta memberikan arahan untuk pengembangan lebih lanjut.</li></ul>

Ungkapan "guru adalah" dapat diartikan dalam berbagai konteks tergantung pada kata-kata yang mengikutinya. Secara umum, berikut adalah beberapa interpretasi dari ungkapan ini:

Guru adalah Pembimbing:

  • Guru tidak hanya mengajar materi akademis, tetapi juga membimbing siswa dalam mengembangkan karakter, moral, dan nilai-nilai kehidupan.

Guru adalah Pendidik:

  • Seorang guru berperan dalam mendidik siswa, mengembangkan kemampuan intelektual, emosional, dan sosial mereka.

Guru adalah Fasilitator:

  • Guru memfasilitasi proses belajar dengan menyediakan sumber daya, mendukung eksplorasi, dan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif.

Guru adalah Panutan:

  • Guru menjadi contoh teladan bagi siswa dalam hal perilaku, etika kerja, dan cara bersikap dalam berbagai situasi.

Guru adalah Motivator:

  • Guru memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka, baik dalam bidang akademis maupun non-akademis.

Guru adalah Penyedia Pengetahuan:

  • Guru berperan dalam menyampaikan pengetahuan dan informasi, serta membantu siswa memahami konsep-konsep kompleks dalam berbagai mata pelajaran.

Guru adalah Penginspirasi:

  • Guru menginspirasi siswa untuk bermimpi besar, menetapkan tujuan, dan bekerja keras untuk mencapainya.

Guru adalah Pengarah:

  • Guru membantu siswa menemukan minat dan bakat mereka, serta memberikan arahan untuk pengembangan lebih lanjut.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berapa hasil dari operasi perpangkatan 4^6×4^6/4^5

8

5.0

Jawaban terverifikasi